Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Metode Penelitian yang Sering Digunakan Mahasiswa Saat Skripsian

Kompas.com - 03/07/2023, 14:30 WIB
jenis metode penelitian Sumber: pixabay/StartupStockPhotos jenis metode penelitian
Rujukan artikel ini:
Metode Penelitian: Dengan Pendekatan Kualitatif…
Pengarang: ANDRA TERSIANA, S.TP, M.SC
|
Editor Rahmad

Metode penelitian mungkin sudah akrab di telinga Sebagian orang.

Terlebih lagi, bagi para pelajar, mahasiswa, dan juga para peneliti yang sering menggunakan beberapa metode untuk bisa menyelesaikan tugas mereka.

Meski begitu, apakah kamu tahu tentang metode penelitian itu sendiri?

Metode penelitian merupakan sebuah langkah yang dimiliki dan juga dilakukan oleh peneliti dalam rangka untuk bisa mengumpulkan berbagai informasi atau data dan juga melakukan investigasi pada data yang sudah peneliti dapatkan.

Bisa dikatakan bahwa metode penelitian berarti suatu Langkah atau cara yang biasa dipakai untuk melakukan sebuah penelitian, yang mempunyai tujuan dan kegunaan.

Nah, metode penelitian sendiri memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

Namun,ada jenis metode penelitian yang paling sering digunakan oleh kebanyakan mahasiswa atau peneliti dalam melakukan penelitian.

Apa saja metode penelitian yang sering dipakai? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Metode Penelitian yang Sering Digunakan dalam Penelitian

1. Metode Penelitian Kualitatif

Sebuah penelitian kualitatif, biasanya berfungsi untuk memberikan suatu penjelasan tentang suatu fenomena dan nantinya akan mengkonstruksi suatu teori yang ada kaitannya dengan fenomena yang dibahas. Metode penelitian ini biasanya berbentuk naratif.

Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang lebih menekankan pada analisis atau deskriptif. Proses penelitian kualitatif, hal-hal yang bersifat subjek lebih ditonjolkan.

Landasan teorinya dijadikan oleh peneliti sebagai pemandu supaya proses penelitiannya sesuai dengan fakta yang bisa ditemukan di lapangan.

Kamu juga bisa memperhatikan kalau seorang peneliti melakukan sebuah penelitian kualitatif, maka mereka akan lebih fokus tertuju pada elemen objek, manusia, serta institusi.

Selain itu juga, fokus pada interaksi atau hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Hal itu bertujuan untuk lebih memahami lagi suatu perilaku, peristiwa, maupun fenomena yang diteliti.

2. Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif juga menjadi metode penelitian yang banyak digunakan dalam penyusunan skripsi. Metode kuantitatif adalah sebuah metode penelitian yang didalamnya menggunakan angka.

Angka-angka tersebut digunakan mulai dari proses dalam pengumpulan data sampai penafsirannya.

Metode penelitian kuantitatif ini menjadi jenis penelitian yang sistematis, terstruktur, dan juga terencana. Banyak juga yang mengatakan bahwa metode kuantitatif adalah metode tradisional.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sebab, metode penelitian ini sudah cukup lama digunakan sehingga sering menjadi tradisi dalam penelitian.

Nah, yang sering menggunakan metode penelitian kuantitatif ini adalah dalam psikologi, demografi, ekonomi, sosiologi, pemasaran, masyarakat, Kesehatan, dan tentang pengembangan manusia lainnya.

Metode penelitian kuantitatif ini juga sering diartikan sebagai rangkaian investigasi sistematis terhadap suatu fenomena dengan mengumpulkan sebuah data yang kemudian diukur dengan menggunakan teknik statistik atau komputasi.

3. Metode Penelitian Deskriptif

Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode penelitian yang berusaha untuk menggambarkan suatu objek atau subjek yang diteliti dengan mendalam, lebih luas, dan juga terperinci.

Metode penelitian deskriptif ini biasanya digunakan untuk menjawab dan memecahkan permasalahan dengan mengumpulkan data, klasifikasi, analisis, kesimpulan, serta laporan.

Penyajian datanya, biasanya menggunakan sebuah table, grafik, pictogram, diagram, perhitungan modus, median, mean, standar deviasi, dan juga perhitungan persentase.

Biasanya, metode penelitian ini sering digunakan dalam bidang kesehatan.

Metode penelitian deskriptif ini berbeda dengan metode penelitian lainnya yang cenderung lebih fokus dalam pembahasan suatu fenomena yang terjadi.

Mulai dari alasan suatu peristiwa bisa terjadi, sedangkan untuk hasil penelitiannya, tentunya menggambarkan objek penelitian tersebut secara detail.

Nah, itulah jenis metode penelitian yang paling sering digunakan oleh mahasiswa dalam penyusunan skripsi.

Untuk kamu yang masih bingung dalam menentukan metode penelitian apa yang sesuai dengan penelitian, kamu juga bisa mempelajari jenisnya lebih dulu.

Kamu bisa mempelajarinya melalui buku Metode Penelitian: Dengan Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif karya Andra Tersiana, S.TP, M.SC.

Buku ini dibuat untuk bisa memudahkan dan juga membantu para mahasiswa atau siapa saja yang sedang melakukan penelitian.

Melalui buku ini, kamu bisa mengetahui definisi secara lengkap tentang kualitatif dan kuantitatif.

Kamu juga bisa menemukan perbedaan di antara kedua jenis metode penelitian, yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com