5 Cara Supaya Pintar Matematika

Kompas.com - 22/11/2022, 12:00 WIB
Cara Supaya Pintar Matematika Sumber Gambar: Freepik.com Cara Supaya Pintar Matematika
Rujukan artikel ini:
30 Solusi Unik Taklukkan Matematika
Pengarang: Risa Maulana Romadon, S.s,…
|
Editor Ratih Widiastuty

Cara supaya pintar matematika akan sangat dibutuhkan oleh banyak orang yang bertekad untuk menguasai ilmu hitung menghitung yang dikenal rumit dan sulit jika tidak mampu dipahami.

Matematika biasanya juga kerap menawarkan segudang rumus dalam ilmu yang diberikannya, sehingga tidak mengherankan jika banyak pelajar maupun mahasiswa yang merasa jika ilmu menghitung ini sulit untuk dikuasai.

Karena dianggap sulit dan rumit, matematika kerap menjadi mata pelajaran paling dihindari dan ditakuti oleh beberapa pelajar.

Namun, meskipun tampak “menyeramkan“, nyatanya matematika memang kerap bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti menghitung pengeluaran bulanan, menghitung keuntungan penjualan, hingga menghitung pemasukan yang diperoleh.

Maka, jangan menganggap sepele atau mengesampingkan matematika karena pada dasarnya ilmu pasti yang satu ini memang mutlak menjadi penolong dalam beberapa aktivitas kehidupan manusia.

Jangan sedih atau gundah jika kamu merasakan kesulitan ketika berusaha untuk belajar dan memahami matematika karena ternyata ada cara yang dapat dilakukan untuk bisa menguasainya.

Cara-cara ini diharapkan dapat mempermudah siapa saja untuk lebih bersemangat dalam menguasai dan memahami matematika yang sarat akan rumus dan angka.

Apa saja cara yang dapat dilakukan supaya bisa pintar matematika? Berikut 5 cara supaya pintar matematika yang dapat dicoba.

5 Kiat Pintar Matematika

1. Ubah Mindset dengan Mencintai Matematika

Jika mindset yang kamu miliki perihal matematika adalah rumit dan sulit, bagaimana mungkin kamu akan dapat menguasainya.

Maka dari itu, ubahlah pola pikir tersebut dan mulai berkenalan dengan matematika secara perlahan serta mendalam agar dapat menyukainya.

Mungkin di atas kertas matematika memang tampak menyeramkan dengan varian rumus dan angka yang mampu membuat otak berpikir keras.

Namun, ubah persepsi tersebut dengan meyakini bahwa matematika adalah mata pelajaran yang menyenangkan dan akan mudah dipahami jika kamu dapat mencintainya.

2. Jangan Menghafal Rumus, tapi Pahami Rumus

Tidak bisa dipungkiri, matematika memang sebagian besar akan selalu melibatkan rumus dalam setiap pengerjaan soalnya.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk menghafal beberapa rumus matematika yang ada, tapi cara tersebut ternyata kurang efektif.

Alih-alih menghafal semua rumus, alangkah jauh lebih baik bila kamu memahami setiap rumus yang ada agar bisa mengaplikasikannya pada setiap soal yang dikerjakan.

Menghafal tapi tidak memahami sama saja dengan bohong, karena soal yang dikerjakan pun akan rentan salah jawabannya.

3. Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

Belajar matematika memang membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi selama prosesnya, sehingga lingkungan tempat kamu belajar pun akan sangat mempengaruhi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buat suasana belajar menjadi nyaman dan menyenangkan dengan mencari lokasi yang tenang.

Kamu dapat belajar di perpustakaan, coffee shop, atau bahkan di dalam kamar sekalipun bisa dilakukan asalkan tidak mengganggu konsentrasi.

Ciptakan metode belajar dengan suasana yang menurutmu menyenangkan untuk dilakukan agar setiap ilmu matematika yang dipelajari dapat dengan mudah dipahami.

4. Rutin Mengerjakan Latihan Soal dengan Teratur

Memahami rumus saja rasanya tidaklah cukup jika kamu ingin pandai matematika karena mengerjakan latihan soal pun mutlak untuk dilakukan.

Cobalah untuk mengerjakan latihan soal yang paling mudah terlebih dahulu hingga kamu merasa mampu dan telah menguasainya.

Dengan rutin mengerjakan latihan soal, maka kamu akan terbiasa memecahkan beberapa varian soal untuk rumus tertentu.

Kamu pun dapat mengukur kemampuan sendiri, sudah sejauh manakah kamu memahami materi matematika yang telah dipelajari.

5. Membuat Catatan Rumus

Menulis rumus dengan tulisan tangan mampu meningkatkan daya ingat, sehingga kamu akan dapat lebih mudah untuk memahami setiap rumus matematika yang ada.

Buatlah catatan rumus dalam sebuah buku khusus yang bisa kamu tulis berdasarkan gaya bahasa kamu sendiri agar lebih mudah mempelajarinya.

Buku catatan rumus yang kamu buat pun akan sangat efektif untuk proses belajar karena kamu tidak perlu repot-repot ketika mencari rumus tertentu.

Gunakan kreativitas yang kamu miliki untuk menghias buku catatan rumus dengan menggunakan marker, index, atau highlighter.

Bagi anak-anak yang ingin belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan, buku 30 Solusi Unik Taklukkan Matematika bisa dijadikan sumber pembelajaran yang tepat agar anak tidak takut lagi dengan mata pelajaran matematika.

Buku ini dapat menjadi media yang paling cocok untuk membantu anak-anak agar tidak merasa takut dan terbebani dengan matematika yang sarat akan rumus yang dianggap rumit dan sulit selama ini.

Di dalamnya terdapat cara-cara terbaik dan efektif untuk belajar matematika supaya jauh lebih mudah dan menyenangkan dipelajari oleh anak-anak.

Order sekarang juga bukunya di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.