Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Crypto? Berkenalan dengan Mata Uang Virtual yang Mulai Dilirik sebagai Instrumen Investasi

Kompas.com - 10/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Apakah Bitcoin Standar Uang Masa…
Pengarang: Oscar Darmawan Dan Sintha…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di zaman sekarang, di saat kebutuhan dan keperluan kehidupan semakin banyak dan kompleks, diperlukan sebuah jaminan finansial yang akan membuat masa depan aman dan sejahtera.

Berinvestasi adalah solusi yang dicari untuk menjamin kehidupan masa depan yang aman dan sejahtera karena mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang jumlahnya cukup besar dan bisa ditabung untuk kehidupan di hari tua.

Tidak heran, sekarang ini sudah semakin banyak pilihan instrumen investasi yang menawarkan keuntungan yang bisa dibilang sangat menjanjikan untuk dicoba dengan risikonya masing-masing.

Salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun dan dilirik oleh kaum milenial dan gen z adalah crypto. Kehadirannya mulai muncul dan terdengar di mana-mana.

Crypto atau yang lebih populer dengan nama cryptocurrency adalah bentuk dari sebuah mata uang virtual yang dapat menjadi sistem pembayaran digital yang tidak terkait dengan bank dalam melakukan verifikasi transaksi.

Apa Itu Crypto?

Crypto atau cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dijamin oleh cryptography, sehingga meskipun tidak memiliki bentuk secara fisik, tapi keberadaannya hampir mustahil untuk dipalsukan ataupun digandakan.

Perbedaan antara crypto dengan mata uang konvensional adalah sifatnya, di mana uang konvensional bersifat terpusat, sementara crypto bersifat desentralisasi.

Boleh dikata, transaksi yang berlangsung pada crypto tidak memerlukan pihak lain selaku perantara, tapi transaksi pembayaran dengan uang virtual ini berjalan secara peer-to-peer alias langsung dari pengirim ke penerima.

Ketika melakukan transaksi pembayaran melalui crypto, transaksi akan tercatat dalam sebuah database besar bernama blockchain yang memiliki sistem sangat rumit dan mampu melindunginya dari serangan hacker yang akan membajak.

Definisi Blockchain

Namun, apa definisi dari blockchain itu sendiri? Blockchain merupakan seluruh informasi yang ada dalam komputer yang terbagi menjadi beberapa blok (block) serta dihubungkan oleh rantai (chain).

Jaringan yang terdapat di dalamnya tidak memiliki wewenang pusat, sebab di dalamnya berisi catatan buku besar yang terbagi dan tidak berubah, serta semua informasi yang ada dapat dilihat oleh siapa saja karena bersifat terbuka.

Pada dasarnya, blockchain merupakan database dengan sistem desentralisasi layaknya buku kas virtual yang bisa diakses secara gampang tanpa membutuhkan persetujuan pihak ketiga, seperti bank.

Sistem blockchain tidak menggunakan pihak ketiga sebagai pusat otoritasnya, melainkan digerakkan oleh beberapa pihak yang terkoneksi langsung dengan jaringan tersebut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jenis Crypto

Jenis crypto berbasis blockchain pertama ialah bitcoin yang hingga saat ini masih sangat populer dan berharga sebagai salah satu instrumen investasi.

Bitcoin sendiri adalah jenis crypto atau mata uang virtual berbentuk saldo yang bisa disimpan di database publik yang bisa diakses oleh siapa pun secara terbuka dan transparan.

Walaupun tidak menjadi alat transaksi keuangan yang sah di sebagian besar negara, namun gaung bitcoin yang sudah sangat populer mampu memicu kemunculan ratusan mata uang crypto lainnya, seperti altcoin dan namecoin.

Crypto mampu memberikan kemudahan dalam transaksi dana secara langsung di antara dua belah pihak tanpa dibutuhkan pihak ketiga seperti bank atau perusahaan kartu kredit.

Akan tetapi, karena sifatnya yang semi-anonim, transaksi crypto kerap digunakan untuk kegiatan ilegal, seperti penggelapan pajak hingga pencucian uang.

Daripada kamu ragu dan bingung, buku investasi berikut ini bisa menjadi bahan pertimbangan yang tepat untuk kamu sebelum memutuskan untuk mencoba berinvestasi crypto.

Buku Apakah Bitcoin Standar Uang Masa Depan? yang ditulis oleh Oscar Darmawan dan Sintha Rosse Kamlet ini membahas tentang bitcoin yang mampu memberikan pencerahan untuk kamu.

Buku ini tidak hanya akan menerangkan soal bitcoin, tapi juga sejarah uang dari zaman dulu hingga sekarang yang sudah berbentuk digital atau virtual.

Jadi, kamu akan mendapatkan ilmu serta wawasan yang lengkap dan komplit mengenai uang dan peran bitcoin yang apakah benar mampu memberikan keuntungan di masa yang akan datang.

Buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada hadiah voucher diskon yang bisa kamu gunakan untuk membeli buku dengan harga yang lebih hemat! Yuk, ambil sekarang vouchernya dengan klik di sini.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!

Semoga buku Apakah Bitcoin Standar Uang Masa Depan? bisa membantu kamu dalam memahami bitcoin secara lebih jelas lagi.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com