Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Rekomendasi Buku Dasar-dasar Ilmu Hukum Terbaik

Kompas.com - 08/02/2023, 08:30 WIB
Rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum Photo on Gramedia,com Rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum
Rujukan artikel ini:
Dasar-Dasar & Pengantar Ilmu Hukum
Pengarang: Bergas Prana Jaya
|
Editor Rahmad

Jika berniat mempelajari hukum, kamu bisa mulai mempelajarinya dari dasar-dasar dan pengantar ilmu hukum untuk mengenalnya lebih luas. Rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum akan membantumu dalam memahami ilmu hukum.

Bahkan, jika kamu adalah orang yang sangat awam sekalipun dengan hukum. Banyak yang beranggapan ilmu hukum itu rumit. Akan tetapi, bukan berarti sulit untuk dipelajari asalkan kamu punya kemauan untuk belajar dan memilih referensi yang tepat.

Rekomendasi Buku Dasar-dasar Ilmu Hukum

Berikut ini rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum terbaik yang bisa kamu jadikan referensi belajar dari awal:

1. Dasar-Dasar & Pengantar Ilmu Hukum

Buku Dasar-Dasar & Pengantar Ilmu Hukum ini bisa jadi peta yang memberi arah tujuan agar tidak tersesat untuk menuntunmu menuju ilmu hukum yang luas dan kompleks. Kodifikasi hukum yang beragam menganggap bahwa setiap manusia sudah paham hukum.

Maka dari itu, buku ini dapat memberikan pemahaman secara menyeluruh tentang seluk-beluk hukum. Selain itu, buku ini terdiri dari 9 bab, buku ini mengupas tuntas berbagai macam hukum lengkap dengan teori-teorinya.

Penyampaiannya sederhana, sehingga orang awam yang ingin belajar hukum diharapkan bisa memahami isinya. Buku ini cocok untuk mahasiswa fakultas hukum maupun mereka yang ingin mulai mempelajari ilmu hukum.

2. Dasar-Dasar Pengetahuan Ilmu Hukum

Buku Dasar-Dasar Pengetahuan Ilmu Hukum ini memuat materi tentang pengetahuan dasar Ilmu Hukum. Materi yang disajikan sangat dibutuhkan untuk mereka mahasiswa yang menuntut ilmu di Fakultas Hukum.

Selain itu, juga bisa jadi bahan tambahan referensi bagi teoritisi dan praktisi hukum. Itulah sebabnya, penyusunan buku ini lebih disesuaikan dengan silabus dan materi perkuliahan untuk mahasiswa yang sedang mengikuti perkuliahan Pengantar Ilmu Hukum.

3. Dasar-Dasar Ilmu Hukum

Buku Dasar-Dasar Ilmu Hukum yang ditulis oleh Endrik Safudin ini menyajikan dasar-dasar hukum. Buku ini mampu membekali para pembaca dengan pengetahuan dasar tentang ilmu hukum secara lebih luas.

Buku ini layak dibaca untuk mereka yang tertarik mempelajari hukum. Baik masyarakat umum maupun mahasiswa yang baru belajar hukum. Buku ini menjelaskan tentang pengetahuan mendasar tentang hukum.

Mulai dari pengertian hukum, tujuan, fungsi, dan dan sasaran hukum, beserta beberapa materi lain yang saling berkaitan.

4. Pengantar Ilmu Hukum

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku Pengantar Ilmu Hukum ini mengajak pembaca untuk menyelami sendi ilmu hukum. Termasuk secara eksplisit mengenai berbagai macam dasar perihal ilmu hukum.

Di antaranya adalah ruang lingkup ilmu hukum, manusia dan masyarakat, tujuan dan fungsi hukum, asas hukum, konsep hukum, dan juga mencakup sumber-sumber hukum. Dari materinya, ini cocok jadi rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum yang lengkap.

5. Refleksi Tentang Hukum: Pengertian-Pengertian Dasar dalam Teori Hukum

Buku Refleksi Tentang Hukum ini jadi buku pengantar yang tepat untuk mempelajari Teori Hukum sebagai suatu disiplin hukum mandiri. Di Eropa, ilmu hukum mengalami perkembangan pesat sejak tahun 1970-an.

Sebagai disiplin hukum mandiri, teori hukum, berdasarkan tingkat abstraksinya, terletak antara di satu pihak Ilmu Hukum Positif (Dogmatika Hukum). Tingkat abstraksinya mempelajari sebuah sistem hukum nasional tertentu dan hukum internasional.

Dalam filsafat Hukum ini merefleksi "as such" secara abstrak-spekulatif. Buku ini membahas berbagai aspek penting. termasuk bidang telaah teori hukum secara jernih dengan penggunaan bahasa yang sangat sederhana bagi pemula dalam ilmu hukum.

6. Pengantar Ilmu Hukum

Ini adalah buku hukum untuk penunjang belajar para mahasiswa dan juga dosen hukum, terutama di semester 1.

Buku Pengantar Ilmu Hukum dari Pustaka Baru ini mempunyai isi yang sesuai dan update tentang ilmu pengetahuan hukum di Indonesia maupun secara umum.

Pengantar Ilmu Hukum merupakan salah satu mata kuliah dasar tujuannya adalah untuk memperkenalkan ilmu hukum secara keseluruhan dalam garis besar. Ilmu Hukum sendiri merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang menelaah hukum.

7. Refleksi Tentang Struktur Ilmu Hukum

Buku Refleksi Tentang Struktur Ilmu Hukum ini menyajikan masalah dan pokok pikiran yang tercantum di dalamnya. Ini berguna untuk memperoleh kajian kritis dari para pakar hukum Indonesia, dan juga para ahli filsafat ilmu.

Buku ini membahas tentang telaah dan diskusi dari landasan kefilsafatan dan sifat-sifat khas ilmu hukum. Selain itu juga, membuka atau memperluas kemungkinan untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas dan baik tentang ilmu hukum.

Bahkan, pembaca juga dapat menemukan pembahasan tentang kekuatan-kekuatan dan kelemahan-kelemahannya, manfaatnya, tujuan, dan struktur dalam ilmu hukum.

Nah, itulah rekomendasi buku dasar-dasar ilmu hukum terbaik yang bisa jadi referensi belajar. Buku-buku di atas akan menuntunmu ke referensi yang lebih lengkap, termasuk spesifikasi bidang dalam ilmu hukum yang lebih luas lagi.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com