Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kolase? Ini Penjelasan dan Pengertiannya Menurut Para Ahli

Kompas.com - 23/01/2023, 16:30 WIB
pengertian kolase menurut ahli Sumber: pixabay pengertian kolase menurut ahli
Rujukan artikel ini:
Belajar Kolase: Seri Transportasi
Pengarang: Kak Dwi Wahyu
|
Editor Rahmad

Kolase adalah sebuah teknik menempel berbagai macam unsur ke dalam satu frame sehingga bisa menghasilkan suatu karya seni yang baru. Secara umum, kolase adalah sebuah karya seni rupa yang dibuat dengan cara menempelkan suatu bahan apa saja ke dalam satu komposisi yang serasi, sampai bisa menjadi satu kesatuan karya.

Secara istilah, kolase adalah kreasi aplikasi yang dibuat dengan cara menggabungkan Teknik melukis (lukisan tangan) dengan cara menempelkan suatu bahan-bahan tertentu.

Jadi, dalam proses pembuatannya, kolase memerlukan banyak kesabaran yang tinggi serta keterampilan dalam menyusun, memadukan, serta menempel bahan yang ada, sehingga bisa menjadi sebuah karya seni yang sangat indah.

Dalam membuat sebuah karya seni kolase, kita dituntut untuk mempunyai kreativitas serta ude yang lebih sulit dibandingkan dengan pembuatan karya seni rupa yang lainnya, karena dalam pembuatan kolase ini kamu harus mampu menemukan bahan yang khusus dan juga cocok untuk dijadikan kolase.

Berikut ini penjelasan tentang kolase menurut para ahli, agar kamu lebih memahami pengertian tentang kolase dalam sebuah karya seni.

Pengertian Kolase Menruut Para Ahli

pengertian kolase menurut ahli pengertian kolase menurut ahli

Kata kholas adalah berasal dari Bahasa Inggris yaitu “collage” yang berasal dari kata “coller” dalam Bahasa prancis, yang memiliki arti “merekat”. Lalu, kolase dipahami sebagai sebuah Teknik seni dalam menempelkan berbagai macam materi selain cat, misalnya kain, kaca, kertas, logam, kayu, dan sebagainya. Atau bisa juga mengombinasikan antara penggunaan cat dengan teknik yang lainnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kolase adalah komposisi artistik yang terdiri dari berbagai bahan seperti kertas, kain, dan kayu, yang ditempelkan pada sebuah permukaan gambar.

Karya seni ini juga berbeda dengan seni pahat, seni lukis, serta karya cetak yang di mana karya tersebut kemudian dihasilkan tidak lagi memperlihatkan bentuk asal dari material yang digunakan. Akan tetapi, terdapat perbedaan pendapat dari para ahli tentang pengertian kolase. Berikut penjelasannya:

1. Kasim

Menurut Kasim, kolase adalah menggambar dengan cara memanfaatkan suatu Teknik tempelan.

2. Muharam

Menurut Muharam, kolase adalah sebuah teknik melukis yang menggunakan warna-warna yang berasal dari kepingan kaca, keramik, batu, kayu, serta marmer yang ditempelkan menjadi satu kesatuan.

3. Budiono

Budiono mengatakan bahwa kolase adalah melukis dengan menggunakan komposisi artistic yang dibuat dari berbagai macam bahan yang ditempelkan pada suatu permukaan gambar.

4. Sunaryo

Menurut Sunaryo, kolase adalah suatu aktivitas yang kompleks serta penting.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Yohana

Menurut Yohana, pengertian kolase adalah sebuah karya gambar serta desain yang dibuat dari susunan potongan-potongan, porselin, kaca berwarna dan juga batu-batuan.

6. Mayesky

Menurut Mayesky, kolase adalah sebuah seni dekorasi pada sebuah bidang dengan kepingan bahan kertas yang berwarna yang disusun serta ditempelkan dengan menggunakan perekat yang berdasarkan dengan konsep desain dari bentuk, pola, penempatan, serta ukuran.

7. Robins

Robins mengatakan bahwa pengertian kolase adalah sebuah seni menempel gambar ataupun pola dengan menggunakan bahan-bahan yang berbeda, seperti menggunakan kain dan juga kertas yang direkatkan ada sebuah latar belakang tertentu.

8. Nicholson

Menurutnya, pengertian kolase adalah sebuah gambar yang dibentuk dari potongan-potongan kertas atau material lain yang ditempel.

Itulah penjelasan tentang pengertian kolase menurut para ahli. Secara umum, dapat diartikan bahwa kolase adalah salah satu Teknik seni dengan menempelkan berbagai macam unsur-unsur ke dalam satu frame, sehingga bisa menghasilkan suatu karya seni yang baru.

Secara umum, bahan baku kolase sendiri dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu bahan alam dan buatan. Untuk mempelajari dalam membuat kolase, kamu bisa menggunakan buku Belajar Kolase: Seri Transportasi.

Buku ini berisikan tentang Latihan kolase dengan menggunakan media kertas warna. Akan tetapi, bisa juga dengan menggunakan media yang lainnya, seperti pasir, kerikil, kacang-kacangan, serta daun. Kamu bisa mempelajari kolase dengan menyenangkan melalui buku ini.

Khusus pada buku ini, berisikan juga informasi singkat tentang alat transportasi untuk dijadikan sebagai Latihan kolase dengan menggunakan media kertas warna. Latihan membuat kolase dengan menggunakan buku ini menjadi jauh lebih menyenangkan.

Kamu bisa langsung membeli buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.