Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Karakteristik yang Dimiliki Setiap Lapisan Bumi? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 30/01/2023, 14:30 WIB
karakteristik lapisan bumi Sumber: pixabay karakteristik lapisan bumi
Rujukan artikel ini:
Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi
Pengarang: Son Seung Hwi
|
Editor Rahmad

Para ahli menjelaskan bahwa bumi seperti halnya bawang bombay yang terdiri dari banyak lapisan. Perkembangan teknologi serta ilmu pengetahuan yang ada memungkinkan kepada manusia untuk mendeteksi berapa banyak lapisan bumi.

Secara berurutan, terdapat empat lapisan bumi, yaitu kerak, mantel, inti luar, dan inti dalam. Lapisan bumi ini bisa dideteksi dengan aktivitas seismologi. Deteksi melalui metode ini melibatkan pengukuran gelombang suara yang dihasilkan oleh aktivitas gempa bumi.

Lapisan bumi dibedakan juga berdasarkan pada karakteristik mineral pada setiap kedalamannya. Biasanya, lapisan bumi bagian dalam cenderung lebih cair dibandingkan dengan lapisan bumi bagian luar. Hal ini dipengaruhi oleh adanya perbedaan suhu serta tekanan yang besar. Berikut ini karakteristik yang dimiliki oleh setiap lapisan bumi.

Karakteristik Lapisan Bumi

karakteristik lapisan bumi karakteristik lapisan bumi

1. Kerak

Lapisan kerak adalah lapisan bumi bagian terluar. Lapisan kerak ini mempunyai ketebalan sekitar 5 sampai 70 kilometer. Lapisan ini baru muncul 100 juta tahun setelah terbentuknya bumi.

Sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, bumi mengalami sebuah proses peleburan yang menyebabkan zat padat tenggelam ke tengah, sedangkan bahan yang cair pindah ke bagian luar. Zat yang ada di sisi luat inilah yang kemudian membentuk kerak bumi.

Kerak bumi terdiri dari tiga jenis batuan utama, yaitu batuan beku, metamorf, dan sedimen. Lapisan bumi ini hanya membentuk 1 persen dari seluruh volume bumi.

2. Mantel

Mantel terdiri dari dua bagian, yaitu mantel atas dan mantel bawah, lapisan bumi ini membentuk 84 persen volume bumi. Pada mantel atas, membentuk litosfer dan kerak bumi yang membentang pada kedalaman 7 sampai 450 kilometer.

Zona transisi pada kedalaman 410 sampai 660 kilometer, kemudian lapisan mantel bawah terletak pada kedalaman 660 sampai 2.891 kilometer. Lapisan ini adalah lapisan yang memiliki aktivitas tektonik. Selain itu, aktivitas ini yang akan bertanggung jawab atas gempa bumi, pergeseran benua, pembentukan rantai pegunungan, dan proses geologi lainnya.

Lapisan bumi mantel ini tersusun dari bumi serta nikel. Suhu lapisan bumi ini tinggi, yaitu 500o sampai 900 o untuk mantel atas dan 4000 o celcius untuk mantel bawah.

3. Inti luar

Berdasarkan pada penyelidikan seismic, pada lapisan bumi bagian inti mempunyai struktur yang cair. Lapisan inti luar dipredksi mempunyai kepadatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mantel atau kerak. Di mana kisarannya antara 9000 dan 12.200 km/m3.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Inti luar juga mempunyai ketebalan yaitu 2.300 kilometer, dengan radius kurang lebih 3.400 kilometer. Lapisan bumi inti luar ini dibentuk oleh nikel, besi, dan berbagai elemen ringan. Lapisan bumi ini diperkirakan memiliki suhu 4.030o sampai 5.730o celsius.

4. Inti dalam

Lapisan bumi inti dalam mempunyai komposisi yang sama dengan lapisan bumi inti luar, yang membedakannya adalah lapisan bumi inti dalam ini lebih padat. Inti dalam mempunyai radius seluas 1.200 kilometer atau sekitar 70 persen dari jari-jari bulan. Suhunya diperkirakan sekitar 5.400 o celcius.

Meskipun suhu pada lapisan bumi inti dalam ini sangat tinggi, tetapi tekanan lingkungannya juga tinggi, yaitu sekitar 330 sampai 360 gigapascal. Hal ini yang menyebabkan logam dan besi lainnya tidak meleleh dan cenderung bisa memadat pada lapisan bumi inti dalam.

Itulah karakteristik yang dimiliki oleh 4 lapisan bumi. Setiap lapisan bumi mempunyai karakteristik serta fungsi yang berbeda-beda. Jika kamu ingin memahami lagi pengetahuan tentang bumi kamu bisa mempelajarinya melalui buku Ensiklopedia Anak Hebat: Bumi.

Buku yang ditulis oleh Son Seung Hwi ini berisikan secara lengkap tentang pengetahuan yang berkaitan dengan bumi. Sebelum menjelajahi alam dan tempat yang ada di bumi, kamu akan disuguhkan terlebih dahulu tentang bagaimana terbentuknya bumi di ruang angkasa.

Bukan hanya itu, kamu juga dapat mencari tahu tentang banyaknya peristiwa yang terjadi di muka bumi. Mulai dari tsunami, badai pasir, banjir, gempa bumi, polusi, dan fenomena lain yang kerap terjadi di planet kita.

Lengkapnya buku ini, bisa menjawab semua pertanyaan kamu dan tentunya bisa memuaskan rasa keingintahuan kamu tentang bumi. Yuk, segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com