Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Pelajari 4 Metode Dalam Menyampaikan Pidato Persuasif!

Kompas.com - 28/09/2022, 14:30 WIB
metode pidato persuasif Sumber: the cold wire metode pidato persuasif
Rujukan artikel ini:
Mahir Pidato Dan Mc: Panduan…
Pengarang: Adelina Nurmalasari
|
Editor Rahmad

Tidak semua orang memiliki kemampuan dalam berpidato. Kegiatan berpidato pun tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan sebuah keterampilan dalam penyampaiannya serta kesiapan mental yang kuat. Pasalnya, dalam menyampaikan pidato, kita akan disaksikan oleh banyak orang.

Membacakan pidato persuasif tidaklah sama dengan saat kita ngobrol bersama dengan teman. Pidato persuasif artinya kita melakukan komunikasi satu arah yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk melakukan sesuatu. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui apa yang ingin kita katakan.

Untuk itu, agar pidato persuasif yang ingin kamu sampaikan lancar, kamu perlu mengikuti beberapa metode dalam pidato persuasif.

Metode Dalam Pidato persuasif

metode pidato persuasif metode pidato persuasif

Hal yang tidak kalah penting adalah metode dalam menyampaikan sebuah pidato perlu untuk ditentukan. Dengan metode ini, maka kamu bisa lebih meyakinkan audiens mengenai isi pidato persuasif yang kamu sampaikan.

Terdapat empat macam metode dalam menyampaikan pidato persuasif. Berikut metode beserta penjelasannya masing-masing.

1. Metode Impromtu

Metode impromptu ini dikerjakan secara mendadak atau tiba-tiba tanpa adanya persiapan apapun yang dilakukan oleh orator. Isi yang pada pidato persuasif juga langsung disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Sebelum kamu memulai untuk berpidato, meskipun metode ini seakan diberikan dengan spontan, kamu juga perlu untuk memahami seperti apa metode persuasif itu. Hal ini perlu untuk dilakukan agar kamu bisa mencapai tujuan dari pidato persuasif yang kamu sampaikan.

Metode impromptu biasanya disampaikan oleh orang yang telah memiliki jam terbang yang cukup tinggi sebagai orator. Ia sudah terbiasa dan juga profesional dalam menyampaikan pikirannya di hadapan publik.

Metode ini biasanya dibawakan pada sebuah sambutan dadakan atau sebuah ucapan terima kasih dari ketua RT, kepala sekolah, akademisi, maupun pejabat pemeritahan.

2. Metode Ekstemporan

Metode ekstemporan dilakukan tanpa menggunakan teks pidato. Akan tetapi, pada metode ini, orator masih mempunyai kesempatan untuk membuat sebuah kerangka isi dari pidato persuasif yang ingin disampaikan.

Biasanya metode ekstemporan ini dibantu dengan adanya catatan kecil yang sudah dibuat oleh orator. Catatan kecil ini yang berisi poin atau garis besar dari isi pidato yang akan disampaikan. Catatan ini juga bisa membantu orator menjabarkan pembahasan pidato dalam sebuah uraian yang lebih luas dan mendetail.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Metode Membaca Naskah

Metode membaca naskah adalah metode yang dilakukan dengan membawa naskah pidato, lalu membacakannya pada acara yang sedang berlangsung. Naskah pidato yang telah disusun sebelumnya, kemudian dibaca dengan lengkap dari awal sampai akhir pidato.

Metode pidato membaca naskah ini dapat digunakan untuk menyampaikan pidato formal dan juga resmi, seperti pidato kenegaraan, sambutan dari pemerintah, atau sebuah laporan dari lembaga resmi.

4. Metode Menghafal atau memorasi

Metode menghafal adalah dengan menghafal naskah pidato persuasif yang sudah disebutkan dengan matang sebelumnya. Oleh sebab itu, orator tidak perlu membawa naskah pada saat melakukan pidato di depan umum.

Biasanya, metode ini digunakan oleh kalangan pelajar atau orator public pemula. Untuk kalangan pelajar, metode menghafal ini ditujukan untuk proses pembelajaran. Metode ini juga biasanya diterapkan dalam berbagai kegiatan lomba pidato.

Pada metode ini, naskah pidato dipersiapkan terlebih dahulu sebelumnya, tetapi tidak dibawa pada saat berhadapan dengan publik.

Itulah empat metode dalam menyampaikan metode persuasif yang bisa kamu pilih untuk membacakan pidato. Dalam menyampaikan pidato, jika kita belum terbiasa, maka kita akan merasa grogi, bahkan bisa membuat kita lupa apa yang ingin kita sampaikan.

Berbeda dengan orang yang sudah terbiasa tampil di depan umum. Ia pasti mampu memberikan kesan yang baik di depan para audiensnya.

Jika kamu masih memiliki kesulitan dalam melakukan pidato di depan umum, kamu perlu mempelajarinya melalui buku Mahir Pidato Dan Mc: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup.

Kamu bisa mempelajari keahlian public speaking seperti menjadi MC atau melakukan pidato melalui buku ini.

Buku ini menyajikan berbagai teori yang dapat kamu pelajari untuk menjadi seorang pembicara yang andal dan diminati oleh banyak orang. Selain itu, buku ini juga menyajikan berbagai contoh naskah pidato dan juga MC dalam berbagai kesempatan. Dengan begitu, kamu jadi memiliki acuan naskah dalam Menyusun sebuah naskah pidato.

Buku Mahir Pidato Dan Mc: Panduan Praktis Menyingkirkan Rasa Gugup bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com