Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Rekomendasi Buku tentang Pertanian Terbaik untuk Memperdalam Ilmu Berkebun

Kompas.com - 17/02/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Canva
Rujukan artikel ini:
Panen Cabai Setiap Hari Di…
Pengarang: SETIADI
Penulis Renny Novita
|
Editor Almira Rahma Natasya

Banyak orang di masa pandemi ini yang mendalami hobi baru, di antaranya adalah berkebun atau sekadar memelihara tanaman di rumah.

Seperti juga memelihara binatang, berkebun juga mempunyai efek terapi yang menenangkan.

Namun, tentunya sebelum memulai berkebun, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu termasuk memilih jenis tanaman yang akan kita tanam kali ini, yaitu media tanam dan perawatan.

Lima rekomendasi buku ini, dari mulai tips ampuh berkebun di pekarangan rumah yang berskala kecil sampai cakupan bisnis yang lebih besar, membawa kamu ke dalam dunia kebun yang indah dan hijau.

Rekomendasi Buku Pertanian

1. Panen Cabai Setiap Hari di Lahan Sempit

Sebagai orang Indonesia yang hampir sebagian besar makanannya mengandung cabai, tentunya sangat diuntungkan ketika kita memiliki kebun cabai sendiri di rumah.

Selain itu ada juga nilai ekonomis, apalagi kita mengetahui kalau harga cabai cenderung terus meningkat dan sering mengalami fluktuasi.

Di dalam buku ini, kalian akan mengetahui cara bagaimana agar kita bisa panen cabai setiap hari dengan mengatur jarak tanamnya.

Keuntungan panen setiap hari tentunya selain dari nilai ekonomis tadi, juga karena cabai termasuk buah yang penyimpanannya tidak bisa lama.

Menanamnya pun terbilang mudah karena hanya membutuhkan media pot saja dengan memperhatikan unsur-unsur penting yang nanti dijabarkan di dalam isi buku ini.

2. Panen Jahe Merah, Produksi 3x Lipat

Selain berguna bagi kesehatan, tahukah kamu jika jahe merah juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi?

Bayangkan saja, untuk panen di lahan sekitar 100 m2, keuntungan yang kamu peroleh bisa mencapai Rp7 juta setiap periode panen.

Jika kamu tidak memiliki lahan yang luas, kamu tetap bisa menanamnya karena jahe merah bisa ditanam di pekarangan rumah, baik itu langsung di lahan maupun di polybag.

Dengan mengatur metode dan interval penanaman, kamu bisa mendapatkan panen lebih banyak dan lebih sering.

3. Budidaya dan Bisnis Lada Skala Kecil dan Besar

Siapa yang tidak mengenal si kecil lada? Selain kita mengenalnya sebagai bumbu masak yang esensial, lada juga mengandung manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Ternyata berbudidaya lada ini juga tidak sulit, kamu bisa mencoba menanamnya di rumah untuk menambah koleksi tanaman apotek hidup.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan mengetahui teknik budidaya lada yang dikupas tuntas di dalam buku Budidaya dan Bisnis Lada Skala Kecil dan Besar kamu bisa mengurangi kegagalan bertanam dan sekaligus meningkatkan hasil panen.

Siapa tahu jika sudah bisa berhasil menanam di rumah, kamu juga tertarik mengembangkannya di lahan yang lebih besar dan menjadi petani lada.

4. Aglaonema

Si cantik Aglaonema atau juga dikenal dengan sebutan Sri Rejeki atau tanaman yang membawa keberuntungan, semakin marak menghiasi di setiap rumah.

Banyak yang mencoba mengembangbiakan si cantik ini berawal dari hobi di rumah kemudian merambah menjadi sebuah bisnis.

Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan agar Aglaonema tumbuh dengan baik, di antaranya adalah lingkungan tumbuh, media, penyiraman, dan juga pemupukan.

Teknik dan alat apa saja yang menunjang dalam mengembangbiakan Aglaonema akan dikupas tuntas di dalam buku ini.

5. Budidaya Sayuran Organik di Pekarangan

Buku terakhir yang ada di dalam daftar rekomendasi kali ini sangat menarik, karena organik ini sangat spesifik dan produknya di pasaran juga mempunyai nilai yang lebih tinggi, dibandingkan produk pertanian yang mempergunakan pestisida kimia serta pupuk kimia.

Tentunya produk organik menjadi pilihan utama terutama jika kita ingin mengonsumsinya sendiri karena lebih sehat.

Kunci utama di dalam budidaya sayuran organik tentunya adalah penggunaan pestisida nabati.

Di dalam buku ini, kamu akan diajarkan bagaimana cara membuat mikroorganisme lokal (MOL) yang dipergunakan dalam proses pengomposan dan pembuatan pestisida nabati.

Penjabaran pembuatan mikroorganisme lokal (MOL) ini mudah dimengerti karena dalam bentuk video, sehingga kamu bisa mengikuti panduan sambil mempraktekannya langsung.

Setelah membaca rekomendasi buku pertanian terbaik di atas, produk pertanian apa yang kira-kira akan kamu budidayakan di pekarangan rumah?

Jangan lupa juga untuk melengkapi pengetahuanmu dengan buku-buku tentang pertanian yang direkomendasikan tadi dengan membelinya di Gramedia.com.

Dapatkan juga gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk membeli semua buku di atas dengan harga lebih hemat. Klik di sini untuk dapatkan vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Selamat Berkebun!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com