Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Bahan yang Bisa Kamu Jadikan Sebagai Karya Seni Kolase

Kompas.com - 23/01/2023, 17:30 WIB
bahan dan cara membuat membuat kolase Sumber: pixabay bahan dan cara membuat membuat kolase
Rujukan artikel ini:
Belajar Kolase: Seri Buah dan…
Pengarang: Kak Wahyu Dwi
|
Editor Rahmad

Karya seni rupa dua dimensi yang bisa dibuat dengan menggunakan berbagai teknik, salah satunya yang cukup populer adalah kolase. Pengertian kolase sendiri adalah sebuah karya seni rupa dua dimensi yang pembuatannya dengan menggunakan berbagai macam bahan.

Kolase adalah salah satu gaya seni rupa yang dapat ditemukan pada berbagai foto, lukisan, atau karya seni dua dimensi lainnya. Kolase adalah karya seni yang mempunyai karakteristik serta keunikannya tersendiri.

Mengulas sedikit tentang awal mula kolase, sebetulnya kolase adalah seni rupa yang sudah mulai terkenal di tahun ke-20-an. Seni rupa ini kemudian menyebar luas ke banyak negara di Eropa. Sampai saat ini, kolase adalah gaya seni rupa yang memiliki banyak penggemar. Kamu dapat membuat kolase dari bahan alami maupun bahan sintetis.

Ciri khas dari karya kolase adalah bentuk asli dari bahan yang digunakan untuk membuat kolase tetap bisa terlihat. Misalnya, kamu menggunakan bahan biji-bijian, maka bentuknya harus tetap seperti biji-bijian, bukan dihancurkan, lalu kamu taburkan ke dalam karya senimu.

Untuk bahan alaminya sendiri, kamu bisa membuat kolase dengan tumbuh-tumbuhan, kulit, kreang, hingga bebatuan.selain itu, ada banyak juga bahan-bahan di sekitar kamu yang bisa kamu jadikan sebagai kolase. Apa saja itu? Simak penjelasannya berikut ini.

Bahan-bahan Untuk Membuat Kolase

bahan dancara membuat membuat kolase bahan dancara membuat membuat kolase

1. Serutan kayu

Serutan kayu bisa kamu jadikan sebagai bahan dalam membuat karya seni kolase. Akan tetapi, sebaiknya kamu keringkan terlebih dahulu serutan kayunya supaya warnanya tidak mudah berubah dan mudah untuk ditempelkan.

2. Kaca

Kaca juga bisa kamu gunakan sebagai bahan dalam membuat kolase. Kamu dapat menggunakan bekas potongan kaca, lalu kemudian kamu bisa tambahkan warna dengan cat sebagai variasinya.

3. Keramik

Keramik yang berwarna-warni serta memiliki tekstur yang sangat beragam juga sangat cocok untuk kamu jadikan bahan dalam membuat kolase. Kamu dapat menggunakan keramik bekas di rumah kalau kamu memilikinya. Hanya saja, jika kamu menggunakan keramik, kamu akan kesulitan dalam proses pemotongannya.

4. Batu

Sama seperti pada kaca, membuat kolase dengan menggunakan batu juga bisa kamu cat untuk menambahkan variasi. Pada saat kamu ingin membuat kolase, kamu bisa mengecat batu tersebut lebih dulu.

5. Biji-bijian

Biji-bijian adalah bahan untuk membuat kolase yang paling populer, terutama untuk prakarya pelajar sekolah. Hal ini disebabkan karena biji-bijian mempunyai bentuk, warna, serta tekstur yang sanga beragam dan mudah untuk diaplikasikan menjadi kolase. Selain itu, warna pada biji-bijian juga cenderung tidak mudah berubah.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Dedaunan

Tidak hanya biji-bijian, bahan kolase yang juga terkenal untuk membuat kolase di kalangan pelajar adalah daun-daunan. Kamu bisa menggunakan daun yang sudah kering dan juga bersih, kemudian kamu susun menjadi sebuah kolase. Kamu bisa memilih daun yang berbeda-beda supaya kolase kamu menjadi lebih menarik.

7. Batok kelapa

Batok kelapa juga bisa kamu gunakan sebagai kolase, lho. Kalau kamu ingin menjadikan batok kelapa untuk kolase, sebaiknya kamu menggunakan yang sudah tua. Kemudian, kamu bersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan begitu, serat serabutnya tidak akan terurai pada saat ingin kamu gunakan sebagai kolase.

8. Kertas bekas

Kolase untuk tugas para pelajar juga biasanya bisa menggunakan kertas bekas. Kamu dapat memilih kertas bekas yang berwarna, seperti majalah, koran, poster, atau kertas bekas kemasan sebuah produk.

9. Kulit-kulitan

Kulit-kulitan yang berasal dari tumbuhan juga dapat kamu gunakan sebagai bahan kolase. Misalnya saja kulit jeruk, kulit pisang, kulit salak, bahkan kulit telur. Namun, jika kamu ingin menggunakannya, jangan lupa untuk membersihkan serta keringkan terlebih dahulu supaya tidak ada getah atau kotoran yang menempel.

Nah, itulah beberapa bahan untuk membuat kolase yang mudah didapat dan pastinya ada di sekitar kamu. Jika kamu ingin membuat kolase, kamu juga bisa mempelajarinya melalui buku Belajar Kolase: Seri Buah dan Sayur karya Kak Wahyu Dwi.

Menariknya, buku ini tidak hanya berisi tentang cara membuat kolase saja, tetapi juga dilengkapi informasi yang unik tentang buah dan sayur, sesuai dengan tema dan judul bukunya. Buku ini berisikan tentang latihan kolase dengan media kertas warna. Namun, kamu juga sebetulnya bisa menggunakan media lain, seperti kerikil, kacang-kacangan, pasir, ataupun dedaunan.

Buku ini mampu membuat aktivitas belajar dan latihan kolase menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Bisa kamu gunakan untuk mengisi waktu kosongmu. Kamu bisa segera beli buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.