Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 9 Cara Self Healing Terbaik Selain Pergi Berlibur

Kompas.com - 03/02/2023, 11:30 WIB
Cara Self Healing Terbaik Photo by geralt on Pixabay Cara Self Healing Terbaik
Rujukan artikel ini:
Self Healing 30 Hari
Pengarang: SOFIA ALVIRZHIE & MULASIH…
|
Editor Rahmad

Apakah kamu pernah merasa down dan butuh menenangkan diri? Kamu mungkin sedang butuh self healing yang dapat meningkatkan perasaan jadi lebih baik. Self-healing merupakan proses yang dilalui untuk mengembalikan citra diri.

Tujuan dari proses ini adalah agar mengenal diri sendiri lebih baik, menerima kesalahan sendiri dan mengatasi perasaan menyesal dan gagal yang telah mengganggu.

Jika kamu bisa melalui proses penyembuhan diri, kamu akan kembali lebih kuat dari sebelumnya. Lebih fresh secara mental dan mampu mengatasi masalah yang kamu hadapi dan masa lalu.

Sebenarnya, ada banyak cara self healing terbaik selain liburan yang bisa dilakukan. Ini bisa jadi pilihan yang lebih mudah dan sederhana untuk menyembuhkan diri sendiri.

Apalagi jika kamu tidak punya banyak waktu atau budget untuk liburan yang mungkin saja hanya jadi pelarian. Artinya, kamu tidak benar-benar sembuh dengan luka yang membuatmu stres bahkan depresi.

Cara Self Healing Terbaik

Berikut ini cara self healing terbaik yang bisa kamu lakukan secara sederhana untuk mempersehat mental:

1. Me Time

Me Time artinya waktu untuk diri sendiri yang berguna untuk membuat Anda merasa lebih nyaman dan rileks. Kamu bisa memilih untuk menghabiskan waktu sendirian tanpa memikirkan orang lain baik untuk kesehatan mental.

Metode self healing ini membuat kita merasa menjadi pusat dari semua kehidupan. Pada saat yang sama, orang lain hanyalah kebahagiaan pelengkap.

2. Berdialog pada Diri Sendiri

Salah satu cara menyembuhkan luka batin adalah dengan berdialog pada diri sendiri. Cobalah bercermin dan jujurlah pada diri sendiri.

Berdialog sendirian dapat melampiaskan perasaan buruk. Saat kamu mulai memahami diri sendiri, kamu bisa merasa bersyukur atas yang kamu miliki saat ini.

3. Menulis Ekspresif

Menulis ekspresif adalah self healing terbaik untuk menjelaskan semua emosi yang kamu alami. Cara ini tidak perlu memperhatikan ejaan dan tanda baca untuk menulis ini. Misalnya, menulis di buku harian dengan format apapun yang kamu mau.

Cara ini bisa meredakan segala emosi dan stres. Teknik penulisan ini dapat membantu penyembuhan dan memberikan gambaran dari perspektif yang berbeda.

Kamu dapat membuat jurnal selama 15-20 menit setiap hari dan ini bisa meningkatkan kepercayaan diri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Bermeditasi

Meditasi dapat dilakukan dalam suasana santai dan damai. Meditasi dapat membuatmu lebih tenang sehingga memberimu waktu sejenak untuk merenung diri.

Saat ini juga tidak sulit mengetahui bagaimana cara meditasi yang sederhana yang bisa kamu temukan di internet.

5. Berlatihlah Bernapas

Cobalah berbaring telentang, hitung sampai 6, tarik napas dan hitung sampai 6. Coba tarik napas melalui hidung dan dada, lalu buang napas melalui mulut. Ulangi cara ini selama kurang lebih 5-10 menit. Berlatih pernapasan dapat menenangkan pikiran dan emosi.

6. Sugesti Diri untuk Memerangi Pikiran Negatif

Ketika kamu tenggelam dalam pikiran sendiri, apa yang kamu katakan dan pikirkan pada saat itu menentukan bagaimana bereaksi dan menghadapi masalah.

Sering kali, seseorang secara tidak sadar memelihara pikiran negatif dengan membiasakan diri mengatakan hal-hal buruk tentang diri mereka sendiri. Kamu bisa mulai mendorong diri sendiri untuk mengucapkan kata-kata positif saat merasa down.

Mengatakan kepada diri sendiri dengan lantang bahwa kamu bisa dan akan melawan pikiran negatif akan mendorong untuk perlahan tapi pasti mengatasi rintangan.

7. Menepi Sejenak atau Membuat Jarak Fisik

Jika kamu merasa terganggu dalam situasi tertentu atau memiliki perasaan bahwa lingkungan kamu tidak mendukung proses penyembuhan diri, tidak masalah jika sejenak membuat jarak fisik.

Kamu bisa menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa membuatmu marah atau kecewa pada dirimu sendiri, karena kamu merasa lebih baik, perlahan kamu bisa mendekat.

8. Beri Dirimu Ruang

Memberi ruang pada diri sendiri cenderung membawa kedamaian dan apresiasi yang lebih dalam terhadap diri sendiri, pada saat-saat tertentu kamu bisa melakukan hal-hal yang Anda nikmati sendiri.

Dengan cara ini, kamu bisa melupakan pikiran negatif dan luangkan waktu sejenak untuk merenungkan sejauh mana perjalanan kamu, memikirkan hal-hal menyenangkan dan menyadari bahwa kamu sangat berharga dan pantas untuk bahagia.

9. Perawatan Diri

Self healing terbaik yang juga bisa kamu lakukan adalah perawatan diri. Ini akan menyadarkan betapa dirimu itu berharga. Ini juga akan berdampak seperti tubuh jadi lebih bugar, atau kamu merasa mempesona karena baru saja perawatan diri.

Buku Self Healing 30 Hari bisa kamu jadikan referensi untuk mempelajari apa saja yang dapat dilakukan untuk melakukan self healing. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan self healing, seperti mendengarkan musik, dan hal lain yang menyenangkan diri kita.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com