Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Investasi Rumah yang Menguntungkan, Simak Manfaatnya Berikut Ini!

Kompas.com - 03/12/2021, 10:50 WIB
Sumber Gambar : pexels.com
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui…
Pengarang: Iwan Kenrianto
|
Editor Novia Putri Anindhita

Memiliki rumah adalah impian semua orang karena selain bisa menjadi tempat berteduh, rumah juga dapat menjadi aset yang menjanjikan dan bernilai tinggi.

Harga properti yang naik setiap tahunnya seakan menjadi bukti nyata bagaimana rumah bisa menawarkan keuntungan yang berlipat ganda untuk investasi jangka panjang.

Selain bisa menjadi hunian pribadi, rumah sendiri dapat menjadi peluang usaha yang bisa menjanjikan keuntungan, mulai dari diperjualbelikan kembali atau disewakan dengan penghasilan yang menggiurkan.

Harga rumah yang semakin tinggi setiap tahunnya dan kebutuhan akan hunian yang dicari banyak orang, menjadi dua faktor yang tidak bisa dipungkiri membuat investasi rumah layak dilakukan.

Banyak sekali peluang usaha yang bisa ditawarkan dari investasi rumah, seperti kontrakan, kos, hingga disewakan melalui aplikasi atau pihak ketiga, sehingga banyak sekali kesempatan untuk meraih keuntungan dari investasi ini.

Masih ragu untuk berinvestasi rumah? Berikut manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari investasi rumah.

Manfaat Investasi Rumah

1. Harga Rumah yang Terus Merangkak Naik Setiap Tahunnya

Salah satu hal yang paling menguntungkan dari investasi rumah adalah harganya yang jarang atau bahkan tidak pernah turun sama sekali, sehingga setiap tahun harga rumah sudah dipastikan akan meroket tinggi.

Nilai rumah yang terus merangkak naik membuat investasi dalam ranah ini terasa menjanjikan untuk tabungan masa depan yang dipastikan akan membantu keadaan finansial di masa tua.

Membeli rumah pun sudah pasti sangat menguntungkan jika dijual kembali dalam beberapa puluh tahun ke depan, harga jualnya pun akan jauh lebih tinggi di saat kita membelinya dulu.


Baca juga: Pengertian Saham


2. Investasi Jangka Panjang untuk Masa Depan

Harga rumah yang susah untuk turun membuat prospeknya terlihat menggiurkan, karena setiap tahunnya harga rumah naik sebesar 10 hingga 15 %.

Harganya yang selalu naik tiap tahun ini membuat investasi rumah menjadi pilihan yang tepat untuk investasi jangka panjang, karena jika dijual kembali dalam kurun waktu 10 atau 20 tahun ke depan harganya akan sangat tinggi.

Jika kita mampu mengelola dan menunggu momen yang tepat untuk membeli dan menjual kembali dalam investasi rumah, bayangkan berapa keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bisa Menjadi Penghasilan Pasif

Selain bisa digunakan secara pribadi dan diperjualbelikan kembali, investasi rumah juga bisa dikelola menjadi sesuatu yang menghasilkan passive income.

Rumah bisa dijadikan usaha yang akan menghasilkan pendapatan, seperti disewakan atau dibuat menjadi kos-kosan.

Daripada hanya dibiarkan tidak berpenghuni dan takutnya malah menjadi terbengkalai, rumah yang kita beli akan jauh lebih bermanfaat jika bisa dikelola menjadi passive income.

4. Bisa Dijadikan sebagai Dana Darurat

Saat keadaan mendesak dan membutuhkan dana yang besar, salah satu cara paling efektif sebagai jalan keluar adalah dengan menjual aset yang kita punya, salah satunya adalah rumah.

Selain bisa dijual, rumah juga dapat dijadikan jaminan saat akan meminjam uang ke bank, sehingga di saat memerlukan biaya untuk sesuatu yang mendesak, kita tidak perlu repot atau was-was untuk segera mencarinya.

Investasi rumah bisa memberikan keamanan baik secara aset dan finansial di saat paling mendesak sekalipun, sehingga tidak ada salahnya jika mampu untuk memiliki banyak investasi rumah.

Salah satu hal yang paling menarik dari beberapa manfaat investasi rumah adalah passive income yang tanpa perlu menjualnya, kita bisa mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan atau tahun.

Kebetulan ada satu rekomendasi buku yang bisa membantu untuk menjalankan passive income terhadap aset rumah yang kita miliki.

Buku Rahasia Sukses Membangun Kekayaan Melalui Bisnis Properti “Kost” bisa menjadi buku panduan untuk mengelola aset rumah yang kita miliki menjadi sebuah kos-kosan yang akan menghasilkan pendapatan pasif.

Nama Iwan Kenrianto sebagai penulis buku ini sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya dalam hal ilmu properti, karena beliau memang sudah berkecimpung lama dalam dunia ini.

Tidak hanya berisikan teori, buku ini juga menyertakan gambar ilustrasi beserta studi kasus yang akan semakin mempermudah pembaca untuk memahami setiap aspek dalam membangun bisnis kost.

Materi yang disajikan di sini juga terbilang aplikatif, sehingga bisa dengan mudah dipraktikkan langsung oleh pembaca yang ingin memulai bisnis properti kost.

Semakin tertarik untuk segera investasi rumah? Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com atau bisa di akses juga di Gramedia Digital jika ingin membaca secara digital. Segera baca sekarang!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com