Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Fakta pada Berita agar Tidak Termakan Hoaks

Kompas.com - 27/01/2023, 12:00 WIB
Fungsi Fakta dalam Berita Sumber Gambar: Freepik.com Fungsi Fakta dalam Berita
Rujukan artikel ini:
TULISLAH! Mengembangkan Proses Kreatif Menulis…
Pengarang: Pepih Nugraha
|
Editor Ratih Widiastuty

Fungsi fakta pada berita merupakan suatu hal yang harus dipahami oleh setiap orang agar tidak termakan dengan informasi palsu atau hoaks yang kini semakin mudah saja dipercayai oleh banyak orang.

Berita sendiri adalah laporan berisi informasi yang aktual, terkini, dan berdasarkan fakta yang disebarkan kepada khalayak ramai lewat berbagai media yang ada.

Berita dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara penyampaiannya, yakni berita yang disampaikan secara lisan dan secara tertulis atau tulisan.

Penyampaian berita secara lisan bisa kita lihat dan dengar melalui media elektronik, seperti televisi dan radio.

Sementara untuk penyampaian berita secara tertulis dapat kita baca lewat media cetak dan daring, seperti koran, majalah, hingga portal online.

Fungsi fakta dalam sebuah berita adalah untuk meyakinkan dan menguatkan informasi yang terdapat di dalam berita tersebut.

Sebagai salah satu unsur paling penting dalam sebuah berita, fakta berperan untuk menjadikan berita akurat, terpercaya, dan bermanfaat sebagai informasi yang akan disebarluaskan kepada masyarakat.

Berita yang tidak didasari berdasarkan fakta akan mengurangi kebenaran dalam isi berita itu sendiri, sehingga pada akhirnya akan memunculkan spekulasi negatif di tengah masyarakat.

Fakta dalam berita pun mempunyai beberapa fungsi sebab tanpa kehadiran fakta, maka data dalam berita tidak valid.

Lalu, apa fungsi fakta dalam berita?

Berikut 5 fungsi fakta dalam berita yang harus kamu ketahui.

5 Fungsi Fakta dalam Berita

1. Lebih Meyakinkan

Berita yang didukung dengan kehadiran fakta di dalamnya akan semakin menarik dan meyakinkan pembaca, pendengar, atau penonton untuk dapat memercayai berita tersebut.

Hal ini tidak lepas dari rasa ingin tahu masyarakat yang tinggi akan kejadian apa saja yang sedang terjadi saat ini, sehingga membutuhkan kehadiran berita dalam kehidupan mereka.

Meskipun berita yang dilebih-lebihkan atau diberi bumbu fiksi terdengar lebih menarik, tapi berita yang disertai fakta justru akan lebih meyakinkan untuk dipilih.

Fakta mampu membuat media yang menyebarluaskan berita tersebut menjadi media yang kredibel dan dapat dipercaya karena memberikan hal yang sebenarnya dalam berita yang dibagikan.

2. Informasi yang Lebih Akurat

Fungsi fakta dalam berita yang berikutnya adalah mampu memberikan informasi yang jauh lebih akurat.

Informasi yang akurat akan membantu masyarakat untuk mendapatkan berita dengan isi yang sebenarnya, sehingga mudah untuk dipercaya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berita yang akurat berdasarkan fakta membuat informasi akan dengan cepat diserap dan diyakini kebenarannya karena berisi data dan fakta.

Maka dari itu, seorang wartawan harus mampu mengolah berita berdasarkan fakta agar kenyataan yang ada dapat disampaikan secara akurat.

3. Tidak Berat Sebelah

Berita yang disampaikan berdasarkan fakta tentunya tidak akan memihak siapa pun juga dalam proses penyampaiannya.

Informasi yang disampaikan juga jauh lebih berimbang karena tidak mencoba menaikkan atau merugikan pihak mana pun.

Fakta yang ada akan memberikan gambaran utuh dalam berita, sehingga apa pun informasi yang ada di dalamnya tidak berat sebelah.

Hal ini tentunya akan semakin membuat masyarakat yakin dengan media yang menyampaikan berita dengan data dan fakta secara utuh.

4. Menambah Bobot Berita

Berita yang disampaikan berdasarkan fakta akan memiliki bobot yang kuat di mata masyarakat.

Agar bobot sebuah berita bisa bertambah kuat, maka isilah dengan fakta yang ada, bukan hanya sensasi hanya demi mendapatkan perhatian sementara.

Fakta adalah komponen terpenting yang membuat masyarakat percaya akan sebuah media yang menyampaikan berita.

5. Menyampaikan Berita secara Lengkap

Berita yang berlandaskan fakta akan menyampaikan informasi secara utuh dan tidak sepotong-sepotong yang justru akan membingungkan masyarakat.

Masyarakat akan jauh lebih percaya dengan berita yang disampaikan secara lengkap karena mengandung fakta, sehingga peristiwa bisa lebih dipercaya.

Menyampaikan berita secara utuh dan lengkap berarti tidak melebih-lebihkan atau mengurangi informasi yang ada.

Fakta akan memberikan fungsi dan peranan yang penting agar para pewarta mampu memberikan informasi yang sebenarnya.

Untuk kamu yang ingin belajar akan proses kreatif dalam menuliskan sebuah berita, yang tentunya berdasarkan fakta, maka buku TULISLAH! Mengembangkan Proses Kreatif Menulis Berita, Feature, Fiksi yang akan memberikan ilmu baru dalam kemampuan copywriting.

Buku ini akan membahas cara bagaimana mengembangkan proses kreatif menulis yang lebih luas dan inovatif, mulai dari proses kreatif menulis berita, proses kreatif menulis feature, proses kreatif menulis fiksi, dan proses kreatif menulis buku.

Ditulis dengan gaya bertutur, isi buku ini adalah pengalaman puluhan tahun penulis yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan kepenulisan.

Segera pesan dan beli bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com