Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Cara Investasi Saham Bagi Pemula

Kompas.com - 16/12/2021, 12:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Nabung Saham Sekarang
Pengarang: Ellen May
|
Editor Ratih Widiastuty

Di zaman sekarang cara untuk menghasilkan uang sudah sangat beragam dan dapat dengan mudah dipelajari karena akses informasi yang begitu banyak diperoleh dari berbagai sumber yang berbeda.

Salah satu cara yang paling banyak menarik minat dan perhatian orang untuk mencoba mendapatkan pendapatan demi masa depan yang terjamin adalah dengan investasi saham.

Di masa kini, investasi saham sudah mulai banyak digeluti oleh berbagai kalangan, kaum Millenial dan Gen Z pun semakin peka dan sadar akan pengelolaan finansial yang bijak dan berkelanjutan. Baca selengkapnya melalui Review Buku Investasi Saham Ala Swing Trader Dunia.

Investasi saham menuntut kejelian dalam memprediksi harga saham yang akan kita beli dalam suatu perusahaan, apakah akan menguntungkan atau justru merugikan.

Intuisi dan ilmu yang presisi teramat sangat dibutuhkan dalam melakukan aktivitas trading saham yang tidak hanya berdasarkan keberuntungan, tapi ada analisis yang mendalam dalam prosesnya.

Bagi kamu yang ingin mencoba dan mencari cara investasi saham bagi pemula, cara-cara berikut ini akan cocok untuk kamu terapkan sebelum memasuki dunia trading.

Tips Investasi Saham bagi Pemula

1. Cari dan Pilih Sekuritas yang Cocok dengan Biaya Transaksi yang Tak Terlalu Besar

Sebelum masuk dan berkecimpung dalam dunia trading saham, alangkah lebih baik untuk memahami dan mempelajari broker saham yang ada agar dapat memilih sekuritas yang cocok dan tepat dengan harga yang kecil.

Jangan sekalipun kamu abai dan asal saat memilih sekuritas karena setiap broker saham memiliki harga transaksi pembelian dan penjualan yang berbeda-beda, sehingga kamu dapat meminimalisir kerugian.

2. Pelajari dan Pahami Perusahaan Beserta Aktivitasnya

Tak kenal maka tak sayang adalah pepatah yang tepat untuk memotivasi kamu dalam mempelajari dan memahami identitas serta sepak terjang dari perusahaan yang akan kamu beli sahamnya, apakah perusahaan itu pernah untung atau merugi.

Faktor dari luar pun penting untuk kamu perhatikan agar tidak menyesal ke depannya.

Perhatikan isu sosial politik yang pernah menerpa perusahaan tersebut, sehingga bisa membuat kamu berhati-hati dalam mengambil keputusan jika harga sahamnya berisiko anjlok.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Perhatikan Situasi dan Kondisi Ekonomi serta Politik saat akan Membeli Saham

Kondisi ekonomi dan politik biasanya sangat memengaruhi pergerakan harga saham yang bisa kamu manfaatkan saat harga saham bagus sedang turun.

Tapi perlu diingat kembali, tidak semua harga saham yang turun layak untuk dibeli.

Diperlukan kehati-hatian, ketelitian, dan bijak saat memilih ketika akan membeli harga saham yang sedang turun akibat kondisi ekonomi dan politik agar kamu bisa terhindar dari kerugian.

4. Beli Saham yang Dikeluarkan oleh BEI (Bursa Efek Indonesia)

Jangan sembarangan dan sembrono saat hendak membeli saham, pastikan terlebih dahulu jika saham yang akan kamu beli sudah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) agar kredibilitas perusahaan tersebut bisa terjamin.

BEI (Bursa Efek Indonesia) sendiri mengeluarkan daftar saham yang bisa dibeli beserta detail profil anggota bursa, partisipan, dan dealer inti yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membeli saham.

5. Cari Investasi Jangka Panjang Sebagai Pilihan Utama

Investasi jangka panjang akan memberikan keuntungan yang lebih menjanjikan dengan risiko yang lebih minim asalkan kamu bisa memilih saham yang tepat, sehingga impian kamu untuk hidup tenang secara finansial di masa depan dapat terwujud.

Keamanan dan keuntungan yang diberikan investasi jangka panjang juga menjadi kelebihan lainnya, sehingga saat kamu membeli saham tersebut anggap saja seperti menabung yang keuntungannya bisa kamu petik di masa depan.

Selain itu, kamu juga bisa mempelajari ilmu saham melalui rekomendasi buku berikut ini sebagai pedoman yang tepat untuk belajar ilmu saham bagi pemula.

Buku Nabung Saham Sekarang dapat menjadi alternatif yang pas untuk belajar dan mendalami ilmu saham dari dasar yang mudah untuk diserap oleh pemula.

Sebagai buku ilmu saham, buku ini bisa dibilang cukup lengkap dengan komposisi isi yang presisi karena penulis tidak hanya memberikan penjelasan, tapi juga mindset mengapa kamu harus melek dan sadar dalam mengelola finansial.

Materi dari A sampai Z tentang ilmu saham dikupas tuntas di sini beserta kehadiran beberapa ilustrasi dan grafik yang dibuat berwarna agar lebih gampang untuk dipahami oleh pembaca.

Sudah tidak sabar untuk belajar tentang ilmu saham? Langsung saja beli dan dapatkan buku ini di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com