Bingung Ingin Investasi Apa? Berikut Pengertian Obligasi dan Jenis-Jenisnya

Kompas.com - 28/12/2021, 16:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Invested
Pengarang: Danielle Town
|
Editor Almira Rahma Natasya

Di saat kondisi dan zaman yang serba tidak pasti seperti saat ini, melakukan investasi merupakan langkah yang tepat untuk menjamin kehidupan yang aman di masa depan.

Mengeluarkan modal atau dana untuk investasi mungkin terasa berat dan ragu di awal, tapi jika kamu sudah paham dan mengerti akan keuntungan serta risiko yang menyertainya, investasi adalah sebuah jawaban dari bebas finansial di masa depan.

Namun, sering kali kita merasa bingung untuk memilih instrumen investasi yang tepat karena ada banyak pilihan yang bisa dibilang mungkin masih terasa asing di telinga beberapa orang.

Maka dari itu, penting sekali bagi kamu untuk memahami dan mempelajari berbagai jenis instrumen investasi agar tidak salah mengambil keputusan saat akan melakukannya.

Salah satu instrumen investasi yang bisa kamu coba adalah obligasi yang menawarkan risiko lebih kecil jika mampu memilih jenis obligasi yang tepat dengan jangka waktu tertentu.

Pengertian Obligasi

Obligasi adalah salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih di pasar modal selain saham yang diperjualbelikan dan berbeda dengan saham. Obligasi sendiri merupakan pinjaman modal yang diberikan oleh investor yang disetorkan kepada perusahaan atau pemerintah.

Secara lebih spesifik, obligasi adalah surat utang jangka menengah maupun panjang yang bisa diperdagangkan, di mana obligasi berisi perjanjian yang bertujuan memperoleh modal dari pihak investor melalui cara pemberian bunga yang dibayarkan sesuai dengan perjanjian awal.

Perbedaan yang paling terasa dari saham dan obligasi adalah dari segi risiko. Obligasi mempunyai risiko yang jauh lebih minim jika dibandingkan dengan saham, apalagi jika obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Jenis-Jenis Obligasi

1. Obligasi Korporasi

Obligasi korporasi adalah obligasi yang dikeluarkan oleh perusahaan swasta Indonesia ataupun BUMN yang terbagi menjadi obligasi dengan kupon variabel, obligasi dengan prinsip syariah, dan obligasi dengan kupon tetap.

2. Obligasi Pemerintah

Obligasi pemerintah adalah obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN) sesuai dengan UU No.24/2002.

3. Obligasi Daerah

Obligasi daerah adalah surat utang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah dengan tujuan agar bisa membantu melakukan pembangunan di daerah tersebut yang menyangkut kepentingan fasilitas umum bagi masyarakat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Obligasi Syariah

Obligasi syariah adalah surat utang yang dikeluarkan yang bertujuan memberikan suatu imbal hasil berbentuk uang sewa dan nilainya dihitung berdasarkan dengan asas prinsip hukum syariah Islam.

5. Obligasi Konvensional

Obligasi konvensional merupakan surat utang yang dikeluarkan dari pihak tertentu dengan tujuan memperoleh sebuah pinjaman yang akan dipergunakan sebagai tambahan modal yang menghasilkan bunga untuk pihak investor dalam jangka waktu tertentu.

6. Obligasi Kupon

Obligasi kupon adalah surat utang yang dapat menghasilkan bunga maupun kupon secara berkala untuk para investornya.

Kupon yang diberikan memiliki isi sejumlah nominal tertentu menurut perjanjian dua belah pihak.

7. Obligasi Kupon Tetap

Obligasi kupon tetap adalah obligasi yang menyuguhkan tingkat suku bunga berdasarkan nilai yang tetap sampai hari jatuh tempo utang tiba.

8. Obligasi Kupon Mengambang

Jenis obligasi yang satu ini menawarkan kupon yang bisa berubah nilainya tergantung indeks pasar uang yang ada.

Jika kamu masih merasa ragu untuk memilih instrumen investasi apa yang cocok dan pas untuk dipilih, rekomendasi buku berikut ini dapat membantu kamu dalam melakukan investasi.

Buku Invested dapat menjadi rujukan yang pas untuk mempelajari ilmu investasi yang akan membawa kamu ke dalam kondisi bebas finansial di masa depan nanti.

Di buku ini, penulis menceritakan kisah yang menghibur dan mendidik di balik perjalanan dalam proses hidupnya yang mengubah menjadi bebas secara finansial, sehingga mampu memotivasi kamu untuk melakukan investasi.

Tidak hanya itu, buku ini pun menjabarkan rencana 12 bulan yang dikembangkan oleh penulis beserta ayahnya, yaitu pencipta metode “Rule #1 Investing”.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com sebagai sumber inspirasi dan ilmu yang akan membantu kamu dalam melakukan investasi dengan mudah serta aman.


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.