Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Merasa Malas Saat Belajar? Ini Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Menuntut Ilmu

Kompas.com - 03/12/2021, 15:00 WIB
Sumber Foto : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Berdamai Dengan Rasa Malas
Pengarang: Munita Yeni
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Belajar dan menuntut ilmu merupakan salah satu hak dan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap individu.

Ditambah lagi dengan aturan pemerintah yang mengeluarkan undang-undang wajib belajar 12 tahun yang semakin menegaskan betapa pentingnya menuntut ilmu baik pada jalur pendidikan formal maupun non formal.

Meskipun sudah masuk dalam undang-undang, tapi kegiatan belajar ini sering sekali dianggap sebagai kegiatan yang membosankan dan bahkan membuat sebagian anak sampai merasa malas untuk menuntut ilmu.

Padahal belajar dan menuntut ilmu ini nantinya sangat berpengaruh pada keberhasilan dan kesuksesan kita di masa depan.

Oleh karena itu, memotivasi diri sangatlah penting meskipun sebenarnya sangat tidak mudah untuk bisa membuat diri sendiri termotivasi.

Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu meningkatkan motivasi terutama dalam hal belajar dan menuntut ilmu.

Ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi diri sendiri supaya lebih semangat dalam menuntut ilmu.

Cara Memotivasi Diri Sendiri untuk Menuntut Ilmu

1. Membuat Agenda Belajar

Agenda belajar ini akan membantu kamu mengatur waktu dan materi apa yang harus kamu pelajari, dengan demikian kamu akan lebih fokus dan konsentrasi dalam belajar.

Kamu bisa mulai dengan mengumpulkan semua informasi mengenai tugas-tugas dan mata kuliah yang ada, membuat tabel, membuat jadwal belajar khusus dengan mempertimbangkan waktu belajar yang optimal, dan jangan lupa juga untuk menjadwalkan waktu istirahatmu. Temukan Rekomendasi Buku Pengembangan Diri Motivasi disini!

2. Matikan atau Jauhkan Gadget dari Jangkauan

Salah satu kesulitan dalam belajar bisa disebabkan oleh gadget dan internet, oleh karena itu kamu harus terus memotivasi diri sendiri untuk tidak menggunakan gadget saat sedang belajar.

Cobalah untuk mematikan jaringan internet atau jauhkan gadget dari meja belajar supaya kamu bisa fokus.

Jangan sampai kecanggihan teknologi ini malah membuat semangatmu dalam belajar dan menuntut ilmu jadi menurun.

Atau jika memang dalam proses belajar ini harus membutuhkan teknologi, kamu tetap boleh menggunakan gadget dan internet tapi kamu harus mengetahui batasannya dan tidak berlebihan dalam menggunakannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Mencari Partner Belajar

Ada beberapa anak yang kadang merasa malas saat harus belajar sendirian, maka dalam hal ini kehadiran partner belajar sangat dibutuhkan.

Cobalah untuk memilih partner yang tepat dan bisa memotivasi kamu dalam belajar sehingga kamu bisa lebih semangat dan mau belajar lebih giat, sehingga kamu tidak lagi malas-malasan dalam menuntut ilmu.


Baca juga: Kata-kata Motivasi


4. Fokus pada Target dan Tujuan

Menentukan target dan tujuan yang ingin dicapai dalam hidup akan memberikan kamu motivasi tersendiri untuk lebih semangat dalam belajar dan menuntut ilmu.

Kamu bisa menulis daftar impian kamu dan mencetaknya menjadi sebuah gambar dan tempelkan di dinding kamar.

Kamu akan selalu melihatnya setiap saat dan membuatmu semakin termotivasi untuk mewujudkannya.

Selain itu, cobalah untuk menentukan berapa lama kira-kira jangka waktu yang kamu butuhkan untuk sampai pada tujuan dan impian kamu, sehingga kamu akan lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu.

Selain tips-tips diatas, kamu juga bisa membaca banyak tips lainnya melalui buku Berdamai dengan Rasa Malas karya Munita Yeni.

Menurut buku ini, rasa malas yang terus-terusan dibiarkan nantinya bisa masuk ke dalam masalah mental dan lambat laun malah akan kehilangan minat dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, buku ini secara perlahan akan mengajarkan kamu satu cara untuk bisa berdamai dengan rasa malas yang sangat mengganggu aktivitas kamu sehari-hari, terutama dalam hal belajar dan menuntut ilmu.

Atau kamu juga bisa membaca buku 6 Rahasia Menjadi Pribadi Produktif Tanpa Rasa Malas karya Deni Dee.

Di buku ini akan menguraikan berbagai hal mengenai rasa malas mulai dari pengertian, penyebab, dan resikonya, serta akan dibahas juga bagaimana cara mengobati rasa malas itu sendiri.

Buku ini akan berupaya mengubah kamu yang awalnya malas-malasan saat belajar dan menuntut ilmu, menjadi pribadi yang lebih produktif dan berhasil mencapai impian kamu sendiri.

Kalau kamu tertarik dan ingin membaca buku-bukunya, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com