Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Advertising Melalui Video yang Mampu Mencuri Hati Pelanggan dalam Beberapa Menit

Kompas.com - 08/09/2022, 15:30 WIB
tren video advertising Sumber: enterpreneur.com tren video advertising
Rujukan artikel ini:
Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era…
Pengarang: ILHAMSYAH
|
Editor Rahmad

Audiovisual merupakan salah satu bentuk media penyampaian pesan yang mampu menarik perhatian banyak orang. Indra penglihatan serta pendengaran mampu terangsang melalui sebuah sajian video dan audio yang saling mendukung satu sama lain.

Tak heran kalau hal ini bisa digunakan dalam advertising untuk mengiklankan bisnis maupun produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan atau brand.

Ide dalam melakukan advertising bisa dituangkan ke dalam berbagai bentuk media, baik media cetak maupun media digital. Untuk media digital, saat ini yang sedang banyak digunakan oleh perusahaan untuk melakukan advertising adalah advertising dalam bentuk video dengan durasi yang pendek. Advertising dalam bentuk video ini disebut dengan istilah video advertising.

Video advertising adalah salah satu trik advertising yang mumpuni untuk bisa meraih perhatian dari masyarakat banyak. Ini menjadi media storytelling yang cukup kuat dan menarik di mata para pengguna. Advertising dalam bentuk video ini memiliki tingkat keberhasilan yang lebih menjanjikan dan menjadi investasi yang sangat baik.

Pasalnya, perkembangan teknologi mampu membawa teknik advertising dengan video ini menuju kepada tingkatan yang lebih tinggi. Maka tentunya, akan sangat merugikan jika kamu tidak mencoba strategi advertising dengan video ini ke dalam strategi periklanan yang kamu jalankan.

Apa itu Video Advertising?

Apa itu Video Advertising Apa itu Video Advertising

Video advertising adalah iklan untuk sebuah produk ataupun layanan yang bersifat interaktif dan lebih menarik. Video advertising adalah salah satu strategi dalam pemasaran di dalam online marketing yang memanfaatkan media video.

advertising dalam bentuk video menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis terbaik di zaman digital ini. karena jika video ini memiliki konsep yang baik dan menarik, video mampu menampilkan gambar yang mudah dipahami dan dimengerti audiens, sekaligus mampu mengubah audiens menjadi pelanggan.

Tips Membuat Video Advertising

Untuk bisa menarik perhatian para penonton, sebuah video advertising haruslah unik dan bisa menyampaikan ide utama dari video tersebut. Jadi, ada beberapa hal penting yang perlu kamu ingat saat ingin membuat iklan video online ini, yaitu:

  1. Video iklan haruslah dioptimalkan untuk platform media sosial serta seluler.
  2. Pada beberapa detik pertama, video harus mampu menarik perhatian para pengguna atau penonton.
  3. Durasi video harus pendek.
  4. Pastikan video iklan memiliki CTA (Click Through Action) yang spesifik dan juga jelas.
  5. Video harus memiliki closed caption untuk mempermudah para penonton atau audiensmu.
  6. Mempunyai sudut storytelling bisa membantu video iklanmu.

Mengapa Video Advertising Menjadi Langkah Beriklan yang Bagus?

Terdapat beberapa alasan yang membuat advertising adalah sebuah bentuk iklan yang sangat baik dan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memasarkan bisnis kamu. Berikut penjelasannya.

1. Video dan sosial media memiliki kesinambungan

Menjamurnya beragam konten video di sosial media, maka kamu perlu memahami bahwa penggunaan iklan video di platform ini bisa memberikanmu hasil yang sangat baik untuk mengoptimalkan jangkauan serta konversimu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Jangkauan Video

Dengan presentasi yang baik serta penargetan yang tepat, maka sebuah iklan dalam bentuk video mampu menjangkau lebih banyak orang sesuai dengan audiens yang kamu targetkan.

Alasan di balik tingginya popularitas sebuah iklan video yang sangat besar itu dikarenakan pasar konsumen, pengalaman, konten yang personal serta adanya relevansi dalam konten yang dibuat.

3. Peringkat Google yang Lebih Tinggi

Selain keyword atau kata kunci, ada banyak metrik lain yang bisa mempengaruhi peringkat konten video yang lebih tinggi.

Beberapa metrik yang mampu mengoptimalkan konten video advertising adalah keterlibatan para pengguna, social sharing, interaksi dari pengguna, dan lain sebagainya. Bahkan, sebuah iklan video yang interaktif, bisa memastikan keterlibatan yang lebih baik, mampu mengoptimalkan hasil yang bisa didapatkan dari video iklan tersebut.

Itulah informasi mengenai advertising dalam bentuk video yang marak digunakan oleh para pelaku bisnis dalam memasarkan produk dan layanannya di era digital saat ini. Video advertising ini menjadi salah satu dari strategi advertising yang bisa kamu jalankan.

Kamu juga bisa memilih berbagai pilihan strategi advertising lainnya yang sesuai dengan produk atau layanan yang kamu pasarkan. Buku Pengantar Strategi Kreatif Advertising Era Digital menjelaskan fungsi dari advertising, terutama dengan adanya media baru yaitu internet serta mobile device.

Buku ini mengajak kita untuk bisa memahami aspek-aspek penting dalam advertising di era digital saat ini, serta pengaplikasiannya dalam berbagai kasus. Pembahasan buku ini sangatlah lengkap, mulai dari komunikasi periklanan, promosi, kampanye iklan, hingga strategi media.

Buku tersebut bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com