Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Penting Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Kompas.com - 26/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Hemat (Sampah) Pangkal Kaya
Pengarang: Denia Isetianti & Aldy…
|
Editor Ratih Widiastuty

Meskipun anjuran untuk selalu membuang sampah di tempatnya telah diajarkan sejak kecil, baik di lingkungan rumah ataupun melalui pelajaran di sekolah, namun kenyataannya hingga kini masih banyak orang yang kurang peduli dengan masalah ini.

Padahal sampah yang dibuang dengan sembarangan, terutama jika berbahan dasar plastik, bisa memberikan banyak dampak buruk untuk lingkungan dan juga bagi kesehatan.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan efek negatif dari membuang sampah sembarangan perlu menjadi perhatian serius jika tidak ingin kondisi ini menjadi semakin parah.

Sebagai bagian dari masyarakat, kamu pun memiliki tanggung jawab untuk turut serta dalam menjaga lingkungan dengan selalu membuang sampah dengan benar di tempatnya.

Berikut adalah lima alasan penting yang perlu kamu ketahui mengapa kamu tidak seharusnya membuang sampah sembarangan.

Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

1. Menyebabkan Munculnya Penyakit

Sampah yang dibuang sembarangan bisa menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri-bakteri penyebab penyakit, seperti tetanus, salmonellosis, dan shigellosis.

Selain menjadi tempat berkembangbiaknya berbagai macam bakteri, sampah yang dibuang sembarangan juga bisa menjadi sarang bagi nyamuk untuk bertelur dan kemudian menyebabkan penyakit demam berdarah.

Penyakit-penyakit ini bisa kamu hindari hanya dengan membiasakan diri untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

2. Menyebabkan Banjir

Sampah yang dibuang sembarangan, terutama di got atau selokan, bisa membuat selokan menjadi lebih dangkal sehingga mengurangi volume air yang bisa ditampung dan menyebabkan banjir ketika musim hujan tiba.

Selain itu, sampah yang dibuang sembarangan juga berpotensi untuk menyumbat saluran air yang seharusnya dilalui oleh air hujan.

Akibatnya air hujan pun justru meluap ke jalanan dan menyebabkan banjir dengan banyaknya sampah yang hanyut serta bertebaran di mana-mana.

Selain menimbulkan ketidaknyamanan untuk beraktivitas, hal ini juga bisa berdampak terhadap kebersihan dan juga kesehatan, dikarenakan sampah yang masuk ke dalam rumah bersama dengan banjir.

3. Menyebabkan Pencemaran Air

Sampah yang dibuang ke selokan, saluran air, ataupun sungai bisa menyebabkan turunnya kualitas air sehingga berwarna keruh dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Sampah-sampah ini kemudian juga akan terbawa oleh aliran sungai hingga bermuara ke daerah pesisir dan laut.

Selain bisa mengganggu aktivitas dari biota laut sampai dengan menyebabkan kematian, sampah-sampah plastik ini juga memiliki kemungkinan untuk tidak sengaja terkonsumsi oleh ikan-ikan di laut.

Ikan laut yang telah terkontaminasi ini kemudian akan dikonsumsi oleh manusia dan menyebabkan efek domino.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Ikan segar yang seharusnya menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh justru bisa mengakibatkan penyakit karena ulah manusia sendiri.

4. Menyebabkan Pencemaran Tanah dan Merusak Fungsi Lahan

Lahan kosong sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membuang sampah secara ilegal.

Hal ini akan dengan cepat diikuti oleh semakin banyak orang yang turut membuang sampah di lokasi tersebut, sehingga sampah dengan cepat akan menumpuk.

Lahan kosong yang seharusnya bisa difungsikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat seperti lapangan, kebun, taman, justru menjadi tempat pembuangan sampah.

Bau yang dihasilkan dari membuang sampah secara ilegal di lahan kosong pun bisa mengganggu orang-orang yang tinggal di sekitar lahan tersebut.

Selain bisa merusak fungsi lahan, membuang sampah sembarangan juga bisa menyebabkan pencemaran pada tanah, terutama sampah plastik, karena membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai.

5. Merusak Pemandangan dan Menciptakan Kesan Kumuh

Semua orang tentunya ingin tinggal di lingkungan yang indah dan asri, sehingga bisa beraktivitas dengan nyaman di sekitar rumah seperti berjalan-jalan dan melakukan jogging.

Keberadaan sampah yang dibuang dengan sembarangan dan berserakan di mana-mana tentunya membuat pemandangan menjadi tidak sedap untuk dipandang mata serta menunjukkan kesan kumuh atau kotor.

Nah, itulah lima alasan penting agar kamu bisa lebih peduli terhadap lingkungan dan mulai membiasakan diri untuk selalu membuang sampah sesuai dengan tempat yang sudah disediakan.

Untuk memotivasi diri kamu agar semakin peduli pada lingkungan dan sampah, kamu bisa membaca buku Hemat (Sampah) Pangkal Kaya yang ditulis oleh Denia Isetianti dan Aldy Mardikanto.

Melalui buku ini, Denia dan Aldy ingin menggagaskan ide mengenai Cleanomic, yang merupakan singkatan dari clean economic, yaitu sebuah usaha sosial yang bisa membantu menjaga lingkungan sekaligus memperoleh #CuanLestari.

Gagasan ini berasal dari pengalaman dan perjalanan penulis sendiri yang telah lama mendalami gaya hidup bertanggung jawab yang selaras dengan alam.

Cerita personal yang jujur dan hangat, beserta tips-tips yang dibagikan di dalam buku akan menginspirasi dan menyadarkan kamu untuk ikut memulai gaya hidup yang peduli dengan lingkungan.

Selain itu, kamu juga akan menemukan beragam pilihan investasi hijau yang dipaparkan di dalam buku ini.

Kamu bisa mendapatkan buku Hemat (Sampah) Pangkal Kaya ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini dan dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com