Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jitu Menulis Bagus dan Rapi

Kompas.com - 05/01/2023, 13:00 WIB
Cara Menulis Bagus Sumber Gambar: Pexels.com Cara Menulis Bagus
Rujukan artikel ini:
Latihan Menulis dengan Rapi Untuk…
Pengarang: Aida Hanifah
|
Editor Puteri

Tulisan yang bagus tentunya selain mudah dibaca, penampilannya juga enak untuk dilihat.

Mengajarkan anak sejak dini untuk melatih dan membiasakan mereka agar bisa menulis dengan bagus dan rapi tentunya merupakan langkah yang tepat karena tulisan yang bagus bisa menjadi modal yang kuat dalam dunia pendidikan maupun pekerjaan.

Meskipun saat ini media menulis sudah beralih ke digital, namun eksistensi tulisan tangan rasanya tidak bisa lenyap begitu saja karena menulis dengan tangan masih sangat diperlukan dalam berbagai aktivitas.

Tidak hanya sekedar estetika belaka, tulisan tangan yang bagus dan rapi juga mempunyai beberapa fungsi penting.

Dengan tulisan yang bagus dan rapi, maksud serta tujuan dari tulisan bisa tersampaikan dengan baik.

Penulis akan dianggap mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas karena mampu menyusun tulisan dengan bagus dan rapi.

Apalagi terdapat beberapa momen yang mengharuskan kita untuk menulis dengan tangan yang tentunya akan terasa lebih spesial dan personal jika ditulis dengan tulisan tangan yang bagus dan rapi.

Tulisan tangan yang bagus dan rapi juga bisa meningkatkan rasa percaya diri karena mampu menghasilkan sesuatu yang sampai saat ini masih dianggap penting dan mengagumkan.

Bagaimana cara melatih tulisan yang bagus dan rapi? Berikut 5 cara menulis bagus dan rapi yang dapat kamu praktikkan sendiri.

5 Cara Jitu Menulis Bagus dan Rapi

1. Gunakan Alat Tulis yang Tepat

Alat tulis seperti pena dan kertas bisa menjadi faktor penting yang dapat membantu untuk menghasilkan tulisan tangan yang bagus dan rapi.

Maka, sebelum menulis, usahakan untuk memilih pena dan kertas dengan kualitas yang baik agar tidak mengganggu hasil tulisan tangan yang diinginkan.

Pilihlah pena yang tidak licin saat dipegang oleh jemari agar tidak menyiksa tangan ketika digunakan.

Pastikan juga jenis tinta yang ada dalam pena tersebut tidak mudah bocor.

Pena yang nyaman akan menghasilkan tulisan tangan yang bagus dan rapi.

2. Atur Posisi Tubuh dalam Postur yang Tepat

Selain peralatan menulis yang tepat, posisi tubuh ketika akan menulis pun harus diperhatikan karena sangat berpengaruh pada hasil tulisan tangan yang dibuat.

Posisi tubuh yang membentuk postur yang salah justru akan mengganggu proses menulis, sehingga tulisan yang dihasilkan pun akan menjadi jelek.

Posisi tubuh yang tepat ketika akan menulis adalah dengan menegakkan punggung dan kaki menapak lantai dengan posisi yang nyaman.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Gunakan juga kursi atau bangku dengan bantalan yang empuk supaya saat menulis tidak mudah pegal dan mengubah-ubah posisi.

3. Perbanyak Latihan Menulis

Distraksi yang muncul saat ini melalui dunia digital tentunya akan menyulitkan kita untuk berlatih menulis dengan tangan akibat kemudahan yang diberikan oleh teknologi.

Tekad dan niat yang kuat akan membantu untuk tetap konsisten melatih tulisan tangan agar dapat meningkatkan kualitas tulisan menjadi bagus dan rapi.

Usahakan tulis apa pun itu setiap hari dengan konsisten agar kualitas tulisan tangan bisa terus meningkat menjadi lebih baik.

Selipkan waktu kosong khusus untuk berlatih tulisan tangan agar menjadi sebuah kebiasaan yang bisa membantu menghasilkan tulisan tangan yang bagus dan rapi.

4. Menulis Surat

Jika kamu bingung mau menulis apa untuk melatih tulisan tangan, maka menulis surat dapat dijadikan opsi yang tepat karena mudah untuk dilakukan.

Tulislah surat kepada diri sendiri ataupun orang lain tanpa harus ada patokan atau aturan tertentu.

Kamu dapat menanyakan kabar, menuliskan kegiatan sehari-hari, atau meluapkan perasaan yang bisa ditujukan untuk diri sendiri.

Dengan menulis surat insting kamu dalam menulis akan semakin terasah, sehingga membantu meningkatkan kualitas tulisan tangan.

5. Pilih Tempat dan Kondisi yang Tepat

Tempat dan waktu untuk melatih tulisan tangan juga teramat penting untuk ditentukan.

Pilihlah tempat yang tenang dan bebas gangguan agar konsentrasi saat berlatih menulis bisa tetap terjaga fokusnya.

Pilihlah waktu yang dirasa minim gangguan, baik gangguan suara maupun distraksi lainnya supaya niat dan tekad untuk membuat tulisan bagus dan rapi tidak goyah.

Kamu bisa mencoba melatih tulisan tangan di malam hari saat kebanyakan orang sudah beristirahat, sehingga dapat memberikan ketenangan selama melakukannya.

Semoga kelima cara ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan kualitas tulisan tangan yang bagus dan rapi.

Penting sekali rasanya untuk mulai mengajarkan anak sejak dini melatih tulisan mereka melalui buku Latihan Menulis dengan Rapi yang akan cocok untuk TK dan SD kelas 1.

Buku ini akan membantu anak-anak untuk bisa menulis dengan bagus dan rapi melalui materi yang mudah untuk dipraktikkan karena memang dikemas secara ringan dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, buku ini juga turut mengajarkan tulisan tegak bersambung yang tentunya akan semakin mengasah kemampuan tulisan tangan anak menjadi jauh lebih baik dan berkembang.

Segera pesan dan order bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com