Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Doa Sehari-Hari yang Mustajab Untuk Diamalkan

Kompas.com - 16/01/2023, 12:30 WIB
Doa Sehari-hari Photo by Konevi on Pixabay Doa Sehari-hari
Rujukan artikel ini:
Doa Harian Bersama M. Quraish…
Pengarang: M. Quraish Shihab
|
Editor Rahmad

Doa adalah sarana komunikasi yang bisa kita lakukan dengan Allah SWT. Dalam ajaran Islam setiap orang selalu dianjurkan berdoa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Banyak sekali cara-cara baik yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

Mulai dari doa sehari-hari dalam berbagai situasi hingga melakukan hal-hal baik lainnya. Ini semuanya adalah teladan dari Rasul yang perlu kita amalkan. Doa ini dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman dan selalu merasa dekat dengan Yang Maha Kuasa.

Mengenai berbagai jenis doa, banyak sekali pernyataan Allah di dalam Al-Qur'an yang berbicara tentang perintah untuk berdoa kepada-Nya. Seperti pada surat Al-Fatir ayat 15 berikut ini:

Doa Sehari-hari Doa Sehari-hari

Artinya:

“Wahai manusia, kamulah yang sangat butuh Allah dan Dialah yang Maha Kaya (yang tidak memerlukan apapun) lagi Maha Terpuji. (QS. Fathir: 15)

Doa Sehari-hari

Berdasarkan perintah Allah di atas, setidaknya kamu mengetahui doa harian berikut ini yang bisa kamu amalkan sebagai doa sehari-hari dalam aktivitasmu:

1. Doa Sebelum Memulai Aktivitas

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Artinya Ya Allah, denganmu kami berpagi hari, dengan-Mu kami bersore hari, denganmu kami hidup, denganmu kami mati dan hanya kepadamu lah (kami) kembali

2. Doa agar Dibukakan Pintu Rezeki

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلً

Artinya Ya Allah, sungguh aku memohon padaMu ilmu yang bermanfaat, rezeki halal, dan diterima amalnya

3. Doa Dijauhkan dari Musibah atau Masalah

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya Ya Allah, atas kebenaran Al-Fatihah dan rahasia Al-Fatihah, Wahai sang pembedah kegelisahan, wahai Sang penyingkap kebingungan, Wahai Dzat yang maha ampun dan mengasihi para hambanya, Wahai Sang Penolak Bala. Wahai Sang Penolak Bala, Ya Rohman dan Sang Penolak Bala, Ya Rohim. Sholawat serta salam semoga selalu terlimpah untuk baginda Nabi Muhammad dan para keluarga serta sahabatnya semua, Maha suci Tuhanmu, Yang Memiliki Keperkasaan (izzah) dari apa yang mereka katakan. Semoga keselamatan selalu dilimpahkan pada para rasul dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

4. Doa Sabar Menghadapi Masalah Atau Musibah

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Artinya Ya Allah, janganlah jadikan hati kami condong pada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk pada kami, dan karuniakan pada kami rahmat dari sisi-MU karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)

5. Doa Menerima Bantuan Tidak Terduga

الحمد لله الذي رزقني هذا من غير حول مني ولا قوة اللهم بارك فيه

Artinya Segala puji bagi Allah yang telah memberi rezeki padaku tanpa daya dan upayaku. Ya Allah, maka berilah keberkahan di dalamnya

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Doa Diberi Kesehatan

اللهم إنا نسأل عن استمرار المغفرة والصحة والحماية في الدنيا والآخرة والنصر لدخول الجنة والخلاص من نار جهنم

Artinya Ya Allah, kami mohon ampunan, kesehatan dan perlindungan terus menerus di dunia dan akhirat, kemenangan surga, serta keselamatan dari api neraka

7. Doa Menutup Hari

اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِى نُورًا وَفِى بَصَرِى نُورًا وَفِى سَمْعِى نُورًا وَعَنْ يَمِينِى نُورًا وَعَنْ يَسَارِى نُورًا وَفَوْقِى نُورًا وَتَحْتِى نُورًا وَأَمَامِى نُورًا وَخَلْفِى نُورًا وَعَظِّمْ لِى نُورًا

Artinya Ya Allah, jadikan hati kami cahaya, dalam penglihatan kami cahaya, dalam pendengaran kami cahaya, di sisi kanan kami cahaya, di sisi kiri kami cahaya, di atas kami cahaya, di bawah kami ada cahaya, di depan kami ada cahaya, di belakang kami ada cahaya, dan agungkan cahaya untuk kami.

8. Doa Menyambut Pagi

Artinya Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu pagi dan waktu petang, dan karena Engkau pula kami hidup dan mati dan kepadaMu kami akan kembali.

9. Doa Menjelang Petang

Artinya Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan waktu pagi, karena Engkau pula kami hidup dan mati dan padaMu juga kami akan kembali.

10. Doa Ketika Hujan

Diriwayatkan dalam hadits Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan doa ketika hujan seperti berikut ini:

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Artinya Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat

Buku Doa Harian Bersama M. Quraish Shihab bisa kamu jadikan referensi untuk belajar doa sehari-hari dalam menjalankan aktivitas. buku ini diantaranya doa ketulusan niat, doa kerja dan ibadah, doa kebaikan dunia akhirat, doa kecukupan, dll.

Buku ini juga bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com