Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Buku Saham yang Cocok Dibaca Investor Pemula

Kompas.com - 08/02/2022, 14:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Intelligent Investor (Edisi Revisi)
Pengarang: Benjamin Graham
|
Editor Novia Putri Anindhita

Keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham memang bisa membuat semua orang tertarik untuk mencobanya.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa keuntungan besar tersebut juga datang beriringan dengan risiko kerugian yang besar pula.

Sebelum terjun dalam investasi saham, penting bagi kamu untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu mengenai cara kerja dari sebuah saham.

Diperlukan strategi dan analisis yang matang untuk bisa memilih investasi saham yang tepat agar nantinya kamu tidak mengalami kerugian.

Selain melalui internet, kamu juga bisa belajar mengenai saham dengan membaca buku, karena biasanya buku-buku tersebut ditulis oleh para pakar investasi yang telah berpengalaman dalam dunia saham.

Berikut adalah rekomendasi buku tentang saham yang bisa kamu baca sebagai investor pemula.

Rekomendasi Buku Saham yang Cocok untuk Investor Pemula

1. The Intelligent Investor

Buku ini merupakan buku yang direkomendasikan oleh Warren Buffet, seorang investor saham terkenal asal Amerika Serikat dan salah satu orang terkaya di dunia, untuk dibaca oleh semua orang yang ingin belajar mengenai investasi saham.

The Intelligent Investor sendiri ditulis oleh Benjamin Graham, seorang pakar ekonomi ternama yang menjadi panutan bagi Warren.

Melalui buku ini, penulis akan memperkenalkan kepada kamu sebuah filosofi “investasi nilai” yang melindungi investor dari kemungkinan risiko kehilangan uang, dan juga mengajari kamu mengenai pentingnya investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Selain itu, buku ini juga memaparkan bagaimana cara membuat analisa fundamental sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk investasi seperti saham.

Meskipun buku ini telah terbit sejak tahun 1949, namun buku ini masih tetap relevan dan menjadi buku best seller hingga saat ini.

Sebaliknya, hal ini justru menjadi kelebihan dari buku The Intelligent Investor, karena anjuran-anjuran yang diberikan di dalam buku ini nyaris selalu terbukti benar karena berdasar pada pengalaman penulis selama lebih dari 50 tahun di bidang investasi-praktis.

Di bawah asuhan Graham, seperti investor-investor besar yang telah sukses sebelumnya, kamu dijamin akan menjadi investor yang lebih pintar dengan membaca buku ini.

2. Yuk Nabung Saham

Nicky Hogan sebagai penulis buku merupakan seorang Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia yang menjabat pada tahun 2015 – 2018.

Maka dari itu, buku ini menjadi salah satu buku wajib yang tidak bisa kamu lewatkan ketika ingin belajar mengenai dunia saham.

Dengan bahasa yang ringan dan mudah dimengerti, penulis menjelaskan mengenai pentingnya berinvestasi berdasarkan pengalamannya ketika terjun langsung dalam dunia saham di Indonesia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Menurut Hogan, pemahaman keliru mengenai investasi yang terkesan mahal dan complicated dalam masyarakat Indonesia sangatlah disayangkan.

Padahal dalam sepuluh tahun terakhir saja, Indonesia menjadi negara dengan bursa efek yang mengalami kenaikan indeks tertinggi dibandingkan dengan bursa-bursa utama dunia lainnya.

Oleh karena itu, buku ini juga menjadi sebuah kampanye agar semakin banyak masyarakat yang menabung saham dan menjadi investor ritel di pasar modal Indonesia.

3. Invested

Bagi kamu yang baru benar-benar belajar mengenai investasi saham dari nol, buku ini akan menjadi pilihan yang pas untuk kamu baca.

Buku ini berisikan panduan bagaimana seseorang mengenal saham mulai dari nol selama 12 bulan yang dialami sendiri oleh Danielle Town sebagai penulis ketika berguru pada ayah yang selama ini ia benci.

Menariknya, penjelasan mengenai investasi saham yang dibahas di dalam buku ini dibungkus dengan cerita yang ringan layaknya membaca sebuah novel.

Berdasarkan pengalaman dan kisah yang telah ia alami, penulis ingin mengajak para pembaca untuk menerapkan tips-tips yang diberikan di dalam buku ini untuk mencapai financial freedom dalam satu tahun ke depan.

Danielle bersama dengan ayahnya telah mengembangkan metode Rule #1 Investing yang sukses untuk mempraktikkan langkah demi langkah prinsip-prinsip investasi nilai, yang diturunkan oleh investor-investor legendaris seperti Warren Buffet dan Charlie Munger.

Kamu akan mengetahui bagaimana prinsip-prinsip investasi tersebut akan membentuk kembali keuangan kamu serta hubungan kamu dengan uang.

4. Who Wants To Be A Smiling Investor

Berbeda dengan buku-buku saham lainnya, buku ini menawarkan suasana membaca yang berbeda dengan memberikan pembahasan mengenai cara-cara berinvestasi saham melalui gambar kartun.

Dengan bahasa yang ringan dan penggambaran yang menarik, buku ini memaparkan terkait bagaimana cara memilih saham, cara membeli dan menjualnya, serta membahas mengenai risiko dari investasi.

Ditulis oleh seorang guru besar keuangan dari Prasetya Mulya, Lukas Setia Atmaja, bersama dengan kartunis kondang Indonesia, Thomdean, buku ini akan membantu kamu untuk belajar mengenai dunia saham dengan cara yang unik dan menyenangkan.

Nah, itulah keempat rekomendasi buku tentang saham yang bisa membantu kamu belajar dan memahami lebih dalam mengenai investasi saham.

Kamu bisa mendapatkan buku-buku saham ini dengan mudah melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com