Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Marketing Produk yang Baik dan Efektif untuk Meningkatkan Omzet Penjualan

Kompas.com - 01/04/2022, 12:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Marketing 4.0: Bergerak Dari Tradisional…
Pengarang: PHILIP KOTLER, HERMAWAN KARTAJAYA,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Dalam sebuah kegiatan usaha, marketing menjadi salah satu divisi yang paling penting dalam menentukan maju mundurnya sebuah perusahaan.

Arti marketing sendiri sebenarnya adalah berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan, dengan cara mempromosikan sebuah produk dengan baik sampai akhirnya terjadi proses jual-beli.

Di dalam masyarakat, kegiatan marketing ini mungkin lebih dikenal sebagai kegiatan pemasaran produk.

Dalam pelaksanaannya, marketing biasanya melibatkan banyak hal seperti distribusi produk, perancangan produk, cara membangun pengalaman pelanggan, cara melakukan riset pasar, dan masih banyak lagi.

Kegiatan marketing ini sebenarnya merupakan salah satu kegiatan yang cukup sulit karena harus selalu mengupayakan cara-cara pemasaran yang efektif untuk menarik banyak pelanggan dan meningkatkan omzet penjualan.

Berikut ini merupakan enam cara marketing produk yang baik untuk bisa meningkatkan omzet penjualan dan menghasilkan banyak cuan.

6 Cara Marketing Produk yang Baik dan Efektif

1. Mengenal Target Pasar dengan Baik

Pelanggan adalah salah satu komponen yang paling penting dalam sebuah usaha, sehingga mengenali target pasar menjadi cara yang paling penting dalam pemasaran produk.

Cobalah untuk melakukan sebuah survei untuk mengetahui jenis produk apa saja yang menjadi favorit para pelanggan, sistem pembayaran seperti apa yang mereka sukai, dan cara distribusi produk seperti apa yang mereka inginkan, berbagai cara ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengenali target pasar dengan baik.

Jika hasil survei sudah berhasil didapatkan, kamu bisa mulai mencocokan strategi marketing-mu dengan apa yang menjadi keinginan pelanggan.

2. Andalkan Kemampuan Komunikasi Verbal dan Tulisan

Keterampilan berkomunikasi adalah hal yang sangat mendukung kesuksesan seseorang dalam sebuah promosi, sehingga sangat penting untuk memiliki kemampuan komunikasi baik verbal maupun melalui tulisan.

Komunikasi verbal merupakan bentuk penyampaian informasi secara lisan, biasanya diperlukan saat pelanggan ingin menanyakan mengenai produk tertentu, dan kamu harus sebisa mungkin menyampaikan informasi tersebut dengan baik.

Komunikasi via tulisan merupakan bentuk pemasaran produk secara tulisan, keahlian ini sangat efektif untuk digunakan dalam pemasaran secara online, misalnya melalui artikel atau website.

3. Menawarkan Sample Produk Secara Gratis

Cara yang satu ini dianggap sebagai salah satu cara yang ampuh untuk bisa menjaring banyak konsumen, alasannya karena sesuatu yang gratis biasanya akan sangat sulit untuk dilewatkan.

Kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan atau event tertentu dan cobalah untuk menawarkan sample produk secara langsung kepada calon pelanggan, dengan begitu mereka bisa memutuskan untuk membeli produknya atau tidak.

Jika produk yang kamu jual adalah produk yang berupa jasa atau media digital, kamu bisa menawarkan free trial yang bisa dicoba secara gratis oleh para calon pelanggan.

4. Memilih Tempat yang Strategis

Tempat yang strategis masih menjadi salah satu cara pemasaran yang patut untuk dipertimbangkan.

Dengan berada di tempat yang strategis, produk yang kamu tawarkan akan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk laris manis di pasaran.

Tapi memilih tempat yang strategis ini juga harus menyesuaikan dengan target pasar yang kamu tuju supaya kamu lebih mudah untuk menjangkaunya, misalnya saat kamu menjual kebutuhan anak kos, maka usahakan untuk berjualan di area kampus atau sekolah untuk bisa menarik banyak pelanggan.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan yang loyal merupakan aset yang sangat penting, mereka secara langsung ikut menyumbang pemasukan bisnis secara rutin, sehingga menjalin hubungan yang baik dengan mereka adalah salah satu cara yang efektif untuk membuat produk kamu tetap laris manis di pasaran.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk bisa menghargai keberadaan pelanggan yang loyal, kamu bisa memberikan mereka hadiah atau bonus yang disertakan dalam setiap pembelian produk tertentu.

Dengan cara yang satu ini, kamu sudah ikut andil dalam mempertahankan loyalitas mereka sebagai pelanggan.

6. Memanfaatkan Berbagai Fitur di Media Sosial

Kita semua pasti setuju bahwa media sosial adalah sarana pemasaran yang paling ampuh karena penggunanya akan selalu bertambah setiap harinya, sehingga memasarkan produk melalui media sosial merupakan salah satu cara yang efektif.

Instagram dan Facebook adalah contoh media sosial yang masih ramai diminati sampai saat ini.

Kamu bisa coba memanfaatkan fitur ads yang tersedia untuk bisa menampilkan iklan produk kamu di halaman akun pengguna.

Selain itu, kamu juga bisa berkolaborasi dengan para influencer untuk mempromosikan produk kamu dan menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

Nah, itulah beberapa cara marketing yang baik dan efektif supaya produk kamu bisa disukai oleh pasar.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa di era yang serba digital seperti sekarang, kita harus menyadari bahwa keberadaan media sosial adalah hal yang sangat penting.

Jadi, cobalah untuk mempelajari dunia digital marketing untuk bisa menarik pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.

Untuk itu, ada dua rekomendasi buku mengenai digital marketing yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pembelajaran, yaitu buku Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital dan buku The Fundamental of Digital Marketing.

Buku Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital akan memberikan pengetahuan baru mengenai dunia digital, misalnya seperti cara untuk mengidentifikasi dan menafsirkan tren pemasaran sesuai dengan perkembangan zaman.

Selain itu, kamu juga akan belajar cara menavigasi kekuatan dunia digital untuk bisa meningkatkan keuntungan penjualan.

Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia marketing ini, maka buku The Fundamental of Digital Marketing akan sangat cocok buatmu.

Dalam buku ini, kamu akan mempelajari langkah-langkah memulai digital marketing dalam sebuah bisnis, cara melihat berbagai peluang bisnis di internet dengan modal yang minim, cara membuat website tanpa membutuhkan bantuan coding, cara menerapkan fundamental SEO, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga akan belajar tips-tips penting dalam menjalankan Facebook Ads dan Instagram Ads dari nol, sehingga kamu bisa mengetahui apa saja langkah-langkah yang tepat untuk membuat iklan produk kamu sukses di pasaran.

Buku ini juga tidak lupa untuk memberikan 100 video tutorial untuk membantu kamu memahami materinya dengan baik, jadi kamu bisa langsung praktik di mana pun dan kapan pun.

Jadi, tunggu apalagi? Untuk bisa mendapatkan kedua buku ini, kamu bisa membelinya di Gramedia.com, atau kamu juga bisa membacanya melalui e-book Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com