Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Definisi Seni Lukis Menurut Para Ahli yang Perlu Kamu Ketahui

Kompas.com - 13/01/2023, 14:30 WIB
definisi seni lukis Sumber: pixabay definisi seni lukis
Rujukan artikel ini:
Seni Rupa Modern Edisi Revisi
Pengarang: Dharsono Sony Kartika
|
Editor Rahmad

Seni lukis merupakan pengembangan dari kegiatan yang diwujudkannya melalui sebuah karya dua dimensi yang bermediakan kanvas atau media datar lainnya dari objek tiga dimensi. Objek yang biasanya digunakan untuk melukis adalah flora, fauna, lingkungan, alam, dan juga manusia.

Seni lukis juga berisi ungkapan ekspresif dari seniman yang membuat berupa komposisi bentuk nonrepresentatif atau yang tidak menyerupai apapun.

Ciri khas dari karya seni lukis biasanya didasarkan pada corak, teknik, gaya, bahan, serta alat yang digunakan yang mempertimbangkan estetis.

Sederhananya, pengertian seni lukis adalah satu di antara cabang seni rupa tertua yang berasal dari imajinasi dari seniman yang kemudian diekspresikannya melalui media gars, warna, tekstur, gelap terang, ataupun sebuah bidang dan bentuk.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian seni lukis adalah seni tentang gambar menggambar dan lukis-melukis. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian seni lukis, yuk, simak pengertian seni lukis menurut para ahli berikut ini.

Pengertian Seni Lukis Menurut Ahli

definisi seni lukis definisi seni lukis

1. Hegel

Pengertian seni lukis menurut Hegel adalah suatu identitas yang sempurna dan juga nyata. Di dalam pengertian seni lukisnya, Hegel melihat bahwa manusia bisa menunjukkan kemampuannya dalam memahami keindahan alam atau apapun yang dilihatnya sebagai suatu kesaksian sempurna terhadap suatu fakta kalau manusia mampu meng intuisi keindahan.

2. Soedarso

Menurut Soedarso (1987:10), bahwa pengertian seni lukis adalah sebuah pengungkapan pengalaman artistik yang ditumpahkan ke dalam bidang dua dimensi dengan menggunakan garis serta warna.

3. Soesatyo

Pengertian seni lukis menurut Soesatyo (1994) adalah suatu kegiatan anak menggambar, sama halnya dengan kegiatan dalam bercerita, mengungkapkan sesuatu pada dirinya secara spontan melalui media menggambar.

4. Aristoteles

Menurut Aristoteles, pengertian seni lukis adalah sesuatu yang selain baik juga menjadi hal yang menyenangkan. Meskipun terkesan sederhana, tetapi deskripsi tersebut mempunyai kebenaran jamak yang mampu diamini oleh banyak orang.

5. Mike Susanto

Menurut Mike Susanto, pengertian seni lukis adalah Bahasa ungkap dari pengalaman artistic maupun ideologis yang menggunakan warna serta garis, hal itu berguna untuk mengungkapkan perasaan, mengekspresikan emosi, gerak, ilusi, serta ilustrasi dari kondisi subjektif seseorang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Dharsono Sony Kartika

Menurut Dharsono Kartika pengertian seni lukis adalah sebagai suatu ungkapan pengalaman yang estetik seseorang yang kemudian dituangkannya ke dalam bidang dua dimensi (dua matra), dengan menggunakan berbagai medium, berupa rupa, warna, garis, tekstur, bentuk, dan sebagainya.

7. Brade

Brade menambahkan pengertian seni lukis adalah pemanfaatan budi dan akal untuk bisa menghasilkan karya yang membahagiakan jiwa spiritual dari manusia. Jadi, bukan hanya sekedar memuat Bahagia, tetapi juga mengikutsertakan pemanfaatan budi dan akal di dalam prosesnya.

8. Son Ade dan Imam R

Pengertian seni lukis adalah kekuatan peradaban manusia, termasuk kekuatan budaya di dalamnya. Sebab, dalam membuat lukisan, kita dilatih untuk bisa cermat dan juga teliti dalam mengamati berbagai fenomena alam serta kehidupannya.

9. Herbert Read

Pengertian seni lukis menurutnya adalah sebuah jasmani yang mampu direfleksikan melalui suatu kegiatan rohani daya untuk bisa mencapai suatu tujuan. Tujuannya adalah untuk memiliki kemampuan dalam membangkitkan jiwa atau perasaan dari seni itu sendiri untuk bisa mengekspresikannya melalui sebuah gambar.

Itulah pengertian seni rupa menurut para ahli. Kamu bisa mempelajari lebih dalam lagi mengenai seni rupa melalui buku Seni Rupa Modern Edisi Revisi. Buku karya Dharsono Sony Kartika ini ditulis untuk menyediakan bahan ajar pengantar perkuliahan untuk mata kuliah seni rupa modern. Di dalam buku ini, berisi beberapa definisi serta kajian atas eksistensi perkembangan dari seni rupa secara lebih universal.

Sebagai pelengkapnya, buku yang terdiri dari 264 halaman ini juga melampirkan tentang beberapa kajian mengenai wacana seni rupa modern yang berkembang sesuai dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Buku ini ditulis oleh seorang guru besar bidang ilmu estetika seni, sehingga buku ini memiliki pembahasan yang lengkap tentang seni rupa modern. Buku ini sangat cocok untuk kamu yang sedang mempelajari seni rupa modern.

Kamu bisa segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com