Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 7 Manfaat Saffron untuk Wanita, Bisa Mengurangi Nyeri Haid dan Mencegah Penyakit Kanker

Kompas.com - 12/06/2023, 12:00 WIB
Manfaat Saffron untuk Wanita Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Saffron untuk Wanita
Rujukan artikel ini:
Rempah, Bumbu, dan Sayuran Kering…
Pengarang: AMEILIA ZULIYANTI SIREGAR, M.SC.,…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Bunga saffron atau crocus sativus adalah salah satu tanaman yang terkenal mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, lemak, kalori, kalsium, dan non-kolesterol.

Saffron juga termasuk jenis rempah termahal di dunia, untuk 1 kilogram bunganya saja bisa mencapai harga Rp 52,1 juta sampai Rp 238,2 juta rupiah.

Mahalnya harga saffron ini sebanding dengan proses penanamannya yang terbilang cukup sulit dan membutuhkan waktu yang panjang.

Bunga yang telah mekar setiap tahunnya hanya menghasilkan 3 benang merah halus (kepala putik) yang kemudian dipanen dengan penjepit dan dikeringkan sampai waktu yang telah ditentukan.

Selain dijadikan sebagai bumbu pelengkap masakan dan bahan pembuatan parfum, saffron juga sering kali dijadikan sebagai ramuan obat-obatan.

Bunga saffron diklaim mengandung antidepresan yang ampuh mengobati masalah pencernaan, batuk, menstruasi, serta mampu menenangkan kecemasan dan memperbaiki suasana hati.

Menurut U.S Department of Agriculture, 1 sendok teh bunga saffron memiliki banyak sekali kandungan, beberapa diantaranya seperti:

  • Protein (1,6 persen)
  • Karbohidrat (0,46 g)
  • Kalsium (0,1 persen)
  • Kalium (0,26 persen)
  • Fosfor (2 mg)
  • Vitamin B6 (0,007 mg)
  • Vitamin A (0,08 persen)

Setelah mengetahui kandungan bahan yang terkandung dalam bunga saffron, kini saatnya kamu memahami manfaat saffron bagi kesehatan, terutama untuk para wanita.

Manfaat Saffron untuk Para Wanita

1. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah salah satu jenis penyakit kronis yang bisa menimpa siapa saja dan dampaknya bisa sampai menyebabkan kematian.

Tanpa disadari, penyebab munculnya penyakit ini sangat beragam sehingga harus mulai dicegah dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi saffron.

Bunga saffron memiliki sifat antioksidan yang bisa membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker, sekaligus bisa membuat sel kanker lebih sensitif pada perawatan kemoterapi.

2. Mengurangi Nyeri Haid

Perempuan yang sedang haid atau menstruasi sering kali mengeluhkan nyeri pada perut.

Untuk mengatasinya, ada beberapa rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang nyeri, salah satunya adalah saffron.

Saffron ini bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi sekaligus bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami sindrom pra-menstruasi (PMS).

3. Mencegah Resiko Terkena Diabetes

Selain kanker, diabetes juga termasuk salah satu penyakit yang bisa diderita oleh siapa saja.

Untungnya, diabetes ini masih bisa dicegah, salah satunya dengan menggunakan bunga saffron.

Bunga saffron memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar sensitivitas dari hormon insulin yang ada di dalam tubuh sehingga akan sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Membantu Melembapkan Kulit

Kulit yang kering akan membuat seseorang tidak nyaman dan tidak jarang bisa menyebabkan luka pada wajah.

Untuk itu, banyak orang mencari produk perawatan kulit yang bisa melembapkan kulit, tapi tidak memiliki efek samping yang membahayakan.

Nah, bunga saffron ini kemudian dipercaya ampuh untuk meratakan tekstur kulit dan memberikan kelembapan pada kulit secara alami.

5. Mengurangi Berat Badan

Saffron juga bisa membantu menekan nafsu makan sehingga akan sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dengan cara yang aman.

Oleh karena itu, tidak heran jika saffron banyak dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan suplemen yang sekaligus bisa membantu mengurangi lingkar perut dan lemak yang mengganggu.

6. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Selain melembapkan, bunga saffron juga bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit wajah.

Saat ini, sudah banyak sekali produk yang mengklaim bisa mencerahkan kulit dalam jangka waktu yang cepat, tapi sayangnya juga memiliki efek samping yang kurang baik di kemudian hari.

Untuk itu, saffron bisa menjadi pilihan yang relatif lebih aman karena terbuat dari bahan alami serta mengandung antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saffron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi atau peradangan pada tubuh, sekaligus juga bisa mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel tubuh.

Rutin mengonsumsi bunga saffron akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang sehingga tidak akan mudah sakit.

Nah, itulah penjelasan mengenai bunga saffron yang ternyata punya segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kalau masih penasaran dengan berbagai kandungan dan khasiat yang terdapat dalam rempah-rempah lainnya, kamu bisa dapatkan penjelasannya melalui buku Rempah, Bumbu, dan Sayuran Kering Indonesia dan buku Sehat dengan Rempah dan Bumbu Dapur.

Sejak zaman dulu, Indonesia memang terkenal sebagai gudangnya rempah-rempah dengan berbagai jenis dan khasiat.

Tidak hanya dijadikan sebagai penyedap masakan, rempah-rempah dan bumbu dapur juga memiliki khasiat untuk menurunkan gula darah, mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, dan masih banyak lagi.

Melalui kedua buku ini, kamu akan semakin mengenal dunia rempah-rempah dari yang terkenal sampai yang masih asing di telinga.

Dengan memahami beragam khasiat rempah-rempah bagi tubuh, kamu bisa coba untuk menjalani gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Buku-buku ini bisa kamu temukan di toko buku Gramedia atau pesan melalui online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com