Memulai Usaha Tak Perlu Modal Besar, Ketahui Ide Bisnis Digital Berikut Ini!

Kompas.com - 16/12/2021, 19:25 WIB
Sumber Foto : Pixabay
Rujukan artikel ini:
Bisnis Di Era Digital :…
Pengarang: IRSYAD KAMAL / KURNIA…
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pandemi Covid-19 sudah nyaris melumpuhkan segala sektor usaha di Indonesia.

Banyak usaha yang gulung tikar karena tak kuat dihantam pandemi dan banyak mengalami kerugian.

Baik karyawan atau pengusaha harus memutar otak untuk memulai bisnis yang bisa bertahan di tengah pandemi.

Tak mengherankan jika banyak orang mulai melirik bisnis digital, karena bisnis ini memungkinkan dijalankan di rumah saja dengan bermodalkan internet saja

Banyak bisnis digital yang telah menunjukkan pertumbuhan dengan cepat, terlebih karena lockdown yang mendorong pengguna Internet di seluruh dunia untuk mencari sumber pendapatan baru secara online.

Ada banyak ide bisnis digital baru yang menguntungkan dan terus berkembang dari hari ke hari.

Berikut adalah beberapa ide bisnis digital yang menguntungkan untuk Anda coba dan jalankan secara berkelanjutan.

5 Ide Bisnis Digital

1. Jasa SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization telah menjadi bidang bisnis digital yang cukup kompleks karena ini bukan sesuatu yang bisa dilakukan siapa pun dan permintaan yang terus meningkat.

Ada tuntutan keahlian tertentu untuk memperoleh keterampilan yang dibutuhkan.

Meskipun menjadi seseorang yang membuka layanan SEO adalah bisnis digital tersendiri, Anda mungkin ingin memperluas atau fokus pada jenis SEO tertentu seperti SEO teknis dan SEO untuk kepenulisan. Baca selengkapnya seputar SEO, SEM, dan SMM disini!

Jika Anda pandai mengoptimalkan situs untuk memiliki peringkat mesin pencari yang baik, dengan aplikasi SEO seperti SEMrush, aHref, dan sebagainya akan mempermudah pekerjaan dalam bidang ini.

Aplikasi tersebut semacam alat yang membantu Anda mengidentifikasi konten yang potensial, konfigurasi situs web, dan membuat beberapa teknik optimasi.

2. Social Media Marketing

Media sosial telah berkembang melampaui sebuah wadah bersosial perseorangan namun telah meliputi bisnis dan politik.

Membuat dan menjalankan kampanye media sosial sangat menantang, karena seseorang perlu mencari spesialis media sosial untuk membantu mencari pelanggan baru dan memperluas bisnis.

Sebagai Social Media Manager, Anda membantu perusahaan mengembangkan dan menerapkan strategi konten di berbagai platform media sosial untuk meningkatkan brand awareness secara online dan meningkatkan upaya pemasaran serta penjualan mereka.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bisnis Blog

Blogging menjadi salah satu saluran pembuatan distribusi konten terbesar dan paling umum dipakai.

Sebagai seorang blogger, Anda akan membuat dan memasarkan konten untuk membangun target pasar dari produk atau konten yang Anda tawarkan.

Setelah target pasar atau audiens Anda berkembang, konten yang Anda hasilkan dapat mendatangkan keuntungan dengan beberapa cara.

Di sisi lain, Anda tidak memerlukan keahlian khusus untuk menjadi blogger yang sukses. Namun, portofolio blogging tentang apa yang sudah Anda lakukan bisa menjadi langkah menuju kesuksesan dalam menjadi blogger handal dan terkenal.

Strategi blogging yang sukses dimulai dengan topik konten yang menarik, relevan, dan terpercaya, kemudian mengidentifikasi media pemasaran dan akhirnya memonetisasi konten.

4. Bisnis Proofreading

Bidang ini termasuk keterampilan yang cukup menguntungkan yang dapat Anda pelajari di rumah.

Pada sebagian besar platform karir, Anda akan menemukan banyak lowongan pekerjaan proofreading yang biasanya sebagai pekerja lepas atau freelance.

Proofreader sangat dibutuhkan di dunia pemasaran konten saat ini karena ketika Anda menulis, Anda dapat secara tidak sengaja membuat kesalahan kecil yang tidak Anda sadari meskipun Anda membacanya kembali.

Keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang proofreader adalah harus menemukan kesalahan dalam kalimat serta mengeditnya dengan cepat dan juga tepat.

Sebagai korektor yang sukses, Anda harus menunjukkan keterampilan mengedit artikel yang baik serta Anda juga harus teliti dan punya perhatian tinggi pada detail.

5. Bisnis Pengisi Suara (Voice Over)

Apakah Anda memiliki suara yang bagus? Nah, Anda mungkin bisa mengubah potensi tersebut menjadi sumber penghasilan.

Sebagai aktor pengisi suara, Anda menggunakan suara Anda untuk memasarkan produk, menghibur, menceritakan sebuah cerita, meniru karakter, dan lain-lain sesuai dengan permintaan.

Agar Anda dapat menemukan ide bisnis digital yang cocok, buku Bisnis di Era Digital: Why Not? karya Irsyad Kamal dan Kurnia Khafidatur dapat menjadi bacaan yang memberikan solusi.

Buku ini menjelaskan bahwa teknologi tidak hanya digunakan untuk aliran arus informasi dan data, tetapi menggerakkan perdagangan barang, jasa, keuangan, dan manusia.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana strategi kita dalam melakukan bisnis di era digital, cara menggali ide untuk usaha di era digital, dan bagaimana cara menyusun rancangan dan membangun tim untuk bisnis digital.

Pemaparannya sangat mudah dipahami, jadi, segera dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com!


Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.