Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bisnis Rumahan Modal Kecil, Langkah Mudah Cari Cuan

Kompas.com - 27/12/2021, 20:00 WIB
Sumber Gambar : Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Ide Bisnis Modal Tipis 500…
Pengarang: Evita P Purnamasari
|
Editor Novia Putri Anindhita

Tuntutan kebutuhan sehari-hari yang terus mendesak dan meningkat membuat kita harus pintar dalam mencari penghasilan tambahan agar sebisa mungkin tidak terjerat godaan utang piutang.

Salah satu solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan membuka bisnis rumahan yang biasanya tidak memerlukan modal yang terlalu besar dan mudah untuk segera direalisasikan.

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa ragu dan takut untuk memulai bisnis rumahan karena masih merasa bingung dengan ide bisnis yang akan dijalankan.

Padahal banyak sekali ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu coba sebagai solusi yang pasti dalam menghasilkan cuan dengan cara yang mudah dan murah.

Daripada bingung, berikut lima ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa membantu kamu menambah penghasilan tanpa perlu mengeluarkan uang yang besar.

5 Bisnis Rumahan Modal Kecil

1. Jasa Menjahit

Jika kamu memiliki keahlian atau skill dalam menjahit, ini bisa kamu manfaatkan untuk membuka usaha menjahit karena selain menguasainya, kamu pun tidak perlu keluar rumah untuk melakukannya.

Beli perlengkapan menjahit, seperti mesin jahit, benang, gunting, jarum, dan lain sebagainya untuk modal menjadi seorang tukang jahit, karena kelengkapan dari peralatan jahit itu sendiri tidak boleh dihiraukan.

Selanjutnya, gunakan media promosi dari mulut ke mulut lewat teman, tetangga atau keluarga untuk menyebarkan informasi usaha jasa menjahit yang kamu lakukan sehingga bisa segera mendapatkan pelanggan.

2. Menjual Kuota Internet dan Pulsa Elektrik

Kuota internet dan pulsa sudah menjadi dua hal yang tidak bisa dihilangkan dari kehidupan masyarakat saat ini, sehingga dapat kamu manfaatkan sebagai peluang usaha.

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini juga tergolong kecil dan gampang dilakukan, karena kini sudah banyak distributor kuota internet dan pulsa elektrik yang akan mendaftarkan kamu menjadi salah satu agennya.

Berikutnya, kamu hanya tinggal bermodalkan telepon genggam dan berpromosi melalui media sosial atau bisa lewat orang-orang terdekat agar usaha kuota internet dan pulsa elektrik yang kamu jalankan bisa memperoleh konsumen.

3. Agen Jasa Pembayaran Elektronik

Sama halnya seperti berjualan kuota internet dan pulsa elektrik, agen jasa pembayaran elektronik pun bisa menjadi pilihan lainnya untuk memulai bisnis rumahan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu dapat membuka jasa menjadi perantara pembayaran elektronik dari berbagai transaksi seperti pengisian saldo uang digital dan membayar tagihan listrik, air, hingga televisi kabel.

Semua transaksi digital tersebut bisa kamu kelola dan lakukan hanya dengan menggunakan telepon genggam, sehingga tidak diperlukan biaya atau modal usaha yang besar.

4. Menjual Minuman Boba Kekinian

Topping yang terbuat dari tepung kanji ini ternyata sekarang teramat sangat digemari oleh banyak orang karena mampu memberikan tekstur yang kenyal serta rasa manis yang menambah kesegaran minuman.

Kamu dapat membuat sendiri boba dengan bahan baku yang murah dan mudah ditemukan, sehingga bisa menjadi kesempatan bisnis yang terbilang menjanjikan.

Selain membuat boba yang enak, jangan lupa juga untuk menemukan resep minuman yang pas sebagai menu utama yang akan semakin menonjolkan cita rasa dari boba yang kamu jual.

5. Jasa Pangkas Rambut

Saat pandemi seperti ini, rasanya banyak orang yang merasa waswas untuk pergi ke salon atau baber shop untuk memangkas rambut mereka.

Peluang ini dapat kamu ambil sebagai ide bisnis dengan membuka usaha jasa pangkas rambut di rumah, sehingga banyak tetangga sekitar yang bisa kamu jadikan pelanggan tetap.

Selain kemampuan dalam memotong rambut, modal yang kamu butuhkan hanya gunting, alat cukur, sisir, dan cermin yang sepertinya tidak akan terlalu menguras kantong saat akan memulainya.

Masih banyak ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu coba dan temukan melalui rekomendasi buku berikut ini yang dapat kamu jadikan referensi sebagai peluang usaha.

Ide Bisnis Modal Tipis 500 Ribuan adalah buku bisnis yang dapat membantu kamu dalam merintis usaha rumahan, tapi tidak memiliki modal yang besar.

Berisikan 60 ide bisnis dengan modal yang tipis yang menguntungkan dengan penjelasan tentang strategi bisnis, solusi untuk setiap hambatan bagi pengusaha pemula, dan tips berwirausaha yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Bahasanya yang ringan dan mudah dimengerti akan memudahkan kamu dalam menyerap setiap penjelasan yang dipaparkan dalam buku ini untuk segera membuka bisnis rumahan dengan modal kecil.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com dan selamat belajar serta berbisnis.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com