Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menjadi Penulis Novel yang Sukses Memikat Pembaca

Kompas.com - 18/01/2022, 13:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Save The Cat! Writes A…
Pengarang: Jessica brody
|
Editor Almira Rahma Natasya

Perkembangan dunia digital kini semakin memudahkan siapa pun untuk mengembangkan potensi dan bakat yang ada di dalam diri, karena banyak platform yang dapat menampung dan menyebarluaskannya.

Menulis menjadi salah satu hal yang dimudahkan oleh perkembangan dunia teknologi dan informasi, karena sekarang untuk menjadi seorang penulis sudah tidak perlu lagi media konvensional untuk mengembangkannya.

Kehadiran wadah-wadah seperti Wattpad, Storial, dan Gramedia Writing Project memudahkan setiap orang untuk menulis dan mempublikasikan karya mereka secara mudah dan praktis.

Selain itu, kesempatan untuk menerbitkan karya yang telah ditulis pun semakin besar, sebab kini selera pasar akan sebuah bahan bacaan sudah mudah untuk diprediksi dan ditebak.

Akan tetapi, untuk menghasilkan sebuah cerita fiksi yang menarik dan sesuai pasar pembaca, diperlukan cara menulis yang autentik dan tidak hanya mengikuti selera pasar, tapi juga harus ada kekuatan yang mampu membuat pembaca mengenang novel tersebut.

Bagaimana cara menjadi penulis novel yang mampu memikat pembaca? Simak 6 tips berikut ini yang bisa kamu praktikkan sebelum menulis sebuah cerita fiksi.

6 Cara Menjadi Penulis Novel

1. Perbanyak Bahan Bacaan dengan Berbagai Genre Buku

Jika ingin mempunyai kemampuan dan kualitas menulis yang baik, diperlukan kegiatan membaca yang tidak sedikit dengan berbagai genre buku yang akan memperluas wawasan dan ide untuk bahan cerita fiksi yang akan ditulis menjadi sebuah novel.

Kegiatan membaca buku ini pun sangat penting untuk menambah kosakata bagi penulis agar mampu memberikan struktur kalimat yang kuat dan unik, sehingga perbendaharaan kosakata yang kamu miliki akan sangat kaya dan memudahkan saat memulai proses menulis.

2. Jangan Malas untuk Terus Berlatih Menulis

Setelah memiliki cukup banyak ilmu dan kosakata dalam buku yang telah kamu baca, hal selanjutnya adalah lakukan latihan menulis sekecil apa pun itu, karena akan sangat membantu dalam proses pengerjaan membuat sebuah naskah cerita fiksi.

Mulailah dengan hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti menulis buku harian, daftar rencana, hingga membuat resensi sebuah buku agar skill menulis kamu dapat terus terasah dengan baik, sehingga meningkatkan kualitas dan isi untuk tulisan kamu ke depannya.

3. Cari Ide atau Referensi dari Media Lain Selain Buku

Untuk mendapatkan sebuah ide cerita untuk novel yang kamu tulis tidak melulu harus dari membaca buku, kamu dapat mencari ide dari sumber-sumber lainnya, seperti film, tradisi, atau bahkan lingkungan kamu sendiri.

Terbukalah dengan berbagai hal baru dan terima tanpa harus menghakimi, karena dengan pola pikir yang terbuka justru biasanya kamu akan dengan mudahnya mendapatkan ide yang baru dan segar.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Temukan Mentor yang Tepat untuk Membimbing Kamu

Cari mentor atau guru yang tepat dan kompeten untuk mengajari atau membimbing kamu menentukan arah dan ciri khas dari tulisan yang kamu buat agar mampu memiliki nyawa dan kekuatannya sendiri.

Belajarlah pada orang-orang yang sudah ahli dalam bidang menulis, seperti penulis ataupun editor untuk bisa mempelajari kesalahan-kesalahan apa yang harus dihindari selama proses menulis.

5. Tentukan Wadah atau Platform yang Ingin Digunakan sebagai Media Tulisan Kamu

Saat kamu sudah merasa siap dan telah memiliki ide untuk menulis sebuah cerita fiksi, pilih platform yang terasa cocok untuk jenis tulisan kamu tersebut sesuai dengan permintaan pasar pembaca.

Beberapa platform daring untuk menulis bisa dipilih sebagai media untuk menyebarkan hasil tulisan atau kamu juga bisa mencoba untuk mengirimkan naskah cerita fiksi ke beberapa penerbit untuk diterbitkan secara fisik.

6. Mau Terus Mencoba, Bekerja Keras, dan Pantang Menyerah

Tips terakhir mungkin akan terasa klise, tapi ini justru kunci dari semua cara yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu jangan takut untuk mencoba, bekerja keras, dan pantang menyerah.

Kerja keras dan kepercayaan diri mutlak dibutuhkan untuk menciptakan sebuah tulisan yang berkarakter dan menarik bagi pembaca, tidak lupa saat tulisan kamu masih belum mencapai target yang diinginkan, jangan merasa putus asa dan terus perjuangkan hingga tercapai.

Keenam cara menjadi penulis novel ini bisa kamu kombinasikan dengan ilmu yang terdapat dalam satu judul rekomendasi buku berikut ini.

Buku Save The Cat! Writes a Novel bisa membantu penulis pemula untuk menentukan kerangka cerita yang akan dibuat sehingga tidak kehilangan ide selama proses penulisannya.

Kamu akan diajarkan cara menulis struktur cerita yang solid dengan memakai template 15 beat atau titik plot, metode yang pertama kali dibuat untuk menulis skenario film.

Buku ini juga mengupas beberapa novel populer dunia untuk mengetes metode tersebut agar dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca.

Jika kamu ingin memiliki buku ini, kamu bisa membelinya melalui online di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli sekarang bukunya dengan harga yang lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com