Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Belajar Public Speaking yang Mudah dan Efektif untuk Pemula

Kompas.com - 11/05/2022, 18:00 WIB
Cara belajar public speaking Sumber Gambar: Freepik.com Cara belajar public speaking
Rujukan artikel ini:
Cepat dan Mudah Lancar Public…
Pengarang: Aba Mehmed Agha
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Istilah public speaking berasal dari para ahli retorika yang mengartikannya sebagai sebuah seni atau keterampilan dalam berbicara.

Secara umum, public speaking ini lebih dikenal sebagai sebuah skill atau kemampuan untuk berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum merupakan proses komunikasi yang berkesinambungan antara pembicara dan pendengar, sehingga dalam public speaking seseorang harus bisa berinteraksi dengan baik di depan para audiens.

Saat sedang berbicara di depan banyak orang, kita tentunya harus bisa mencari tema atau materi pembicaraan yang menarik sehingga audiens pun tertarik untuk mendengarkan apapun yang kita bicarakan.

Penyampaian pesannya harus lebih terstruktur dengan menggunakan tata bahasa yang formal, agar terdengar lebih sopan, tapi ini sebenarnya bersifat kondisional tergantung bagaimana situasinya dan siapa saja audiensnya.

Perlu diketahui juga bahwa public speaking adalah sebuah kemampuan yang bisa dipelajari dan dilatih oleh siapapun, dari kalangan manapun.

Bagi kamu yang masih pemula dan ingin tahu bagaimana caranya belajar public speaking yang baik, coba ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Mudah Belajar Public Speaking

1. Perbaiki Kosakata dan Intonasi Suara

Selain untuk penulisan, kosakata juga penting bagi kamu yang ingin belajar public speaking.

Dalam berbicara, kamu harus menggunakan kosakata yang tepat untuk menyampaikan informasi kepada audiens, sehingga kamu tidak salah dalam berucap.

Setelah itu, jangan lupa untuk memperjelas intonasi dan pelafalan kalimat yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung penyampaian informasi dan membantu membuat gaya bicaramu menjadi lebih teratur.

2. Persiapkan Tema atau Materi

Sebelum berbicara di depan banyak orang, kamu harus lebih dulu memperhatikan tema dan mencari bahan materi apa yang ingin kamu sampaikan.

Cobalah untuk memastikan dan memahami topiknya dengan cara membaca dan memerhatikan setiap inti materinya bisa tersampaikan dengan baik.

Melatih diri dengan memahami berbagai tema adalah salah satu cara agar kamu bisa memiliki kemampuan public speaking yang baik.

3. Belajar dengan Menggunakan Catatan

Saat berbicara di depan umum, seorang pembicara sebenarnya diperbolehkan membawa naskah atau “contekan” dalam bentuk tulisan.

Sebagai pemula, kamu bisa melatih diri dengan cara menulis poin penting dari materi yang ingin kamu sampaikan.

Setelah itu, mulailah latihan berbicara dengan perlahan, dan usahakan untuk tidak membaca setiap kata dari catatan yang kamu buat karena itu akan membuatmu terlihat kurang professional.

4. Perbanyak Latihan

Latihan secara rutin adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk mengasah kepercayaan diri yang kamu punya.

Kamu bisa coba berbicara di depan cermin sembari mencari gaya bicara dan intonasi suara yang tepat dan bisa membuatmu nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa meminta tolong orang terdekat untuk membantumu berlatih, mintalah mereka untuk memberikan saran dan kritik untuk memperbaiki kesalahanmu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tips Membuat Public Speaking yang Menarik

1. Gunakan Bahasa Tubuh

Tidak hanya melalui suara, komunikasi melalui fisik juga memiliki pengaruh yang besar terhadap pesan yang diterima oleh para audiens.

Cobalah untuk melatih bahasa tubuhmu dengan baik, seperti kontak mata, pergerakan tangan, dan pergerakan kaki.

Selain itu, usahakan untuk selalu terlihat santai dan tidak keras kepala di depan pendengar agar mereka merasa nyaman.

2. Kendalikan Nada atau Intonasi Suara

Nada suara memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap pesan yang ingin disampaikan.

Sebagai pembicara, kamu harus berusaha untuk bicara dengan nyaring dan jelas supaya orang-orang yang berada di barisan belakang juga bisa mendengar suaramu.

Berbicara dengan suara yang pelan tentunya akan membuat audiens mudah bosan, jadi usahakan untuk memperhatikan setiap intonasi suara yang kamu gunakan.

3. Menggunakan Slide Presentasi yang Unik

Bagi kamu yang memilih untuk menggunakan slide, cobalah untuk membuat slide presentasi yang menarik dan bisa memberikan edukasi bagi para audiens.

Tidak masalah jika kamu ingin menambahkan beberapa warna atau ilustrasi, selama inti dari materi kamu bisa tersampaikan dengan jelas.

4. Belajar dari Kesalahan

Seorang pemula yang baru belajar pastinya tidak akan luput dari kesalahan, jadi jangan pernah merasa malu ataupun minder.

Setelah berbicara di depan umum, kamu bisa pertimbangkan berbagai kesalahan yang kamu lakukan, analisis penyebabnya, dan cobalah untuk tidak lagi mengulanginya di kemudian hari.

Itulah beberapa cara yang efektif untuk belajar public speaking dan bagaimana cara membuat public speaking yang menarik untuk audiens.

Untuk semakin melatih kemampuan yang kamu miliki, kamu bisa mencoba untuk membaca buku Cepat & Mudah Lancar Public Speaking karya Aba Mehmed Agha.

Dalam kehidupan, kita memang kadang dituntut untuk bisa berbicara di hadapan banyak orang, entah untuk presentasi, jadi moderator saat rapat, jadi pembawa acara, dan sebagainya.

Lalu, apa saja hal yang harus dipersiapkan saat ingin memulai public speaking dan bagaimana cara yang efektif untuk melatih kemampuan berbicara yang kita miliki?

Melalui buku ini, kamu akan memahami dunia public speaking mulai dari sejarah, teori, fungsi, teknik khusus dalam menyusun sebuah pidato, strategi dalam berbicara saat pidato, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buku ini juga akan memberikan tips dan trik bagaimana caranya menghindari rasa takut atau gugup saat ingin berbicara di depan publik, sehingga setelah ini kamu bisa menjadi pembicara yang baik dan andal.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com