Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seseorang Perlu Kuliah? Simak Alasannya Berikut Ini!

Kompas.com - 09/03/2022, 09:20 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Bank Soal Utbk Sbmptn Saintek…
Pengarang: Tim Tentor Kreatif
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Sejak beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang percaya bahwa gelar sarjana adalah salah satu kunci untuk bisa memiliki masa depan yang cerah.

Oleh karena itu, banyak orang tua yang juga rela membiayai kuliah demi membuka pintu kesuksesan bagi anak-anaknya.

Di sisi lain, bisa melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang yang lebih tinggi juga menjadi harapan banyak siswa, walaupun tidak sedikit siswa juga yang tidak bisa melanjutkan pendidikan karena berbagai faktor.

Bisa disebabkan karena tidak ada minat sama sekali untuk kembali mengenyam pendidikan, atau ada juga yang mengalami kesulitan finansial sehingga hanya bisa mengharapkan berbagai beasiswa atau bantuan yang biasanya diberikan oleh pemerintah maupun instansi swasta.

Padahal, sebenarnya mengenyam pendidikan setinggi mungkin akan lebih mudah mendatangkan manfaat positif bagi para anak muda, walaupun saat ini gelar sarjana saja tidak cukup untuk membuatmu sejahtera, karena skill, pengalaman, dan attitude juga sangat memengaruhi.

Jadi, apakah menempuh pendidikan di perguruan tinggi masih diperlukan sampai saat ini?

7 Alasan Kenapa Kuliah Itu Penting

1. Gelar Sarjana Masih Menjadi Standar Melamar Pekerjaan

Walaupun skill, pengalaman, dan attitude masih menjadi aspek yang penting untuk melamar sebuah pekerjaan, tapi setiap lowongan pekerjaan juga kebanyakan masih menerapkan standar pendidikan minimal D3 atau S1, yang pada akhirnya tetap mengharuskan kamu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Adanya standar kriteria minimal pendidikan ini menunjukkan bahwa seseorang yang punya gelar sarjana akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bisa diterima dalam sebuah pekerjaan.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan jurusan kuliah yang akan kamu ambil, karena sedikit banyak akan sangat berpengaruh terhadap karirmu setelah lulus.

Hindari juga memilih jurusan kuliah dengan asal-asalan karena kamu sendirilah yang bisa menentukan prospek pekerjaan yang akan kamu jalani setelah mendapatkan gelar sarjana.

2. Membuka Peluang untuk Bisa Belajar di Luar Negeri

Saat kamu membuka website resmi milik suatu perguruan tinggi, kamu pasti akan menemukan berbagai variasi program studi dan jurusan yang ditawarkan, jadi dari sini kamu bisa memilih untuk fokus belajar pada bidang studi yang kamu sukai.

Nantinya, proses perkuliahan ini akan membantu melatih pola pikir, tidak jarang pihak kampus juga mengundang para profesor yang ahli di bidangnya dan kamu bisa belajar banyak hal dari mereka.

Kesempatan belajar dari para ahli ini akan lebih mudah kamu dapatkan saat kamu duduk di bangku perguruan tinggi.

Selain itu, kamu juga bisa mendapat kesempatan untuk belajar di luar negeri dengan mengikuti pertukaran mahasiswa yang biasanya diselenggarakan oleh pihak universitas atau pihak swasta.

Dengan mengikuti program pertukaran mahasiswa ini, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru yang sangat berharga, dan tidak menutup kemungkinan juga kalau kamu bisa mendapatkan peluang beasiswa untuk bisa melanjutkan pendidikan di negara tersebut.

3. Meningkatkan Keterampilan dan Pengetahuan

Sistem pengajaran di sekolah menengah atas maupun kejuruan di Indonesia saat ini sebenarnya masih ada dalam tahap umum atau dasar dan belum sampai pada tahap ‘siap kerja’.

Jadi, kuliah ini sebenarnya bisa dijadikan proses yang tepat untuk mengembangkan kemampuan pada level yang lebih tinggi lagi.

Pada prinsipnya, baik SMA maupun SMK ini masih masuk dalam tahapan pembelajaran awal.

Usahakan untuk tidak berhenti sampai di situ saja karena masih banyak keterampilan dan pengetahuan yang belum kamu kuasai.

4. Melatih Sikap Mandiri

Di dunia kuliah, kamu tidak lagi bisa mengharapkan orang lain untuk membantu mengingatkan atau bahkan mengerjakan tugas-tugasmu, karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab yang harus kamu emban sendiri sampai lulus.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Walaupun bisa dilatih dari mana saja, tapi kuliah memang secara tidak langsung bisa melatih sikap mandiri yang kamu punya, jadi kamu tidak lagi bisa bergantung pada orang lain untuk menjalani kehidupan.

5. Membuka Peluang Karir Lebih Luas

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap Mahasiswa yang telah lulus dari perguruan tinggi pasti akan langsung terjun ke dunia kerja untuk bisa menerapkan ilmu yang sudah ia dapatkan sebelumnya.

Peluang karir bagi lulusan perguruan tinggi juga biasanya lebih banyak tersedia, jadi dengan berbekal ijazah sarjana, kamu akan lebih mudah melamar berbagai jenis pekerjaan sesuai dengan bidang studi yang kamu ambil.

6. Mendapatkan Banyak Relasi

Di bangku kuliah, kamu punya kesempatan untuk bertemu dengan banyak mahasiswa yang memiliki perbedaan ras, budaya, suku, bahasa, dan agama, juga kepribadian, hal inilah yang membuat masa perkuliahanmu menjadi lebih berwarna.

Luasnya lingkup pertemanan di bangku kuliah akan sangat membantu kamu dalam memperluas relasi, jadi cobalah untuk saling mengenal dalam kegiatan yang positif misalnya kegiatan himpunan atau organisasi.

Relasi ini akan sangat berguna terutama di dunia kerja.

Itulah beberapa alasan mengapa kuliah sangat penting dalam kehidupan, tapi bagi para lulusan sekolah menengah atas yang ingin langsung terjun ke dunia kerja, mereka juga tetap memiliki kesempatan yang sama untuk sukses, asalkan terus mengusahakan yang terbaik.

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah, ada beberapa jalur masuk yang bisa kamu tempuh misalnya SNMPTN, SBMPTN, Simak, jalur mandiri, dan masih banyak lagi.

Dengan menyediakan tiga kelompok pilihan studi, SBMPTN menjadi jalur masuk dengan peminat yang semakin banyak setiap tahunnya.

Tiga kelompok pilihan studi di SBMPTN ini sendiri adalah Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (IPA-IPS).

Ketiganya memiliki jenis tes dan program studi yang berbeda-beda, tergantung pilihan jurusan kuliahmu.

Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan dengan mengikuti tes seleksi masuk perguruan tinggi melalui SBMPTN, kamu bisa belajar lewat buku Bank Soal UTBK SBMPTN Saintek 2022 dan buku Bank Soal UTBK SBMPTN Soshum 2022 yang keduanya ditulis oleh Tim Tentor Kreatif.

Kedua buku ini berisi lebih dari 500 kumpulan soal Saintek maupun Soshum yang bisa menjadi bahan latihan mandiri di rumah.

Ratusan soal yang tersedia dalam buku ini juga tidak lupa dilengkapi dengan pembahasan materi dan kunci jawaban yang akan membantu kamu mencocokan hasil jawaban yang kamu kerjakan.

Tidak lupa juga, tim penulis buku ini sudah melewati proses pengamatan dan pengecekan untuk bisa menyesuaikan setiap soal dengan soal-soal yang sering keluar dalam seleksi SBMPTN.

Jadi saat kamu mau belajar dengan serius, bukan tidak mungkin kamu akan diterima di jurusan dan Universitas impianmu.

Selain itu, kedua buku ini juga menyediakan beberapa link beasiswa Perguruan Tinggi yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan akses pendidikan dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis.

Untuk bisa mendapatkan kedua buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com