Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Pola Candlestick Berikut Sebelum Memulai Trading

Kompas.com - 13/12/2021, 10:29 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
THE CANDLESTICK COURSE - Sebuah…
Pengarang: Steve Nison
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kegiatan trading saat ini sedang banyak dilakoni banyak kalangan yang ingin menghasilkan pendapatan dengan cara yang mudah dan praktis.

Namun, sebelum masuk ke dalam dunia trading kita dituntut untuk paham terlebih dahulu jenis dan cara membaca grafik trading agar mampu memprediksi harga saat trading berlangsung.

Salah satu bentuk grafik yang sering digunakan dalam membaca dan memprediksi harga adalah grafik lilin atau yang lebih populer dengan nama candlestick chart.

Candlestick chart ini pun ternyata memiliki beberapa pola berbeda yang bisa dimanfaatkan trader untuk menganalisa dan memprediksi harga saat melakukan trading.

Bentuk candlestick chart menunjukkan harga pembukaan, harga penutupan, harga tertinggi, hingga harga terendah dengan bentuk menyerupai sebatang lilin yang terdiri dari body dan shadow.

Pola candlestick memiliki rupa yang banyak dan beragam, sehingga perlu usaha untuk memahami dan mengenal beberapa bentuk pola dari candlestick chart ini.

4 Pola Candlestick Chart

1. Doji Candlestick

Pola candlestick ini cukup terkenal dan banyak digunakan dalam grafik forex, di mana harga pembukaan sama dengan harga penutupan, sehingga tampak garis tipis di tengah bayangan candlestick.

Bentuknya terdiri dari 4 macam, yaitu long legged doji, dragonfly doji, gravestone doji, dan four price doji.

2. Engulfing Candlestick

Pola bullish engulfing candlestick adalah dua candlestick yang tercipta di akhir harga tren penurunan yang berpotensi besar membawa harga ke tren yang naik.

Sementara bearish engulfing candlestick adalah sebaliknya, yaitu dua candlestick yang tercipta berpotensi membawa arah ke tren penurunan.

3. Hammer Candlestick

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Pola hammer candlestick merupakan wujud candlestick yang memiliki bentuk seperti palu dengan ciri khasnya, yaitu mempunyai shadow hanya satu dan menjadi pertanda reversal.

Formasi hammer candlestick ini terdiri dari body kecil di saat pembukaan, tertinggi, terendah, dan penutupan sama, di mana shadow bawah yang panjang di bawah body yang semestinya lebih dari dua kali panjang body candlestick.

4. Marubozu Candlestick

Pola Marubozu Candlestick mempunyai bentuk body penuh tanpa shadow dengan dua jenis pola pergeseran, yaitu bullish dan bearish.

Bentuk pola ini memberi indikasi pasar yang sangat confident.

Keempat pola candlestick ini bisa menjadi patokan saat melakukan analisa dan prediksi harga di pasar yang akan sangat bermanfaat untuk para trader ketika melakukan aktivitas trading.

Jika kamu masih merasa memerlukan informasi dan ilmu yang lebih lengkap mengenai candlestick, buku berikut ini akan sangat cocok untuk menjadi bahan bacaan di saat waktu senggang.

Buku The Candlestick Course yang ditulis oleh Steve Nison bisa dibaca untuk pemula yang ingin dan baru memasuki dunia trading.

Buku ini berisi mengenai candlestick yang dibahas dengan lengkap, mulai dari menganalisis dan menginterpretasikan diagram candlestick, cara mencari peluang pasar, hingga dilengkapi dengan studi kasus yang akan semakin mempermudah pembaca untuk memahami setiap penjelasan yang ada.

Masing-masing bab dibahas dengan lengkap, spesifik, dan jelas, sehingga akan sangat praktis dan mudah untuk dimengerti, khususnya bagi trader pemula yang baru belajar mengenai candlestick.

Steve Nison bisa merubah dunia melalui bukunya ini dengan teknik analisa yang memperkenalkan cara diagram candlestick bekerja yang mampu memperlihatkan pergantian tren dan pola harga dengan sangat tepat dan akurat.

Candlestick chart ini juga sangat ampuh ketika diimplementasikan dalam pasar jangka pendek yang kerap berubah-ubah di era seperti saat ini dengan dasar-dasar yang kuat berkenaan dengan grafik candlestick.

Tidak sampai di situ, buku ini pun dapat menggabungkan seluruh aspek dalam grafik candlestick melalui uji visual yang bersifat interaktif, sehingga ilmu yang didapat terus berlaku hingga generasi selanjutnya yang tidak akan lekang oleh waktu.

Bagi kamu yang sudah tidak sabar untuk membaca dan memahami grafik candlestick, bisa langsung membeli buku ini di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com