Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kuliah di PTN Favorit? Terapkan 4 Tips Lolos SBMPTN 2022 Berikut Ini

Kompas.com - 23/12/2021, 09:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM…
Pengarang: Tim Tentor Kreatif
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat sudah lulus dari bangku SMA, tujuan selanjutnya adalah masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang memang sudah menjadi impian hampir semua orang untuk dapat kuliah dan menimba ilmu di sana.

Namun, jalan untuk masuk ke PTN tidaklah mudah dan diperlukan usaha serta kerja keras agar bisa bersaing dengan lulusan lainnya.

Salah satu cara agar bisa masuk dan diterima di PTN adalah dengan mengikuti ujian SBMPTN 2022 yang tidak lama lagi akan segera dilaksanakan.

Akan tetapi, jumlah peserta yang mengikuti tes seleksi ujian SBMPTN tidaklah sedikit, sehingga dibutuhkan strategi dan tips yang tepat agar mampu lolos SBMPTN 2022.

Jangan merasa cemas dan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar peluang lolos ujian SBMPTN bisa lebih besar.

Berikut empat tips yang dapat kamu terapkan supaya bisa lolos SBMPTN 2022 dan masuk ke PTN impian kamu.

4 Tips Lolos SBMPTN 2022

1. Perbanyak Latihan Soal-Soal UTBK

Latihan mengisi soal-soal UTBK mutlak dibutuhkan jika kamu ingin lolos SBMPTN 2022, karena sejak tahun 2019 hampir sebagian besar soal UTBK memakai soal HOTS (Higher Order Thinking Skill).

Alangkah baiknya sebelum kamu melakukan latihan soal UTBK, pelajari terlebih dahulu materi yang ada dalam soal-soal tersebut dan kerjakan soal atau materi yang mudah dahulu agar kamu bisa menyelesaikannya secara tepat waktu.

Saat memutuskan untuk memilih waktu belajar, jangan terpatok pada durasi, tapi susun materi pembelajaran yang akan dipelajari dan cari waktu yang tepat untuk kamu melakukannya.

2. Kumpulkan Informasi Secara Terperinci dan Sebanyak Mungkin Perihal UTBK 2022

Sebelum menghadapi UTBK 2022, cari informasi sedetail dan sebanyak mungkin karena bisa saja ujian UTBK di tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya.

Sebagai contoh, saat UTBK 2020 kelompok ujian IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran) awalnya tersedia, tapi akibat pandemi virus Covid-19 opsi IPC ditiadakan, sehingga UTBK 2020 hanya berisi ujian TPS (Tes Potensi Skolastik) saja.

Selain itu, cari tahu juga tentang dokumen apa saja yang kamu butuhkan untuk memenuhi pendaftaran dan selama ujian berlangsung agar tidak mengganggu proses selama ujian UTBK.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Pikirkan Secara Matang dan Serius Saat Mengambil Jurusan yang akan Dipilih

Jika kamu lolos SBMPTN 2022 dan hasil ujian UTBK kamu besar, itu belum bisa menjadi jaminan jika kamu akan masuk dan diterima ke dalam jurusan kuliah yang kamu incar.

Oleh karena itu, diperlukan riset dan tanya kepada diri sendiri, apakah pilihan jurusan yang kamu masukan dalam dua opsi tersebut merupakan keputusan yang sudah matang dan tepat atau belum.

Andai kata pilihan jurusan pertama kamu tidak lolos, maka kamu masih memiliki kesempatan untuk masuk di pilihan jurusan kedua, sehingga memikirkan pilihan jurusan ini memiliki andil yang penting.

4. Giat Mengikuti Try Out dan Motivasi Diri Sendiri untuk Mendapatkan Nilai yang Bagus

Try out bisa menjadi titik acuan akan hasil belajar soal-soal ujian UTBK kamu selama ini dengan melihat skor atau hasil yang telah kamu kerjakan.

Selain untuk menambah kesiapan dalam menghadapi ujian UTBK, try out juga akan membiasakan kamu untuk beradaptasi dalam kondisi ujian sehingga nantinya rasa gugup akan sedikit berkurang.

Hasil atau nilai try out yang keluar juga bisa menjadi gambaran, apakah nilai tersebut sudah mendekati jumlah yang sesuai untuk dapat lolos SBMPTN atau belum.

Untuk membantu kamu menerapkan empat tips lolos SBMPTN 2022 ini, dua buku berikut bisa kamu gunakan sebagai latihan soal-soal UTBK yang akan memudahkan saat ujian nanti.

Kedua buku tersebut adalah Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM dan Bank Soal UTBK SBMPTN Saintek.

Kedua buku ini bisa kamu manfaatkan sebagai bahan latihan sebelum ujian dilaksanakan.

Kedua buku ini terbilang lengkap karena berisi enam paket soal Tes Kompetensi Akademik (TKA), lima soal paket prediksi Tes Kompetensi Akademik (TKA) 2022, empat paket soal Tes Potensi Skolastik (TPS), satu paket prediksi Tes Potensi Skolastik (TPS) 2022, dan masih banyak lagi.

Buku ini pun berisi lebih dari 500 soal untuk belajar secara mandiri dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN beserta kiat sukses lolos SBMPTN, drilling soal SBMPTN, dan tes Myers Briggs Type Indicator (MBTI).

Tidak lupa, buku ini bisa kamu beli di Gramedia.com dan semoga sukses menjalani ujian SBMPTN 2022!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com