Pelajari Jenis Grafik Trading Melalui Buku Belajar Candlestick

Kompas.com - 30/11/2021, 20:00 WIB
Sumber Gambar : Freepik
Rujukan artikel ini:
Japanese Candlestick Charting Techniques
Pengarang: Steve Nison
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di zaman yang serba tidak pasti seperti saat ini, mencari keamanan finansial mutlak dibutuhkan agar mampu sedikit menjamin kualitas hidup di masa depan.

Berbagai cara kini dapat dilakukan untuk menghasilkan pendapatan yang menjanjikan hanya melalui gawai semata.

Salah satu cara menghasilkan uang yang sedang naik daun dan digemari anak muda saat ini adalah trading saham yang bisa dilakukan secara fleksibel tanpa menuntut banyak waktu.

Namun, dalam dunia online trading terdapat dua jenis analisis yang sering digunakan, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Salah satu alat yang kerap dipakai dalam analisis teknikal adalah grafik saham untuk menilai pergerakan nilai harga saham.

Terdapat pula berbagai macam grafik yang dapat dipakai, seperti bar chart, line chart, dan candlestick chart.

Candlestick merupakan sebuah metode diagram kuno dari negara Jepang yang tingkat ketepatannya tak perlu dipertanyakan lagi.

Penjelasan Candlestick

Candlestick merupakan teknik dalam trading untuk membaca pergerakan harga pasar, baik untuk saham, valas, hingga komoditi.

Analisis candlestick akan sangat membantu investor dalam menentukan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham.

Analisis candlestick mengandalkan insting subjektif dari investor untuk mempelajari berbagai pola yang ada.

Dua Komponen Utama Candlestick

  • Tubuh Candle (Body)

Tubuh candle merupakan bagian yang menyuguhkan harga pembukaan (opening) dan harga penutupan (closing) yang memiliki bentuk persegi panjang berwarna merah dan hijau atau hitam dan putih, tergantung kondisinya.

  • Ekor Candle (Shadow/Wick)

Sedangkan ekor candle merupakan bagian yang memperlihatkan harga paling tinggi dan harga paling rendah yang diperlihatkan melalui garis lurus membentang di bagian atas dan bawah tubuh candlestick dengan warna yang sama layaknya bentuk lilin.

Pola Candlestick

  • Morning Star

Pola morning star menunjukkan pola perputaran dari tren yang sedang naik ke tren yang sedang turun, dengan tiga posisi candle, yaitu bearish trend, spinning top, dan bullish candle.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Evening Star

Evening star merupakan pola candlestick saham yang diawali dari candle putih tinggi yang memicu tren kenaikan harga paling tinggi dengan diikuti candle berwarna hitam yang memprediksi penurunan ke harga paling rendah.

  • Three Line Strike

Three Line Strike adalah perputaran arah yang diperlihatkan dengan tiga candle dalam tren menurun.

  • Shooting Star

Pola ini merupakan perputaran dari tren yang sedang naik menuju tren yang sedang turun dengan syarat panjang shadow harus dua kali lipat panjang body yang berada di posisi tren yang sedang naik.

  • Pin Bar

Pola pin bar mempunyai panjang ekor yang lebih panjang dibandingkan body serta ujung lawan.

Sebelum masuk dalam dunia trading saham, alangkah baiknya jika kamu belajar terlebih dahulu beberapa jenis grafik trading yang ada, salah satunya adalah candlestick.

Namun, jika penjelasan ini masih terasa kurang jelas dan mendalam, akan jauh lebih baik mempelajarinya melalui buku belajar candlestick.

Salah satu buku yang akan sangat cocok untuk kamu baca dan pelajari mengenai grafik candlestick adalah buku Japanese Candlestick Charting Techniques yang ditulis oleh Steve Nison.

Buku ini menjelaskan bagaimana begitu populernya diagram candlestick tapi belum banyak dilirik dan diketahui oleh dunia Barat, sehingga Steve Nison membawanya ke dunia Barat pada tahun 1989.

Japanese Candlestick Charting Techniques bisa menjadi landasan bagi seluruh sistem diagram candlestick, berkat buku ini kalian dapat menemukan diagram candlestick di internet dan di mana pun.

Buku ini menggambarkan kepopuleran dan keefektifan dari diagram candlestick yang terdiri dari pedoman, teknik, dan topik yang akan bermanfaat di segala segmen pasar serta tidak lekang oleh zaman.

Tidak heran jika buku ini pun telah diterjemahkan ke dalam enam bahasa dan dicetak sebanyak 13 kali karena memang isinya sangat akurat dan mengedukasi.

Bagaimana, sudah mulai tertarik untuk belajar grafik trading lewat buku belajar candlestick?

Kamu bisa memperoleh dan membeli buku ini di Gramedia.com dan masih ada banyak buku belajar candlestick lainnya yang bisa kamu temukan.


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.