Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Cara Kerja dan Fungsi Otot Jantung pada Tubuh Manusia Berikut Ini

Kompas.com - 08/06/2023, 10:44 WIB
Fungsi Otot Jantung Sumber Gambar: Freepik.com Fungsi Otot Jantung
Rujukan artikel ini:
Dari Diabetes Menuju Jantung &…
Pengarang: Hans Tandra
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Di dalam tubuh manusia memiliki 3 tipe otot yang penting, yakni otot rangka, otot polos, dan otot jantung.

Otot rangka adalah jenis otot yang melekat dan menutupi rangka tubuh dan sering disebut dengan istilah otot lurik, sedangkan otot polos adalah jenis otot yang membentuk organ, pembuluh darah, saluran pencernaan, dan organ-organ penting lainnya.

Sementara itu, otot jantung merupakan jenis otot yang menjadi penyusun dinding jantung dan berfungsi memompa darah menuju jantung atau sebaliknya.

Oleh karena itu, jika kinerja otot jantung tidak maksimal tentu akan berpengaruh pada pasokan darah ke seluruh tubuh.

Dengan memahami fungsi dan cara kerja otot jantung, manusia tentunya akan lebih menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung.

Kamu bisa simak penjelasan lengkap mengenai otot jantung berikut ini.

Apa Itu Otot Jantung?

Otot jantung merupakan jenis otot yang hanya ada di bagian jantung, tepatnya di bagian lapisan tengah jantung.

Otot jantung ini bisa memengaruhi lambat atau cepatnya detak jantung seseorang, tergantung dari kondisi tubuh orang tersebut.

Bagi manusia, otot jantung berfungsi untuk memompa darah menuju jantung dan sebaliknya sehingga disebut sebagai jenis otot yang paling kuat karena harus menerima dan memompa darah tanpa berhenti.

Kinerja otot jantung yang buruk tentunya akan mengakibatkan terganggunya peredaran di dalam tubuh, atau yang lebih parahnya, bisa menyebabkan kematian.

Fungsi Otot Jantung

Seperti yang sudah kamu ketahui, otot jantung berada di area vital dalam tubuh.

Berikut adalah beberapa fungsi penting otot jantung:

  1. Menggerakkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  2. Menjaga kinerja jantung agar tetap memompa darah dengan gerakan secara otomatis, hal ini dilakukan melalui sel pacu jantung yang biasanya mengontrol kontraksi jantung manusia.
  3. Mengeluarkan dan membersihkan zat hasil dari metabolisme jantung.
  4. Menunjang kinerja organ jantung.
  5. Menyediakan cara pemompaan ventrikel (bilik jantung) pada bagian jantung.

Cara Kerja Otot Jantung

Otot jantung pada umumnya berkontraksi sekitar 70 kali per-menit setiap harinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh, hal ini berfungsi untuk menjaga kinerja sistem dan organ tubuh lainnya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sama seperti otot polos, kinerja otot jantung juga berlangsung secara otomatis atau tidak sadar sehingga tidak bisa dikendalikan, keseluruhan aktivitasnya dipengaruhi oleh sel khusus yang bernama sel pacu jantung.

Sel pacu jantung berfungsi untuk mengendalikan kontraksi jantung dan mengatur lambat dan cepatnya detak jantung manusia.

Sama seperti mesin yang terus menerus membutuhkan bahan bakar, tubuh juga membutuhkan aliran darah yang lancar sepanjang waktu.

Jadi, saat terjadi kerusakan pada otot jantung dan proses pemompaan darah berhenti, dampaknya bisa sangat fatal pada manusia.

Tips Menjaga Kesehatan Otot Jantung

Ada beberapa penyakit yang bisa memengaruhi cara kerja otot jantung seperti penurunan kekuatan otot jantung, otot jantung tiba-tiba menjadi kaku, pelebaran bilik jantung, dan masih banyak lagi.

Berbagai permasalahan pada otot jantung ini tentunya juga bisa disebabkan oleh hal-hal yang jarang disadari manusia seperti gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi obat-obatan, obesitas, sampai penggunaan narkoba.

Untuk itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk menjaga kesehatan otot jantung:

  1. Hindari minum-minuman beralkohol.
  2. Batasi konsumsi minuman yang mengandung kafein.
  3. Rutin berolahraga.
  4. Coba lakukan kegiatan untuk memperkuat jaringan otot seperti berenang, bersepeda, senam aerobik, dan lompat tali.
  5. Hindari rokok.
  6. Atur pola makan yang sehat sehingga berat badan bisa tetap ideal.
  7. Istirahat yang cukup.
  8. Lakukan diet yang sehat secara teratur, jangan lupa untuk mengurangi makanan yang terlalu manis dan tinggi kolesterol.

Selain menerapkan beberapa tips di atas, akan lebih baik jika kamu juga melakukan pemeriksaan secara rutin agar bisa segera mengetahui jika ada masalah serius pada jantung.

Masalah lain yang juga berpotensi mengganggu kesehatan jantung adalah diabetes, penyakit ini biasanya disebabkan oleh peningkatan kadar gula di dalam tubuh sehingga menyebabkan komplikasi.

Buku Dari Diabetes Menuju Jantung & Stroke akan membantu kamu memahami seluk beluk penyakit yang biasa mengganggu jantung dan pembuluh darah, yang nantinya juga akan berkaitan langsung dengan penyakit diabetes.

Buku ini berisi petunjuk praktis tentang cara mengatur pola makan dan gaya hidup yang sehat sehingga lemak dan gula dalam darah bisa terkendali, sekaligus juga bisa menjaga berat badan agar tetap ideal.

Dengan menjalani diet yang sehat dan pola hidup yang baik, resiko terkena jantung, stroke, dan diabetes tentu bisa sangat berkurang dengan sendirinya.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa beli melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com