Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Menyampaikan Pidato Singkat yang Baik dan Benar

Kompas.com - 20/03/2023, 11:30 WIB
tips membuat pidato Sumber: klimkin/Pixabay tips membuat pidato
Rujukan artikel ini:
Pintar Pidato Dan MC :…
Pengarang: LARASATI NINGSIH & ASTRI…
|
Editor Rahmad

Pidato singkat adalah keterampilan dalam hal menyampaikan pesan di depan public secara verbal dengan suatu tujuan tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato sendiri adalah sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan untuk banyak orang.

Dalam menyampaikan pidato singkat, harus dilakukan dengan benar agar para audiens mampu memahami serta menangkap maksud dari isi pidato singkat yang kita sampaikan.

Jadi, berikut ini adalah tips menyampaikan pidato singkat yang baik dan benar.

Tips Menyampaikan Pidato Singkat

1. Pahami materi yang akan disampaikan

Sebelum menyampaikan pidato singkat, penting bagi kita untuk memahami serta mengetahui terlebih dahulu materi yang akan disampaikan.

Hal tersebut berfungsi untuk meminimalisir adanya kesalahan yang bisa saja terjadi pada saat melakukan pidato di depan banyak orang.

Jadi, untuk bisa memahami materi yang akan kamu bawakan pada saat menyampaikan pidato singkat, maka ketahuilah terlebih dahulu tema yang akan kamu sampaikan.

2. Baca dengan tenang

Pada saat membaca pidato singkat, jangan menunjukkan rasa gugup kamu di depan audien yang sedang mendengarkan kamu. Tarik napas terlebih dahulu, lalu baca dengan tenang dan terkontrol supaya semuanya bisa berjalan dengan lancar.

Ketika kamu bersikap tenang dalam menyampaikan pidato singkat, maka para audiens kamu akan lebih mudah dalam menangkap apa yang disampaikan.

3. Sampaikan dengan suara yang lantang

Suara yang dikeluarkan ketika menyampaikan pidato singkat haruslah lantang. Hal ini bertujuan untuk bisa menarik perhatian dari para audiens kamu, agar mereka semua terfokus pada apa yang kamu sampaikan.

Suara yang lantang memang diperlukan saat menyampaikan pidato singkat supaya penonton bisa mendengar yang kamu sampaikan dan mudah untuk menangkap maksud dari yang kamu sampaikan.

4. Jangan menyampaikan secara terburu-buru

Dalam menyampaikan pidato singkat, sampaikanlah materinya dengan terperinci dan jangan terburu-buru.

Kuasai diri kamu untuk bisa membaca teks pidato singkat secara perlahan, tapi pasti bisa menuju sasaran yang kamu inginkan.

Pasalnya, dengan membaca pidato secara tenang tanpa terburu-buru, pidato singkat yang kamu sampaikan akan lebih mudah untuk diterima.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Menggunakn ekspresi yang tepat

Ekspresi wajah dan tubuh diperlukan pada saat membaca teks pidato singkat. Hal itu berfungsi untuk mendalami apa yang sedang kamu sampaikan.

Ekspresi tubuh dan mimik wajah harus sesuai dengan tema pidato singkat yang kamu bawakan.

Apabila pidato tersebut bertemakan tentang perjuangan, maka mimik wajah kamu juga harus menggambarkan tentang semangat juang, supaya pidato singkat yang kamu sampaikan bisa lebih menarik.

6. Perhatikan ejaan dan tanda baca

Memperhatikan ejaan dan juga tanda baca adalah hal yang sangat penting pada saat menyampaikan pidato singkat.

Dengan memperhatikan ejaan serta tanda baca pada saat membacakan pidato singkat, maka yang kamu sampaikan jauh lebih mudah untuk dipahami audiens.

Jika pidato singkat yang kamu sampaikan tidak memperhatikan ejaan serta tanda baca, maka bisa jadi apa yang kamu sampaikan menjadi ambigu dan tidak jelas.

7. Awali dengan senyuman

Fungsi senyum saat akan menyampaikan pidato singkat sama halnya dengan menyapa para audiens, yaitu untuk menarik perhatian dari para audiens kamu sejak awal dan mampu memberi kesan yang menyenangkan.

Dengan kamu menebar senyum pada saat awal sebelum memulai pidato, maka akan memperbesar kemungkinan juga untuk para pendengar menyukai cara kamu melakukan tahapan pidato singkat.

8. Perhatikan durasi

Membaca pidato singkat harus dengan kondisi yang tenang, tanpa terburu-buru. Namun, durasi harus tetap diperhatikan.

Jangan sampai kamu mengabaikan waktu yang telah diberikan.

Itulah tips yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa menyampaikan pidato singkat dengan baik dan benar. Supaya kamu bisa menyampaikan pidato singkat dengan baik dan benar, kamu bisa mempelajarinya melalui buku Pintar Pidato Dan MC : Cara Dahsyat Menaklukkan Audiens Di Berbagai Situasi.

Melalui buku ini, kamu bisa mempelajari cara supaya kamu tidak merasa demam panggung saat menyampaikan pidato singkat atau pada saat kamu menjadi seorang MC sebuah acara.

Melalui materi yang ada di dalam buku ini, kamu bisa sukses berbicara di depan umum, baik itu dalam berpidato maupun menjadi seorang MC.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com