Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu! 6 Waktu Mustajab Untuk Berdoa yang Niscaya Dikabulkan

Kompas.com - 09/01/2023, 10:30 WIB
waktu yang baik untuk berdoa Sumber: pixabay.com waktu yang baik untuk berdoa
Rujukan artikel ini:
2 Syarat Utama Bahagia Dunia…
Pengarang: Haris Priyatna
|
Editor Rahmad

Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang rendah hati dan sering berdoa kepada-Nya. Semakin banyak hambanya berdoa, maka semakin bersar pula kesempatan doa serta harapan itu dikabulkan oleh Allah SWT. Doa yang bisa kamu panjatkan setiap hari adalah doa selamat dunia akhirat.

Siapa yang tidak mau diberikan kenikmatan, baik itu di dunia saat ini maupun di akhirat kelak. Maka dari itu, penting untuk kita selalu memanjatkan doa selamat dunia akhirat.

Terkait tentang waktu untuk berdoa, terdapat waktu-waktu tertentu yang bisa menjadikan doa yang dipanjatkan menjadi mustajab. Dengan kata lain, doa kamu bisa lebih didengar oleh Allah SWT. Tentunya, semua waktu memang baik untuk kita berdoa. Namun, Allah SWT memberikan kelebihan bagi waktu-waktu tersebut.

Lantas, kapan saja waktu yang tepat untuk memanjatkan segala doa, termasuk doa selamat dunia akhirat? Berikut ini ulasannya.

Waktu Mustajab Untuk Berdoa

waktu yang baik untuk berdoa waktu yang baik untuk berdoa

1. Pada hari jumat

Pada sebuah hadis dari Abu Hurairah menyebutkan bahwa Rasulullah mengatakan bahwa pada hari Jumat Allah SWT akan mengabulkan doa para hamba-Nya. Arti dari hadis tersebut adalah sebagai berikut.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari Jum’at terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan sholat lantas ia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang ia minta.” Dan beliau berisyarat dengan tangannya akan sebentarnya waktu tersebut. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Ketika berpuasa dan berbuka puasa

Waktu mustajab untuk berdoa, termasuk memanjatkan doa selamat dunia akhirat adalah pada saat seseorang tengah menjalankan ibadah puasa. Selain itu, pada saat berbuka puasa tiba juga termasuk ke dalam waktu yang mustajab saat berdoa.

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa, “Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak.” (HR. Muslim).

Dalam hadis lain juga disebutkan bahwa Rasulullah bersabda bahwa, “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

3.Selesai sholat fardhu

Waktu yang tepat untuk berdoa, termasuk meminta doa selamat dunia akhirat adalah setiap selesai menjalankan sholat 5 waktu. Maka dari itu, setelah selesai menjalankan sholat fardhu, sebaiknya kamu tidak langsung beranjak pergi, tetapi gunakanlah waktu yang kamu miliki untuk berdoa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Di waktu ini menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Kamu juga bisa menambahkan bacaan dzikir serta wirid sebelum memanjatkan doa selamat dunia akhirat. Hal tersebut dianjurkan demi terkabulnya segala doa.

4. Sepertiga malam terakhir

Sepertiga malam terakhir menjadi waktu yang baik untuk berdoa, termasuk memanjatkan doa selamat dunia akhirat. Doa yang dipanjatkan pada waktu tersebut akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda bahwa, “Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Antara adzan dan iqamah

Pada saat kamu mendengarkan adzan, maka berhentilah untuk beraktivitas, kemudian gunakan waktu tersebut untuk berdoa. Jangan lupa juga untuk memanjatkan doa selamat dunia akhirat. Selain itu, menjelang iqomah juga perbanyaklah dalam membaca doa.

6. Ketika sujud dalam sholat

Sujud merupakan simbol pengakuan atas kelemahan diri seseorang. Sujud juga menjadi sebuah bentuk kepasrahan pada Allah SWT. Jadi, pada saat sujud dianjurkan untuk memperbanyak doa, karena posisi tersebut adalah paling dekat dengan Allah SWT.

Itulah beberapa waktu mustajab yang baik untuk memanjatkan doa, termasuk dalam doa selamat dunia akhirat. Sebagai umat manusia, sudah selayaknya kita untuk berdoa dan meminta kepada Allah SWT. Hal ini karena dalam kehidupan di dunia ini bisa terjadi berbagai macam hal. Mulai dari hal yang sedih hingga yang menyenangkan.

Buku 2 Syarat Utama Bahagia Dunia Akhirat: Sabar & Syukur menunjukkan cara dalam menghadapi dua polarisasi keadaan manusia, yaitu keadaan sedih dan senang. Konsep dalam sabar dan bersyukur menjadi kunci jawaban menurut buku ini. Pasalnya, segala kehidupan sudah diatur oleh Allah SWT.

Di dalam buku ini, kamu akan menemukan seluk beluk tentang sabar dan bersyukur, hubungan dengan kesuksesan serta kebahagiaan, dan juga penerapannya di dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com