Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Masuk Universitas Impian? Simak 5 Tips Ampuh Lolos SBMPTN ini!

Kompas.com - 04/12/2021, 09:01 WIB
Rujukan artikel ini:
Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM…
Pengarang: Tim Tentor Kreatif
|
Editor Ratih Widiastuty

Setiap tahunnya para siswa SMA di Indonesia menghadapi proses ujian masuk ke universitas dan berjuang untuk bisa meraih impian dengan belajar di universitas yang mereka inginkan.

Pemerintah Indonesia sendiri menyediakan beberapa jalur masuk universitas, yakni jalur SNMPTN dan SBMPTN atau yang kini disebut dengan UTBK.

Proses seleksi melalui jalur SBMPTN sangat berbeda dengan jalur SNMPTN yang pada umumnya hanya menggunakan pertimbangan nilai raport sebagai syarat lolos.

Sementara itu, SBMPTN atau UTBK adalah jalur yang murni menggunakan hasil dari tes tertulis sebagai indikator kelulusan calon mahasiswa.

Ada dua tipe soal SBMPTN yang perlu diketahui, yaitu TPS (Tes Potensi Skolastik) yang merupakan soal-soal untuk mengetes kemampuan kognitif, penalaran, dan pemahaman umum pada siswa.

Kemudian, ada jenis soal TKA (Tes Kompetensi Akademik) yang membahas materi-materi selama di sekolah yang juga dibagi menjadi TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Baca selengkapnya Rekomendasi Buku SBMPTN Soshum.

Nilai hasil dari tes SBMPTN atau UTBK ini akan digunakan sebagai kualifikasi untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri yang hendak dituju.

Besaran nilai yang diperoleh sangat menentukan jurusan apa yang dapat di ambil di PTN tersebut.

Tak jarang, jalur tes tulis untuk masuk ke universitas ini sering kali menjadi sesuatu yang menakutkan bagi banyak pelajar.

Namun kamu tak perlu khawatir, dengan mengetahui tips lolos SBMPTN dibarengi dengan persiapan matang, kamu dapat melaluinya dengan memuaskan. Simak informasinya berikut ini.

5 Tips Ampuh Lolos SBMPTN

1. Menguasai Materi

Kamu perlu menguasai seluruh materi yang akan diujikan di SBMPTN, dan hal ini bisa kamu dapatkan dengan mencari buku-buku pembahasan yang berisi materi dasar SBMPTN.

Kamu juga memerlukan buku tentang soal-soal SBMPTN di tahun-tahun sebelumnya sebagai gambaran pola soal yang akan muncul.

2. Lakukan Uji Coba atau Try Out

Agar lolos ujian, kamu perlu berlatih sendiri dengan jumlah soal dan alokasi waktu yang sama dengan tes SBMPTN yang sebenarnya.

Kamu juga dapat mengikuti try out yang diadakan oleh berbagai lembaga sebagai alternatif lain untuk belajar dan terbiasa dengan pola soal SBMPTN.

3. Pilih Jurusan Sesuai Minat dan Bakat

Hal terpenting yang kamu perlu lakukan adalah menentukan jurusan yang paling diminati sekaligus diinginkan.

Di samping memilih kampus mana yang akan dituju, pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu, kemudian disesuaikan dengan passing grade atau bobot yang sudah ditentukan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Semakin matang pilihan jurusan yang kamu tentukan, semakin banyak waktu yang tersedia untuk mengatur strategi untuk bisa lolos tes tertulis masuk universitas ini.

4. Perhatikan Baik-Baik Waktu yang Ada

Saat kamu menjalani tes SBMPTN, manajemen waktu adalah hal penting yang perlu diperhatikan, apalagi untuk mengerjakan tes dengan waktu terbatas.

Tanpa manajemen waktu yang baik, kamu bisa saja tak maksimal dalam mengerjakan tes.

Maka dari itu, inilah pentingnya berlatih mengalokasikan waktu dengan tepat selama latihan mengerjakan soal-soal SBMPTN.

Dalam beberapa kasus, manajemen waktu yang buruk bisa mengakibatkan sekian jumlah nomor soal pada mata pelajaran tertentu terlewatkan begitu saja atau kamu tak sempat mengerjakannya karena kehabisan waktu.

5. Jangan Menebak-Nebak Jawaban

Kerjakanlah soal-soal yang bisa kamu kerjakan terlebih dahulu, dan jika kamu sudah cukup banyak berlatih soal maka disarankan jangan menebak-nebak jawaban, kamu dapat meninggalkan atau menunda soal yang dirasa sulit.

Jika kamu tidak menguasai beberapa soal lantaran kurang tertarik pada mata pelajaran tertentu, maka cukup kerjakan satu atau dua nomor dan pastikan bahwa jawaban kamu benar.

Raihlah nilai kumulatif atau nilai total pada masing-masing pelajaran, kerjakanlah soal dengan tenang dan jangan sampai menyontek.

Demi kelancaran dalam menempuh tes SBMPTN, kamu perlu melatih dan membiasakan diri dengan tipe soal yang ada.

Untuk rumpun Soshum, buku Bank Soal UTBK SBMPTN SOSHUM 2022 yang disusun oleh Tim Tentor Kreatif dapat menjadi pilihan kamu untuk belajar.

Buku ini berisi soal SBMPTN dan disertai dengan pembahasan yang lengkap, detail, dan mudah dipahami, serta dilengkapi paket soal prediksi SBMPTN untuk mengukur kesiapan kamu menghadapi ujian.

Untuk rumpun Saintek, buku Bank Soal UTBK SBMPTN Saintek 2022 + 18 Paket Soal & Pembahasan dapat menjadi bahan latihan juga. Temukan pula Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek disini!

Buku ini memiliki ratusan contoh soal untuk kamu belajar mandiri, soal-soal tersebut disusun berdasarkan pola soal yang sering keluar di SBMPTN pada tahun-tahun sebelumnya.

Anda juga disuguhkan tips dan trik dalam menjawab soal lewat pembahasan yang disajikan.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan bukunya di Gramedia.com dan selamat belajar!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com