Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengubah Video ke Audio? Simak Penjelasannya di Sini!

Kompas.com - 08/06/2023, 16:00 WIB
 Cara Mengubah Video Menjadi Audio  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengubah Video Menjadi Audio 
Rujukan artikel ini:
75 Trik Rahasia Video Editing
Pengarang: Jubilee Enterprise
Penulis Krisna
|
Editor Puteri

Media dalam menyampaikan sesuatu, baik itu sebuah pesan maupun iklan, sekarang sering kali menggunakan gambar, video, bahkan audio agar menarik dan juga menjadikan pesan itu berkesan.

Video merupakan salah satu media paling banyak digunakan pada saat ini di berbagai platform media sosial karena video menjadi cara yang paling ampuh untuk orang melihatnya secara visual.

Video dibuat dengan keahlian dari para pembuat konten dan juga editor.

Selain ahli dalam mengedit video, seorang editor video juga perlu mempunyai keahlian untuk mengedit audio karena dalam beberapa platform tertentu hanya menyediakan media audio tanpa video sehingga pesan video harus dijadikan audio terlebih dahulu.

Lalu, bagaimana cara mengubah video menjadi audio? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengubah Video Menjadi Audio

1. Menggunakan Aplikasi

Untuk mengubah video menjadi audio dapat menggunakan aplikasi edit audio maupun video yang menyediakan menu convert untuk video ke audio seperti misalnya seperti VLC Media Player.

1. Menggunakan VLC Media PLayer (Windows, Mac, Linux)

  • Buka aplikasi VLC, klik menu media yang terdapat di dalam menu bar, lalu pilih convert and save (atau bisa juga menggunakan shortcut ctrl+R).
  • Lalu pada tab file klik tombol add dan cari video yang akan kamu convert menjadi audio.
  • Klik tombol convert and save lalu pilih destinasi folder untuk menyimpan hasil convert tersebut juga nama dari filenya.
  • Pada menu setting kamu bisa mengatur format audio yang kamu inginkan seperti misalnya jenis file audio MP3 sehingga video kamu akan dijadikan format MP3 ketika sudah menjadi audio. Selain itu kamu juga bisa mengatur seperti bitrate dan lainnya.
  • Jika sudah selesai mengatur format audionya klik tombol start untuk memulai proses convert video, dan video kamu sudah berhasil di convert.

2. Menggunakan Adobe Premiere

Menggunakan Adobe Premiere sebenarnya bukan mengubah bentuk video menjadi audio tetapi terdapat fitur yang bisa memisahkan antara video dan audio sehingga kamu bisa mendapatkan audio dari video yang kamu inginkan.

Caranya sebagai berikut:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Import terlebih dahulu file video yang kamu inginkan audionya, lalu tarik video itu ke timeline.
  • Setelah itu klik kanan pada video lalu pilih unlink yaitu fitur untuk memisahkan video dengan audio.
  • Hapus video nya saja sehingga kamu sudah mendapatkan audionya saja, lalu pergi ke “file” > “export” > “media” untuk mengatur format audio yang kamu inginkan.
  • Kamu bisa mengubah format seperti WAV atau MP3 dan kamu juga bisa mengubah bitrate, sample rate dan lainnya.
  • Tentukan lokasi file itu akan disimpan untuk selanjutnya, lalu klik export untuk memulai penyimpanan dan juga proses convert video kamu.

2. Tanpa Menggunakan Aplikasi (Menggunakan Situs Online)

Menggunakan situs online saat ini banyak sekali menjadi pilihan bagi orang-orang, selain banyak penyedia yang menyediakan situs mereka secara gratis kepraktisan dari penggunaan situs tersebut menjadi alasan lainnya.

Pada situs onlinevideoconverter.com terdapat fitur untuk mengubah video kamu menjadi sebuah audio, terdapat dua menu yaitu mengubah video yang kamu unggah terlebih dahulu atau mengubah video berdasarkan link yang kamu punya.

Setelah itu kamu hanya perlu memilih format audio lalu klik convert dan video kamu sudah bisa diubah menjadi audio.

Situs onlinevideoconverter.com juga telah tersedia versi aplikasi untuk mobile sehingga dapat diinstal di smartphone kamu.

Kekurangan dari penggunaan situs seperti ini ialah pengguna bisa memanfaatkannya untuk menyalahgunakan fitur tersebut seperti melakukan pembajakan suatu karya ataupun menjiplak.

Oleh karena itu, kalian haruslah bijak menggunakannya karena pembajakan suatu karya merupakan tindakan kriminal.

Sebagai referensi lanjutan, kamu bisa membaca buku dari Jubilee Enterprise yang berjudul 75 Trik Rahasia Video Editing karena di dalam buku tersebut mengajarkan kamu berbagai tips untuk mengedit video agar hasil video kamu nanti lebih baik lagi.

Dengan tips-tips tersebut tentu kamu bisa menggali lebih banyak tentang pengolahan video seperti misalnya membuat transisi agar terlihat lebih menarik lagi.

Ada juga buku Cepat Dan Mudah Audio Editing dengan Sonar dari Pandan Pareanom Purwacandra yang mengajarkan kamu dalam mengolah suatu audio mulai dari proses pengenalan audio, proses rekaman hingga proses mixing tahap akhir sebelum kamu merilis audio tersebut juga tidak ketinggalan proses editing audio dan lagu.

Dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com