Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Usaha Keripik Rumahan Bercita Rasa Nusantara

Kompas.com - 06/01/2022, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Business Model Navigator (Edisi 2021)
Pengarang: Oliver Gassmann, Karolin Frankenberger,…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Saat sedang bersantai di rumah bersama teman ataupun keluarga, biasanya membutuhkan asupan makanan ringan yang akan semakin memeriahkan suasana.

Berbagai jenis minuman dan makanan ringan wajib hadir di tengah sukacita dan keakraban bersama orang-orang terkasih agar bisa terasa lebih hangat.

Biasanya beberapa camilan atau makanan ringan, seperti kue kering, popcorn, kacang, dan keripik selalu menjadi pilihan yang dihadirkan dalam momen-momen seperti ini.

Di antara beberapa pilihan makanan ringan tadi, keripik sepertinya menjadi makanan ringan yang paling disukai banyak orang dan bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menjanjikan.

Selain mempunyai rasa yang lezat dan tekstur yang renyah, keripik juga memiliki varian yang beragam sehingga bisa menjadi opsi yang tepat sebagai camilan untuk mengisi waktu luang dan santai.

Namun, di antara begitu banyaknya rasa dan varian yang ditawarkan oleh keripik, ternyata terdapat pula beragam jenis keripik dengan cita rasa Nusantara yang pastinya akan sangat cocok dengan lidah kita orang Indonesia.

Berikut lima jenis keripik bercita rasa Nusantara yang bisa menjadi pilihan sebagai usaha rumahan yang menghasilkan penghasilan cukup menjanjikan.

5 Jenis Keripik Bercita Rasa Nusantara

1. Keripik Pisang

Sebagian besar masyarakat Indonesia memang sudah tidak merasa asing lagi dengan keripik yang satu ini, karena memang buah pisang mudah untuk didapatkan dan menjadi buah yang sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Maka, saat buah berasa manis ini diolah menjadi keripik, tidak usah diragukan lagi dengan cita rasanya yang gurih dan manis.

Perpaduan rasanya yang manis gurih mampu membuat penikmatnya tidak dapat berhenti untuk memakannya, karena memang bentuk keripiknya yang tipis dan memanjang memudahkan saat melahapnya.

Apalagi sekarang ini pilihan rasa dari keripik pisang telah amat beragam, mulai dari cokelat, keju, susu, dan asin bisa menjadi opsi yang dipilih oleh konsumen.

Teksturnya yang renyah dan harganya yang ekonomis pun menjadi daya tarik lain mengapa usaha keripik pisang dapat menjadi usaha rumahan yang pas untuk dicoba.

2. Keripik Singkong

Keripik singkong juga menjadi varian keripik lainnya yang banyak disukai oleh orang Indonesia karena memang mempunyai cita rasa yang sudah tidak asing lagi di lidah penikmatnya.

Rasa asin dan gurih yang dihadirkan oleh keripik singkong mampu menciptakan candu yang dapat membuat pembeli untuk terus memakannya di saat santai.

Tidak hanya itu, keripik singkong juga memiliki varian rasa balado yang memberikan aroma dan rasa pedas yang khas di mulut saat memakannya.

Tekstur bumbu balado yang sedikit basah dan kental juga memengaruhi tekstur keripik singkongnya menjadi lebih empuk dan chewy saat dikunyah.

Bahan baku yang ekonomis, mudah didapatkan, dan banyak orang yang suka, sudah menjadi alasan yang kuat untuk mencoba membuka peluang usaha keripik singkong secara rumahan.

3. Keripik Tempe

Selain dapat dimasak menjadi lauk untuk menu makanan, tempe yang kaya protein juga bisa diolah menjadi keripik sebagai camilan yang cocok untuk dikonsumsi ketika membutuhkan asupan makanan ringan yang lezat dan mengenyangkan.

Rasa dari tempe yang memang telah akrab di lidah orang Indonesia, membuat keripik tempe tidak dapat ditolak keberadaannya sebagai salah satu makanan ringan yang menggoda untuk dipilih.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Rasa gurih dengan aroma yang khas dari tempe membuat keripik yang satu ini dicari oleh banyak orang karena memang menjadi salah satu jenis keripik yang bisa memanjakan lidah.

Teksturnya yang renyah alias crunchy dapat memberikan sensasi tersendiri saat dikunyah dan varian rasa pedas yang dihadirkan juga bisa menjadi opsi bagi pembeli agar tidak jenuh saat mengonsumsinya.

Hampir semua orang suka akan sumber protein yang satu ini, sehingga tidak ada alasan lagi untuk menolak mencoba membuka usaha rumahan keripik tempe yang memang banyak disukai.

4. Keripik Paru

Paru adalah makanan yang sangat lezat dan penuh dengan cita rasa yang kaya saat diolah menjadi berbagai jenis masakan.

Namun, bukan hanya bisa diolah menjadi masakan, paru pun ternyata dapat dibuat menjadi keripik yang tidak hanya renyah, tapi juga memanjakan lidah melalui rasanya yang nikmat.

Selain bisa dijadikan camilan untuk bersantai, keripik paru pun bisa dijadikan lauk untuk makan dengan nasi putih karena memang cita rasanya yang teramat gurih saat disantap.

Meskipun harganya tidak seekonomis ketiga keripik lainnya, tapi penggemar keripik paru bisa dikatakan tidak sedikit juga karena sekali lagi, rasanya yang gurih dan asin menciptakan kelezatan yang tiada dua bagi penikmatnya.

Maka, tidak ada salahnya jika usaha keripik paru bisa menjadi pilihan yang pasti sebagai penghasil pundi-pundi uang yang dapat dijalankan secara rumahan.

5. Keripik Oncom

Bagi yang belum tahu, oncom merupakan bahan makanan yang berasal dari Bandung dan dapat diolah menjadi berbagai penganan, seperti nasi tutug oncom, comro, hingga isian lontong.

Tidak hanya itu, sama seperti tempe, oncom pun bisa diolah menjadi keripik yang pastinya memiliki aroma yang khas dan kuat saat dikonsumsi.

Apalagi keripik oncom sudah menjadi oleh-oleh autentik khas Bandung yang pastinya akan membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Walaupun terkesan sulit untuk mendapatkan bahan baku oncom selain di Bandung, tapi jika kamu dapat menemukan supplier oncom yang tepat, rintangan ini bisa dihadapi.

Usaha keripik oncom akan terasa unik dan berbeda karena bahan bakunya sendiri memang berasal dari Bandung, sehingga memiliki rasa dan aroma yang autentik.

Sebelum kamu menentukan mau membuka usaha keripik rumahan yang mana, alangkah baiknya kamu membaca buku berikut ini agar tidak salah langkah saat memulainya.

Buku Business Model Navigator akan menerangkan tentang konsep perencanaan model bisnis dan mempersiapkan kamu untuk memikirkan model bisnis yang tepat dan sesuai.

Dijabarkan pula 55 model bisnis yang dapat menjadi alat bantu yang tepat, untuk mencari ide dan inovasi baru dalam membangun pondasi model bisnis yang akan kamu jalankan.

Maka dari itu, buku ini dapat menjadi penuntun dalam menjalankan bisnis sebelum kamu memulainya dengan ilmu dan wawasan yang mudah untuk dijalankan serta dipraktikkan.

Buku ini bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com. Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, dapatkan bukunya dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Selamat membuka bisnis keripik rumahan!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com