Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Doa Selamat yang Bisa Kamu Amalkan Setiap Hari

Kompas.com - 16/03/2023, 11:30 WIB
kumpulan doa selamat Sumber: RODNAE Productions/Pexels.com kumpulan doa selamat
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Doa & Zikir Harian…
Pengarang: Tim Redaksi
|
Editor Rahmad

Sebagai seorang hamba yang beriman, tentunya setiap orang menginginkan perlindungan dan juga keselamatan dari segala hal buruk atau ancaman yang mungkin saja menimpa saat di dunia maupun di akhirat kelak.

Untuk itu, sudah sepatutnya kita untuk selalu memanjatkan doa selamat kepada Allah SWT dengan bacaan khusus.

Doa selamat adalah sebuah permohonan yang dipanjatkan oleh seorang hamba untuk memita keselamatan atau perlindungan dari Allah SWT dari berbagai kondisi serta situasi berbahaya.

Pasalnya, dalam ajaran Islam, sebaik-baiknya Maha Penolong hanyalah Allah SWT. Maka, hanya Allah lah yang maha mengetahui segalanya termasuk yang memberi jalan keluar.

Jadi, berikut ini kumpulan doa selamat yang bisa kamu panjatkan setiap hari, setelah kamu selesai menjalankan sholat.

Kumpulan Doa Selamat Dalam Bahasa Latin Beserta Artinya

1. Doa Selamat

Doa selamat berikut ini dapat kamu baca untuk meminta keselamatan dari maut, agama, rezeki, dan juga memohon Rahmat kepada Allah SWT.

Allahumma inna nas-aluka salamatan fiddin wa afiyatan fil-jasadi wa ziyadatan fil-ilmi wa barakatan firrizqi, wa taubatan qablal-maut, wa rahmatan indal-maut, wa maghfiratan ba'dal maut. Allahumma hawwin alaina fi sakaratil maut, wannajatan minannaari, wal afwa indal hisab.

Artinya:

"Ya Allah, kami memohon kepada Engkau akan keselamatan agama, kesehatan badan, tambahnya pengetahuan, berkahnya rezeki, mendapatkan tobat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati, mendapat ampunan sesudah mati. Dan ringankanlah kiranya dalam sakaratul maut, dan selamatkanlah kiranya dari siksa neraka dan dapatkan kami ampunan pada hari hisab (perhitungan)."

2. Doa Selamat dan Tolak Bala

Doa selamat dan tolak bala adalah doa yang berisi permohonan kepada Allah SWT supaya bisa selamat dari segala bencana, ujian kehidupan, maupun siksaan.

Allahummaftah lana abwabal khair, wa abwabal barakah, wa abwaban ni'mah, wa abwabar rizqi, wa abwabal quwwah, wa abwabas shihhah, wa abwabas salamah, wa abwabal 'afiyah, wa abwabal jannah.

Allahumma 'afina min kulli bala'id dunya wa 'adzabil akhirah, washrif 'anna bi haqqil qur'anil 'azhim wa nabiyyikal karim syarrad dunya wa 'adzabal akhirah.

Ghafarallahu lana wa lahum bi rahmatika ya arhamar rahimin. Subhana rabbika rabbil izzati 'an ma yashifun, wa salamun a'alal mursalin, walhamdulillahi rabbil 'alamin.

Artinya:

"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hal Alquran yang agung dan derajat Nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Dzat yang maha pengasih. Maha suci Tuhan, Tuhan keagungan dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada Rasul. Segala puji bagi Allah, semesta alam."

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Doa Selamat Dunia Akhirat

Jika kamu ingin mendapatkan keselamatan selama hidup di dunia dan di akhirat kelak, maka kamu bisa memperbanyak membaca doa berikut ini.

Rabbana aatina fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah, wa qinaa adzabannaari

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, serta peliharalah kami dari siksa neraka."

4. Doa Selamat dari Fitnah Kafir

Fitnah adalah suatu Tindakan yang sangat merugikan orang lain dan juga kejam. Agar terhindar dari segala macam fitnah kafir, maka kamu bisa mengamalkan doa selamat berikut ini.

Rabbana laa taj'alnaa fitnatal lillaziina kafaruu waghfir lanaa rabbanaa innaka antal aziizul hakiim

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi orang-orang kafir dan ampunilah kami ya Tuhan. Sesungguhnya Engkaulah yang maha perkasa lagi maha bijaksana.

Itulah kumpulan doa selamat yang dapat kamu amalkan setiap hari supaya mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Terdapat berbagai doa sehari-hari yang bisa kamu amalkan setelah selesai sholat, sesuai dengan yang ingin kamu panjatkan kepada Allah SWT.

Kamu bisa membaca buku Kumpulan Doa & Zikir Harian Istimewa.

Buku ini adalah buku kumpulan doa yang sumbernya berasal dari Al-quran dan sunnah Rasul. Doa-doa dan dzikir yang ada di dalam buku ini disusun secara rapi.

Mulai dari doa saat dalam kondisi tertentu, seperti doa sehari-hari, doa khusus Nabi, hingga dzikir untuk menghilangkan segala gangguan magis.

Setiap doa di dalam buku ini juga dilengkapi dengan terjemahannya dan kotak checklist, sehingga kamu bisa menandai doa mana saja yang telah kamu pelajari.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com