Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Median dan Cara Menentukannya

Kompas.com - 10/04/2023, 13:00 WIB
Cara Menentukan Median Sumber Gambar: Pexels.com  Cara Menentukan Median
Rujukan artikel ini:
30 Solusi Unik Taklukkan Matematika
Pengarang: Risa Maulana Romadon, S.s,…
|
Editor Puteri

Banyak orang beranggapan bahwa belajar matematika adalah sesuatu yang cenderung sulit dan membosankan.

Meskipun tidak selalu, selama kamu mau belajar dengan giat, kamu juga bisa menguasai matematika sepenuhnya.

Kita semua tahu bahwa matematika adalah salah satu ilmu yang berperan penting dalam kemajuan peradaban manusia, perkembangannya mulai dari Mesir kuno, Babilonia, hingga Yunani Kuno.

Salah satu ilmu yang berkaitan erat dengan matematika adalah statistika.

Saat belajar statistika, pasti akan menemukan materi tentang modus, median, dan mean.

Median sendiri merupakan nilai tengah atau yang biasa disebut dengan titik data, dan cara menemukan hitungan dalam median adalah dengan memilih beberapa data dari terendah sampai tertinggi.

Jika penilaian tersebut tepat berada di pusat dan jumlah yang didapat adalah nilai ganjil ataupun genap, maka rata-rata kedua penilaian tersebut bisa disebut dengan nilai median.

Fungsi median adalah untuk mengukur pemusatan data yang ada di dalam teori statistik dan probabilitas.

Median juga merupakan nilai yang memisahkan separuh atas dari separuh bawah dari sampel data, populasi, atau distribusi probabilitas.

Untuk menentukan median, simak penjelasan berikut ini.

Cara Menentukan Median

Untuk menentukan median, data harus diurutkan dari terkecil ke terbesar terlebih dahulu.

Jika jumlah data ganjil, median adalah angka tengah dari seluruh jumlah data tersebut.

Sementara jika terdapat urutan angka genap dalam daftar, maka kamu harus menentukan pasangan median, menambah dan mengurangi setengah untuk menemukan median.

Misalnya, dalam kumpulan data (3, 13, 2, 34, 11, 26, 47), urutannya adalah (2, 3, 11, 13, 26, 34, 47).

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Median adalah bilangan tengah (2, 3, 11, 13, 26, 34, 47), yang dalam contoh ini adalah 13 karena nilai ini merupakan nilai tengah data.

Cara Menentukan Nilai Median Data Tunggal Genap

Untuk menemukan bilangan genap tengah dalam daftar, kamu harus menemukan bilangan genap tengah, menjumlahkannya, lalu membaginya dengan dua.

Ini dapat ditulis menggunakan rumus misalnya, dalam kumpulan data (3, 13, 2, 34, 11, 17, 27, 47) peringkatnya adalah (2, 3, 11, 13, 17, 27, 34, 47) .

Median adalah rata-rata dari dua angka di tengah (2,3,11,13,13,17,26 34,47), seperti dalam kasus ini, hasilnya adalah 13 dan 17, jadi cara mencari median adalah menghitung (13 + 17) ÷ 2 = 15.

Jadi, berdasarkan data tersebut, mediannya adalah 15.

Cara Menentukan Nilai Median Data Tunggal Ganjil

Untuk data bernomor ganjil, kamu dapat mencari median dengan mengurutkan angkanya terlebih dahulu, biasanya dari yang terkecil hingga terbesar.

Misalnya, dalam kumpulan data (3,13,2,34,11,26,47), peringkatnya adalah (2,3,11,13,26,34,47).

Median adalah bilangan tengah (2, 3, 11, 13, 26, 34, 47), yaitu 13 dalam contoh ini karena ada tiga bilangan pada setiap sisinya.

Demikian pengertian median, contoh dan cara menentukannya.

Untuk menambah pengetahuan dan mempelajari rumus-rumus matematika lainnya bisa dengan membaca buku 30 Solusi untuk Taklukkan Matematika yang ditulis oleh Risa Maulana Romadon, S.s.

Buku ini dibuat untuk memberikan solusi bagi para siswa agar bisa mempelajari matematika dengan mudah, menarik, dan menyenangkan.

Tidak hanya itu saja, dalam buku ini juga menghadirkan berbagai trik menarik tentang pelajaran matematika yang bisa dipelajai oleh setiap anak.

Buku 30 Solusi untuk Taklukkan Matematika juga mengajak para siswa untuk tidak takut dan menghindari yang namanya pelajaran matematika karena matematika akan selalu hadir dan bersinggungan dalam setiap aktivitas keseharian.

Diharapkan dengan adanya buku ini para pembaca akan menemukan cara yang berbeda dan lebih mudah, cepat dan tepat dalam menyelesaikan soal-soal matematika serta tidak merasa takut lagi menghadapi soal-soal pelajaran matematika.

Penasaran dengan seluruh isi buku 30 Solusi untuk Taklukkan Matematika? Silahkan simak dan nikmati setiap bahasan yang ada di dalam buku ini dengan dapatkan segera buku 30 Solusi untuk Taklukkan Matematika secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com