Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Melatih Public Speaking untuk Kamu yang Ingin Pandai Berbicara di Depan Umum

Kompas.com - 15/05/2022, 20:00 WIB
Cara Melatih Public Speaking Sumber Gambar: Pexels.com Cara Melatih Public Speaking
Rujukan artikel ini:
Public Speaking Mastery
Pengarang: Ongky Hojanto
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyak sekali kegiatan yang mengharuskan kita melakukan public speaking agar bisa menyampaikan pesan atau tujuan, seperti presentasi, ceramah, pidato, hingga bercerita, semuanya membutuhkannya keahlian dalam berbicara di depan umum supaya dapat tersampaikan dengan baik.

Skill komunikasi yang satu ini memang mutlak diperlukan, baik dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan.

Namun, supaya bisa melakukan skill public speaking dibutuhkan keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi untuk melakukannya.

Kebanyakan dari kita justru selalu merasa gugup dan demam panggung ketika akan berbicara di depan umum, karena tatapan banyak orang yang mampu membuat nyali ciut.

Agar bisa melakukan public speaking secara lancar dan percaya diri, kita harus melakukan latihan yang rutin dan konsisten untuk memunculkan keberanian, sekaligus rasa nyaman saat bertatap muka dengan banyak orang.

Apa saja cara melatih kemampuan public speaking agar tidak gugup dan nervous ketika harus berbicara di depan banyak orang? Simak lima cara melatih skill public speaking yang dapat kamu coba dan praktikkan.

5 Cara Melatih Skill Public Speaking

1. Berbicara di Depan Cermin

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri di depan umum adalah dengan berbicara di depan cermin.

Cara ini cukup efektif untuk membuat kamu merasa terbiasa berbicara sambil menatap tatapan diri sendiri, seolah-olah tatapan tersebut adalah tatapan audiens.

Berbicara di hadapan cermin juga bisa membantu kamu memperlancar dan mengoreksi intonasi, pengucapan, hingga cara berbicara sebelum melakukan public speaking.

Tidak hanya itu, cara ini juga dapat menekan rasa malu dan gugup yang sering mampir saat akan berbicara di depan banyak orang.

2. Berbicara di Depan Teman atau Keluarga

Setelah kamu mulai terbiasa berbicara di hadapan cermin dan sudah memiliki kepercayaan diri yang jauh lebih baik, kini saatnya untuk mencoba berbicara di hadapan orang-orang secara langsung.

Namun, tidak langsung di hadapan audiens, tapi coba minta bantuan sahabat atau keluarga yang bisa menyaksikan kamu latihan berbicara di hadapan mereka.

Cobalah untuk menatap mereka ketika berbicara agar ada koneksi dengan pendengar ketika kamu melakukan public speaking.

Teman atau keluarga yang diajak pun bisa kamu mintai pendapat mereka tentang cara bicara, gesture, hingga isi pesan yang kamu sampaikan, apakah sudah terasa tepat dan on point atau belum.

3. Gali dan Cari Gaya Berbicara Kamu Sendiri

Agar pesan atau hal yang ingin kamu sampaikan pada audiens bisa tersalurkan dengan baik, alangkah baiknya jika kamu mulai mencari dan menggali gaya berbicara kamu sendiri.

Cobalah untuk menemukan karakter yang cocok dengan gaya berbicara kamu agar bisa menjadi ciri khas tersendiri saat kamu melakukan public speaking.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Jangan berusaha untuk meniru atau mencoba menjadi orang lain ketika berbicara di depan umum, sebab hanya akan membuat kamu mudah dilupakan oleh audiens ketika berbicara.

Ciri khas atau karakter ketika berbicara di depan banyak orang merupakan kunci kesuksesan untuk bisa mendapatkan atensi dari para audiens.

4. Susun Materi Public Speaking

Agar kamu bisa lancar saat memberikan pesan ketika public speaking, susunlah materi public speaking yang akan disampaikan dengan mendetail beserta poin-poin penting apa yang ingin kamu sampaikan, agar audiens mampu menyerap isi dari materi yang kamu berikan.

Menyusun materi public speaking juga secara tidak langsung membantu kamu untuk lebih memahami isi materi, sehingga ketika akan dibicarakan di depan banyak orang, kamu akan jauh lebih percaya diri dengan apa yang kamu sampaikan, sekaligus mampu memberikan poin-poin penting bagi audiens.

5. Atur Bahasa Tubuh

Tak kalah penting dengan cara berbicara dan ekspresi wajah, bahasa tubuh juga menjadi poin penting saat akan melakukan public speaking.

Rasanya akan aneh jika apa yang kamu bicarakan tidak sesuai dengan bahasa tubuh yang kamu tunjukkan, sehingga menciptakan momen yang canggung dan memalukan.

Maka dari itu, latihlah gerakan tubuh kamu ketika berbicara di depan umum agar bisa jauh lebih rileks dan tidak kaku, sehingga mampu menciptakan kondisi yang nyaman saat berbicara di hadapan banyak orang.

Jika bahasa tubuh kamu tampak kaku, audiens pun akan kehilangan minat dengan apa yang kamu sampaikan.

Semoga cara-cara di atas bisa menolong kamu untuk mempersiapkan dan meningkatkan kemampuan public speaking, agar bisa jauh lebih rileks dan percaya diri ketika akan menyampaikan materi atau pesan kepada audiens.

Agar kemampuan public speaking kamu bisa jauh lebih meningkat lagi, buku yang satu ini sepertinya akan terasa sangat cocok untuk dibaca, sebagai bahan referensi latihan berbicara di depan banyak orang.

Buku Public Speaking Mastery yang ditulis oleh Ongky Hojanto akan menunjukkan bagaimana kemampuan public speaking itu teramat sangat penting bagi kehidupan, khususnya dalam bidang pekerjaan dan pendidikan.

Skill public speaking adalah salah satu hal atau indikator yang akan membantu kamu dalam melejitkan karir terlepas dari pengetahuan yang kamu miliki, sebab orang yang berpendidikan tinggi sekalipun belum tentu mampu memiliki soft skill yang satu ini.

Oleh karena itu, Ongky Hojanto mencoba untuk membantu para pembaca dengan mengupas tuntas 16 rahasia dalam meningkatkan kemampuan public speaking yang akan ikut melejitkan karier serta kekayaan.

Buku Public Speaking Mastery bisa langsung kamu pesan dan beli di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com