Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Mozaik dan Kolase dalam Sebuah Karya Seni

Kompas.com - 28/03/2023, 10:39 WIB
Perbedaan Mozaik dan Kolase  Sumber Gambar: Freepik.com Perbedaan Mozaik dan Kolase 
Rujukan artikel ini:
Maestro Drawing Toni Hariyanto-Karya Dan…
Pengarang: Toni Hariyanto
|
Editor Puteri

Perbedaan mozaik dan kolase sering kali dapat membingungkan bagi sebagian orang, terlebih yang tidak mendalami ilmu seni rupa.

Nyatanya baik mozaik dan kolase merupakan bentuk karya seni rupa dua dimensi yang diciptakan dengan menggabungkan bagian-bagian kecil untuk disusun menjadi gambar atau lukisan dengan ukuran lebih besar.

Mozaik dan kolase memang seringkali disandingkan karena keduanya memiliki suatu kesamaan jika dilihat sekilas dengan kacamata awam.

Mengenali masing-masing ciri dan karakteristik keduanya tentu akan sangat membantu kamu agar tidak salah dan jadi semakin bisa memahami maknanya.

Terdapat beberapa perbedaan mozaik dan kolase yang dapat dikenali dari jenis komponen penyusunnya.

Sebelum mengetahui letak perbedaan mozaik dan kolase ada baiknya mengenai terlebih dahulu pengertian dan karakteristik masing-masing.

Mengenal Mozaik

Sebelum mencari tahu letak perbedaan mozaik dan kolase di dalam karya seni, penting terlebih dahulu mengetahui definisi dari mozaik.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mozaik atau mosaic adalah seni dekorasi bidang dengan menggunakan kepingan bahan keras berwarna yang disusun dan ditempelkan dengan perekat.

Pengertian lainnya, mozaik merupakan sebuah gambar yang terdiri dari bagian-bagian kecil yang secara tradisional berasal dari ubin kecil terbuat dari pecahan kaca, keramik, terakota dan biasanya ditempelkan pada lantai atau dinding.

Mudahnya mozaik adalah karya seni rupa bisa berbentuk dua atau tiga dimensi yang menggabungkan potongan-potongan kecil benda dan direkatkan menggunakan perekat khusus.

Sehingga membentuk sebuah gambar atau pola yang diinginkan agar terlihat indah dan bernilai seni.

Mozaik termasuk ke dalam teknik dekorasi dan kerap digunakan menjadi aspek dalam dekorasi interior.

Tidak mengherankan, bila mozaik kerapkali diaplikasikan ke dalam bangunan-bangunan bersejarah atau keagamaan, contohnya dapat ditemui di gereja katedral.

Mengenal Kolase

Secara harfiah kata kolase diambil dari Bahasa Inggris, yakni collage yang juga disinyalir dari kata coller berasal dari Bahasa Perancis yang memiliki arti merekat.

Jika diperhatikan dari sumber kata tersebut, kolase dapat dijelaskan sebagai salah satu teknik pembuatan seni dengan menempel.

Adapun media atau bahan yang digunakan biasanya berasal dari kertas, kain perca, kaca, dan logam.

Penjelasan sederhananya, kolase adalah suatu teknik karya seni rupa dengan menempelkan dengan menempelkan berbagai macam unsur atau bahan ke dalam satu bingkai tempat.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Untuk menciptakan karya kolase ini juga menggabungkan teknik melukis dengan menempelkan bahan-bahan tertentu.

Perbedaan Mozaik dan Kolase

Melihat penjelasan singkat mengenai mozaik dan kolase di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya memang memiliki kemiripan.

Letak persamaan antara mozaik dan kolase masing-masing keduanya adalah karya seni rupa dua dimensi yang dibuat dengan menyusun bagian-bagian kecil sehingga nantinya akan membentuk gambar lebih besar.

Namun, demikian jika diperhatikan juga terdapat beberapa perbedaan mozaik dan kolase, mulai dari pemilihan bahan hingga pada proses pembuatannya.

Pada mozaik seniman yang akan membuatnya menggunakan material atau bahan yang sama untuk menyusun sebuah gambar.

Umumnya bahan yang digunakan untuk membuat mozaik berupa kepingan-kepingan keramik, potongan daun, daun, atau logam.

Sang pembuat karya mozaik akan memilih satu material apa yang akan dipergunakan dan menyusunnya menjadi satu.

Selain itu, ukuran yang dimiliki harus sama atau tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh.

Sedangkan pada kolase, bahan-bahan yang dibutuhkan sangat berbeda dan beragam jenisnya.

Bahan-bahan yang berbeda tersebut nantinya akan disatukan untuk selanjutnya direkatkan dalam satu bidang permukaan.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan mozaik dan kolase dalam karya seni yang penting untuk diketahui.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui jenis karya seni lain beserta teknik pembuatannya, maka buku Maestro Drawing Toni Hariyanto-Karya dan Teknik-tekniknya dapat menjadi salah satu referensi dalam mempelajarinya.

Buku ini dapat menjadi pilihan bagi saja yang ingin mendapatkan motivasi dan inspirasi dalam mempelajari karya seni, terutama dalam bidang seni gambar gambar.

Buku yang dikarang oleh maestro seni Toni Hariyanto ini tidak hanya berisikan kumpulan karya, tetapi banyak teori-teori atau teknik-teknik dalam menggambar yang akan diberikan sebagai acuan dalam menggambar naturalis.

Buku ini juga sesuai bagi seluruh pelajar dan pencinta seni yang sedang giat mengetahui informasi dalam bidang ilustrasi, animasi, desain grafis dan manual drawing.

Bagi kamu yang ingin memperdalam wawasan seni gambar akan sangat terbantu dengan adanya kehadiran buku ini karena mampu menjelaskan semuanya secara jelas dan lengkap.

Bukunya bisa langsung kamu dapatkan di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com