Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mulai Berbisnis? Simak 5 Tujuan Pemasaran Online Berikut Ini

Kompas.com - 23/03/2022, 11:16 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
The Fundamental Of Digital Marketing
Pengarang: ANDREAS AGUNG
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di era digital seperti sekarang rasanya untuk memasarkan sebuah produk atau jasa bukanlah perkara sulit lagi, sebab tujuan pemasaran online atau digital marketing adalah untuk memberikan kemudahan dengan biaya yang terbilang jauh lebih ekonomis.

Pemasaran online atau digital marketing adalah upaya dari pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkan kepada konsumen, dengan memanfaatkan keberadaan internet dan media sosial agar mampu menjangkau banyak audiens secara cepat dan tepat.

Pemasaran online biasanya berupa memasang iklan di media sosial atau website, menggunakan jasa influencer, hingga membuat sebuah tren di dunia maya supaya mampu menarik perhatian dan minat konsumen, agar terjadi pembelian produk maupun jasa yang sedang dipasarkan.

Bisa dibilang, pemasaran online bisa menjadi media atau cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk ataupun jasa, serta bisa membantu mengenalkan produk yang dijual dengan cara yang jauh lebih praktis dan ekonomis, karena mampu memaksimalkan penggunaan media digital dengan lebih produktif.

Dengan melakukan pemasaran online, pelaku bisnis juga dimudahkan dengan akses yang ditawarkan, sebab hanya dengan menggunakan smartphone, kini siapa pun bisa memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan jangkauan pelanggan yang jauh lebih luas dan terfokus.

Namun, apa sebenarnya tujuan dari pemasaran online itu sendiri?

5 Tujuan Pemasaran Online

1. Menjangkau Target Pasar yang Jauh Lebih Luas dan Terukur

Keberadaan dunia digital sangat membantu untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk dan jasa yang akan kamu tawarkan agar bisa dilihat oleh banyak orang, karena daya jangkau dunia maya sungguh luas dan bisa menyentuh masyarakat dari berbagai negara.

Mudahnya menjangkau target pasar juga menjadi tujuan digunakannya cara pemasaran online, karena kamu bisa memilih konsumen seperti apa yang akan terasa cocok dan memerlukan produk serta jasa yang kamu jual kepada mereka.

2. Biaya yang Dikeluarkan Jauh Lebih Ekonomis

Modal yang dikeluarkan untuk melakukan pemasaran online tergolong lebih rendah jika dibanding pemasaran offline, sebab kamu tidak perlu menyewa tempat, mencetak brosur, hingga membayar sales untuk melakukan promosi karena semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan murah melalui digital marketing.

Pemasaran online bisa menekan biaya promosi yang kamu keluarkan, karena konsumen bisa mengetahui dan bertanya seputar produk dan jasa yang ditawarkan langsung lewat dunia digital tanpa harus bertatap muka.

3. Membangun Hubungan yang Jauh Lebih Baik dengan Konsumen

Pemasaran online dapat membantu kamu untuk membangun hubungan yang jauh lebih kuat dengan pelanggan, karena melalui digital marketing konsumen bisa mendapatkan seluruh informasi terbaru yang diperlukan melalui email marketing yang langsung terhubung dengan konsumen.

Berita atau informasi terbaru yang selalu diperbarui kepada pelanggan akan menciptakan hubungan yang terasa dekat antara konsumen dengan brand yang kamu tawarkan, karena setiap menitnya mereka akan tahu tentang perkembangan produk dan jasa yang ditawarkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Meningkatkan Penjualan Produk dan Jasa

Pemasaran online akan menolong kamu dalam meningkatkan penjualan produk dan jasa, karena daya jangkauannya yang luas memungkinkan siapa saja bisa melihat dan mengetahui tentang brand yang kamu jual, sehingga bisa membuka peluang pembelian.

Penjualan yang meningkat melalui pemasaran online akan sangat efektif untuk mempermudah kamu dalam melihat selera dan keinginan konsumen terhadap produk maupun jasa yang ditawarkan, agar bisa tetap berinovasi dalam mengembangkan bisnis.

5. Memberikan Pelayanan 24 Jam

Pemasaran online memungkinkan kamu melakukan pelayanan selama 24 jam terhadap pelanggan, sehingga mampu meningkatkan kepuasaan pelanggan dan keluhan mereka mudah tersampaikan dengan cepat.

Pelayanan 24 jam juga akan menjangkau konsumen secara lebih luas, sebab tidak semua orang bisa aktif di waktu yang sama, sehingga tidak ada batasan waktu dalam hal pelayanan berpotensi meningkatkan penjualan produk.

Kelima tujuan dari pemasaran online ini akan sangat mempermudah kamu untuk meningkatkan bisnis yang sedang dikelola, karena kehadiran dunia digital terasa sangat efektif dalam mengembangkan teknik promosi.

Kabar baiknya, kamu dapat mempelajari lebih jauh perihal pemasaran online melalui buku berikut yang dijamin akan sangat menolong dalam mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.

Buku The Fundamental of Digital Marketing yang ditulis oleh Andreas Agung akan memberikan pelajaran yang mudah dan praktis mengenai pemasaran online, khususnya bagi kamu yang masih merasa pemula dalam bidang ini.

Semua hal yang perlu kamu ketahui seputar pemasaran online akan dibahas secara lengkap dan terperinci di dalam buku ini, sehingga akan memudahkan kamu untuk memahami sekaligus mengambil langkah yang tepat untuk melakukan promosi.

Tidak hanya itu, buku ini juga dilengkapi dengan akses ke lebih dari 100 video tutorial yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan pun juga, untuk meningkatkan ilmu serta wawasan mengenai dunia digital marketing.

Buku The Fundamental of Digital Marketing bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com