Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Cara Tepat dan Cepat Kaya ala Brian Tracy 

Kompas.com - 24/07/2024, 09:00 WIB
Buku Get Rich Now  Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer Buku Get Rich Now 
Rujukan artikel ini:
Get Rich Now
Pengarang: Brian Tracy
|
Editor Ratih Widiastuty

Ada banyak buku dan artikel yang membahas tentang uang, entah itu mengenai bagaimana cara memperolehnya, bagaimana cara membelanjakannya, bagaimana cara menyimpannya dengan baik dan benar, dan segudang topik lain yang berhubungan dengan dampak keberadaan uang.

Namun, tak jarang banyak disinformasi yang beredar mengenai uang sehingga orang-orang mengandalkan peruntungan untuk memperoleh kekayaan secara cepat namun ternyata tidak tepat.

Brian Tracy melalui bukunya yang berjudul Get Rich Now menunjukkan dan mengajak para pembaca untuk dapat menghasilkan uang dengan lebih cepat, mudah, dan tepat.

Melalui buku Get Rich Now, kita akan mempelajari gagasan Brian Tracy dan menerapkan gagasannya dalam bisnis dan kehidupan! Penasaran gagasan apa saja yang diterapkan oleh Brian Tracy? Yuk, baca penjelasannya berikut ini.

Cara Tepat dan Cepat Kaya ala Brian Tracy

1. Mengelola Pengeluaran dan Utang

Sering kali ketika mendapatkan uang kita akan menghamburkannya untuk membeli barang-barang yang kita inginkan, entah barang itu benar-benar kita butuhkan atau sekadar memenuhi hasrat semata saja.

Beberapa dari kita pasti memiliki prinsip “lebih baik membeli daripada menyesal, toh uang dapat dicari lagi”.

Brian Tracy mengatakan orang-orang yang berpikiran seperti itu harus mengubah prinsip tersebut bila ingin cepat kaya.

Alih-alih berpikiran ingin membahagiakan diri dengan menghamburkan uang untuk memenuhi hasrat semata, lebih baik menerapkan prinsip membahagiakan diri dengan cara menabungkan uang yang didapat.

Dengan menerapkan gagasan ini, tidak hanya diri kita di masa sekarang yang akan bahagia, diri kita di masa yang akan mendatang juga akan bahagia karena kita telah menyisihkan sebagian besar uang untuk ditabung.

Nah selain menabung, lalu bagaimana dengan cara pengelolaan utang yang baik menurut Brian Tracy? Brian Tracy memberikan tiga tips pendekatan untuk melunasi utang, yaitu:

  1. Konsolidasi utang, yaitu menggabungkan beberapa utang yang berbeda menjadi satu pinjaman sehingga pelunasannya hanya melalui satu pinjaman tersebut.
  2. Lunasi utang paling kecil terlebih dahulu. Cara ini bisa menumbuhkan kesadaran untuk membiasakan diri melunasi utang.
  3. Lunasi utang paling tinggi.

2. Memperoleh Pendapatan

Setelah mampu mengelola pengeluaran dan utang yang benar dan efektif, Brian Tracy memberikan tip yaitu menghasilkan arus kas yang kuat, baik itu untuk berinvestasi atau untuk memulai gaya hidup yang kita inginkan.

Satu cara untuk mencapai hal ini ala Brian Tracy adalah menjadikan diri kita menjadi sangat hebat dalam satu bidang yang kita tekuni.

Di bidang pekerjaan apa pun kita harus menjadi sangat hebat sehingga nilai dan jasa yang kita berikan bisa dibayar tinggi oleh perusahaan ataupun konsumen.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Menghasilkan dan Melipatgandakan Kekayaan

Brian Tracy menjelaskan bahwa kita harus bisa membedakan antara pola pikir kompetitif, yang membuat kita harus bersaing dengan orang lain untuk mencapai kesuksesan, dan pola pikir kreatif yang membuat kita menambahkan nilai serta menciptakan kategori baru.

Meskipun kedua pola pikir tersebut sama pentingnya, tetapi pola pikir kreatif lebih banyak mendatangkan uang dan lebih aman.

Brian Tracy mengajak kita untuk membayangkan apabila kita mempunyai sebuah perusahaan, produk atau jasa apa yang akan kita berikan pada konsumen? Bagaimana kualitasnya? Bagaimana caranya agar konsumen terus menggunakan produk dan jasa perusahaan kita? Inovasi terbaru apa yang akan perusahaan berikan untuk konsumen? Di sinilah letak pola pikir kreatif digunakan.

Contoh nyata mengenai pola pikir kreatif ini adalah perusahaan Apple.

Steve Jobs Steve Jobs menggunakan pola pikir kreatifnya untuk menciptakan produk-produk Apple, hingga konsumen pun terus-menerus menggunakan produknya.

Dari pola pikir kreatif tersebut, Steve Jobs pun menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

4. Melindungi Kekayaan

Cara melindungi kekayaan adalah dengan membeli asuransi berjangka.

Brian Tracy menjelaskan daripada berinvestasi di asuransi seumur hidup, sebaiknya kita membeli asuransi berjangka, lalu menginvestasikan sisa uang kita.

Selain itu, membuat surat wasiat juga sangat penting, lho.

Pembuatan surat wasiat ini bisa melindungi kita dan keluarga kita di kemudian hari, semakin cepat surat itu dibuat semakin baik.

Tindakan ini untuk memastikan semua harta yang telah kita kumpulkan dibagikan sesuai keinginan kita, tanpa terjadi adu argumen dan ketidakpuasan di antara keluarga.

Nah, itulah empat tip mengenai cara tepat dan cepat kaya ala Brian Tracy.

Yuk, mari kita mulai membiasakan diri menerapkan gagasan Brian Tracy mengenai pengelolaan uang dari yang paling bisa kita lakukan agar masa depan kita terjamin.

Dapatkan buku Get Rich Now segera di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau