Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 4 Contoh Investasi Properti Menguntungkan yang Bisa Menambah Kekayaan Finansial Kamu

Kompas.com - 11/01/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui…
Pengarang: Adi Putera Widjaja
|
Editor Ratih Widiastuty

Sudah menjadi rahasia umum bahwa investasi properti merupakan salah satu bentuk investasi yang paling menguntungkan dan memiliki risiko yang relatif rendah.

Hal ini disebabkan karena nilai properti yang cenderung meningkat setiap tahunnya dan tergolong anti inflasi.

Meskipun modal yang diperlukan untuk memulai investasi properti memang cukup besar, namun hal itu sebanding dengan keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Jika kamu berencana untuk memiliki investasi di bidang properti namun masih mengalami kebingungan, berikut adalah empat contoh investasi properti menguntungkan yang bisa kamu coba.

4 Contoh Investasi Properti

1. Bisnis Indekos

Kebutuhan akan hunian indekos atau kos-kosan tidak akan pernah surut yang membuat bisnis ini sangat menguntungkan.

Terutama jika kamu membangun indekos di lokasi yang dekat dengan kampus atau perkantoran, karena hunian ini akan banyak dicari oleh mahasiswa serta karyawan yang berasal dari luar kota.

Hanya dengan melakukan pemeliharaan terhadap satu bangunan saja kamu bisa memperoleh uang sewa bulanan yang cukup besar, bergantung dari banyaknya kamar yang kamu sediakan.

Kamu juga bisa memasang tarif untuk sewa bulanan dengan harga yang variatif, mulai dari yang murah hingga cukup mahal, bergantung dari target pasar yang kamu inginkan dan juga fasilitas hunian yang kamu tawarkan.

Kamu bisa membayar seseorang untuk mengelola indekos yang kamu bangun sehingga kamu bisa mendapatkan passive income tanpa perlu melakukan banyak hal.

2. Tanah

Memiliki tanah atau lahan merupakan salah satu contoh investasi properti yang menguntungkan dan cenderung mudah karena tidak membutuhkan biaya perawatan yang besar seperti jika kamu memiliki bangunan.

Hal ini menyebabkan investasi properti dalam bentuk kepemilikan tanah cocok bagi pemula yang baru memulai berinvestasi.

Kamu bisa menjual tanah yang kamu miliki tanpa perlu mengubahnya dan tetap memperoleh keuntungan karena harga tanah yang akan terus meningkat dari tahun ke tahun dikarenakan keterbatasan lahan.

Kamu juga bisa memaksimalkan potensi kenaikan nilai properti tanah ini dengan membeli tanah di lokasi yang strategis dan dekat dengan fasilitas umum.

3. Ruko atau Kios

Bisnis ruko atau kios juga merupakan salah satu contoh investasi properti yang tidak kalah menguntungkan karena memiliki pasar yang jelas, yaitu para pengusaha atau pemilik bisnis.

Harga sewa ruko juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa indekos, terutama jika kamu mendirikan ruko di lokasi yang strategis dan menguntungkan bagi para pemilik usaha.

Kamu juga bisa meningkatkan harga sewa dengan memberikan fasilitas yang akan memuaskan pengusaha yang menyewa unit ruko milik kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Villa

Saat ini, banyak orang mencari villa dengan harga yang cukup terjangkau untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Terutama jika kamu menawarkan villa yang berlokasi dekat dengan tempat pariwisata yang sering dikunjungi.

Villa dengan pemandangan alam yang bisa menyegarkan mata juga menjadi nilai tambah yang banyak dicari orang-orang untuk menghilangkan penat.

Sebagai sarana hiburan, harga sewa villa biasanya cukup tinggi dan membutuhkan modal yang relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan membangun sebuah hotel.

Nah, itulah beberapa contoh investasi properti menguntungkan yang bisa kamu coba.

Karena untuk memulai investasi properti membutuhkan modal yang tidak sedikit, ada baiknya jika kamu mendalami terlebih dahulu mengenai bentuk investasi yang satu ini dengan membaca buku investasi properti.

Buku 9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital yang ditulis oleh Adi Putera Widjaja ini bisa menjadi pilihan buku yang pas untuk kamu baca.

Menurut penulis, dengan jumlah penduduk Indonesia saat ini dan 15% di antaranya adalah kelompok usia 25 – 34 tahun, maka terdapat potensi 39,3 juta jiwa yang mencari hunian sebagai tempat tinggal.

Hal ini membuat investasi di bidang properti memiliki prospek yang gemilang dan sayang untuk dilewatkan.

Selain menguntungkan, menurut Adi investasi di bidang properti juga berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dengan besarnya potensi dalam investasi properti ini, tentunya membuat banyak orang tertarik dan ingin belajar lebih dalam mengenai bidang investasi yang satu ini.

Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan 9 rahasia yang bisa membantu kamu menjawab tantangan terkait investasi properti di era digital seperti saat ini.

Dengan tebal buku sebanyak 112 halaman, buku ini mengulas secara ringkas dan padat mengenai tips-tips untuk membangun kekayaan finansial melalui investasi properti yang bisa kamu terapkan.

Jika kamu tertarik untuk membaca bukunya, kamu bisa mendapatkan buku 9 Rahasia Membangun Kekayaan Melalui Properti di Zaman Digital ini dengan membelinya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com