Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa! Ini 4 Manfaat dari Selalu Membaca Doa Keluar Rumah

Kompas.com - 15/11/2022, 09:30 WIB
manfaat membaca doa keluar rumah Sumber: harianriau.co manfaat membaca doa keluar rumah
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Lengkap Doa Sehari-Hari
Pengarang: Annisa Salsabila
|
Editor Rahmad

Sebelum memulai suatu aktivitas seperti keluar rumah, ada baiknya setiap umat muslim mengawalinya dengan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan membaca doa keluar rumah.

Doa keluar rumah dan manfaatnya perlu untuk diketahui oleh semua umat muslim. Membaca doa keluar rumah ini termasuk ke dalam bacaan doa sehari-hari yang seharusnya sering untuk dibaca oleh setiap muslim pada saat mereka keluar rumah untuk bepergian.

Membaca doa ketika keluar rumah dimaksudkan agar senantiasa Allah SWT selalu melindungi umatnya dari marabahaya seta godaan dari setan.

Sebab, doa keluar rumah juga merupakan salah satu doa yang berkaitan dengan perbuatan tawakal kepada Allah SWT. Sebab, bagaimana pun juga, seorang manusia adalah seorang makhluk yang lemah dan terus membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Utamanya adalah untuk menjaga konsistensi tawakal kepada Allah SWT.

Orang yang tawakal ini bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT juga termaktub di dalam QA An Nahl ayat 99 yang artinya adalah

“Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan.”

Doa keluar rumah ini juga pastinya memiliki manfaat bagi orang yang mau mengamalkannya. Lantas apa saja manfaat yang didapatkan oleh orang yang selalu membaca doa keluar rumah? Simak informasinya berikut ini, ya.

Manfaat Membaca Doa Keluar Rumah

manfaat membaca doa keluar rumah manfaat membaca doa keluar rumah

Berikut ini adalah manfaat mengamalkan doa keluar rumah yang penting untuk diketahui oleh umat muslim.

1. Dijaga oleh malaikat

Manfaat doa keluar rumah yang pertama adalah dijaganya kita oleh malaikat pada saat keluar rumah. Allah SWT senantiasa melindungi umatnya dari berbagai marabahaya serta godaan setan selama mereka melakukan berbagai aktivitasnya.

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Abu Daud dan Tirmidzi yang artinya sebagai berikut.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dikisahkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda “Apabila seseorang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa, 'Bismillahi tawakkaltu 'alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah', maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, dicukupkan kebutuhanmu, dan kamu dilindungi.' Seketika itu setan-setan pun langsung menjauhi dirinya. Kemudian salah satu setan berkata kepada temannya, ‘Bagaimana mungkin kalian dapat mengganggu orang yang sudah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?”

2. Mendapatkan petunjuk dari Allah SWT

Manfaat membaca doa keluar rumah yang selanjutnya adalah Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk ke jalan yang benar kepada umatnya yang selalu membaca doa keluar rumah saat mereka hendak melakukan aktivitas di luar rumah.

Doa keluar rumah merupakan sebuah wujud permohonan perlindungan seorang hamba kepada Allah SWT. Orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT ini, maka ia tidak akan tersesat atau tidak ada orang yang akan membuat dirinya tersesat.

3. Diberikan kecukupan

Doa keluar rumah akan memberikan manfaat kepada yang membacanya adalah dicukupkannya rezeki oleh Allah SWT. Selain itu, juga dicukupkan segala hajatnya, baik di dunia maupun di akhirat kelak.

4. Terlindungi dari godaan setan

Gangguan dari setan selalu mengikuti manusia kemana pun manusia itu pergi. Maka dari itu, kita perlu untuk memohon perlindungan dari Allah SWT supaya terbebas dari godaan setan. Salah satu caranya adalah dengan membentengi diri dengan doa keluar rumah.

Itulah manfaat yang didapatkan seorang muslim jika ia membaca doa keluar rumah ketika hendak bepergian. Selain membaca doa keluar rumah ketika hendak bepergian, berdzikir selama perjalanan juga sangat dianjurkan. Sebab, dengan memperbanyak dzikir dan juga doa, bisa menambahkan pahala, serta melindungi diri dari godaan setan.

Untuk mengetahui banyak doa lainnya untuk doa sehari-hari, kamu bisa mengetahuinya dengan membaca buku Kumpulan Lengkap Doa Sehari-Hari. Melalui buku ini kamu bisa mengetahui banyak doa yang bisa kamu gunakan sebagai suatu jalan untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Sebab, hal kecil yang diawali dengan doa akan terhitung sebagai pahala. Maka dari itu, buku ini berisikan lengkap doa sehari-hari yang bisa kamu amalkan.

Dengan begitu, semoga kamu menjadi bagian dari orang-orang yang selalu mendapatkan keutamaan dari-Nya.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com