Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leverage adalah Dana Pinjaman yang Dapat Menjadi Solusi untuk Meningkatkan Keuntungan Bisnis, Berikut Jenis-Jenisnya

Kompas.com - 21/01/2022, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Deals of Warren Buffet:…
Pengarang: Glen Arnold
|
Editor Almira Rahma Natasya

Sebelum memulai bisnis, kita harus membutuhkan modal terlebih dahulu yang bisa diperoleh dari berbagai sumber yang ada, dan salah satunya adalah dengan leverage yang bisa jadi pilihan utama untuk mendapatkan modal.

Tidak hanya bisa digunakan sebagai sumber dana bisnis, leverage pun dapat digunakan sebagai instrumen investasi oleh para investor yang membutuhkan dana untuk memulai aktivitas trading.

Leverage sendiri adalah salah satu istilah yang bisa kamu temukan dalam dunia bisnis dan investasi, di mana saat kamu memerlukan dana yang cukup besar untuk memulai, mengembangkan, maupun menyelamatkan bisnis yang kamu miliki, leverage adalah salah satu jalan keluar yang dapat ditempuh.

Leverage memberikan solusi yang pasti untuk mendapatkan pinjaman dana dari suatu lembaga keuangan yang akan membantu kamu memenuhi kebutuhan finansial untuk menjalankan bisnis ataupun investasi yang dipilih.

Boleh dikata, leverage adalah semacam utang usaha yang direncanakan sebagai aset yang ke depannya akan memberikan keuntungan atau benefit yang membuat leverage layak untuk dipilih.

Namun, jika ditilik secara lebih jauh dan mendalam, apa sebenarnya definisi dari leverage itu sendiri? Berikut penjelasan leverage dan jenis-jenisnya yang dapat kamu baca.

Apa Itu Leverage?

Leverage merupakan pinjaman dana atau utang yang dipakai oleh perusahaan maupun investor untuk memaksimalkan keuntungan yang diharapkan akan muncul.

Pinjaman dana tersebut biasanya digunakan untuk membiayai pembelian inventaris, peralatan, dan untuk keperluan bisnis lainnya agar mampu berkembang melalui suntikan dana yang telah dipinjam sebagai sebuah utang.

Pebisnis yang memiliki utang atau meminjam dana untuk keperluan bisnisnya, maka aktivitas tersebut dapat digolongkan ke dalam “menggunakan leverage “.

Meminjam modal untuk keperluan bisnis adalah hal yang wajar dan lumrah apalagi untuk urusan pengembangan bisnis, sehingga utang atau dana yang dipinjam bisa mendapatkan keuntungan bisnis atau yang lebih dikenal dengan ROI (Return of Investment) secara maksimal.

Sedangkan untuk para investor, leverage ini digunakan untuk memperbesar daya beli mereka di pasar saham, tapi terdapat pula perusahaan yang memakai leverage untuk memodali kebutuhan aset yang diperlukan.

Sehingga, secara umum perusahaan dapat memakai leverage bagi keperluan investasi dalam pengembangan bisnis agar modal perusahaan bisa meningkat.

Jenis-jenis Leverage

1. Operating Leverage

Operating leverage mampu memperlihatkan kemampuan sebuah perusahaan dalam memakai biaya operasi tetap secara lebih bermanfaat supaya dapat memperbesar pengaruh perubahan penjualan terhadap keuntungan operasi bisnis.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Maka operating leverage nantinya akan menunjukkan keterkaitan perubahan penjualan dan biaya pendapatan operasional tetap perusahaan tersebut.

2. Financial Leverage

Financial leverage merupakan sebuah dana yang dapat digunakan dan dimanfaatkan oleh manajemen finansial yang berasal dari luar perusahaan yang mempunyai beban tetap.

Modal ini bisa berupa ekuitas, surat utang, preferensi, dan lain sebagainya, di mana manajemen finansial mampu mengambil keputusan yang tepat dalam memanfaatkannya saat memilih sekuritas untuk mengelola dana tersebut.

3. Combined Leverage

Combined leverage merupakan dana pinjaman atau utang yang lebih mengarah pada tingkat laba yang tinggi sebab terdapat biaya tetap di dalamnya.

Dana atau modal yang tercakup di dalamnya merupakan biaya keuangan yang bersifat pasif serta biaya operasional tetap yang sifatnya stagnan.

Manfaat dan risiko yang diberikan oleh seluruh biaya ini adalah berjumlah lebih pasti, sehingga perusahaan yang kompetitif akan mengambil tingkat combined leverage yang nilainya jauh lebih tinggi.

Penjelasan dan jenis dari leverage ini bisa menjadi sumber ilmu dan wawasan untuk kamu yang akan mulai memasuki dunia bisnis.

Tapi untuk memantapkan ilmu bisnis yang kamu miliki, buku investasi saham berikut ini mungkin dapat menjadi sumber inspirasi.

Buku The Deals of Warren Buffet bisa menjadi sumber inspirasi yang tepat bagi kamu untuk tetap semangat dalam menjalankan bisnis dan investasi agar mampu menghasilkan laba dan pengalaman yang sebesar-besarnya.

Buku yang ditulis oleh Glen Arnold ini menyajikan cerita yang runut dan lengkap seputar rangkaian investasi yang dilakukan oleh Warren Buffet hingga mampu mendapatkan seratus juta dollar di masanya.

Penulis yang merupakan seorang pebisnis sekaligus investor, mampu mengemas penjelasan yang dibuat secara deskripsi, lugas, dan jelas, sehingga akan dengan mudah bisa mengilhami pembaca akan kisah Warren Buffet ini.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan semoga bisa terinspirasi oleh kisah Warren Buffet.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk membeli bukunya dengan lebih hemat. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com