Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Cara Menghadirkan Cerita yang Menarik dalam Menulis Cerita Fiksi!

Kompas.com - 28/09/2022, 12:30 WIB
tips menulis cerita fiksi Sumber: compulsivereaders.com tips menulis cerita fiksi
Rujukan artikel ini:
Pedoman Menulis Fiksi Yang Indah
Pengarang: Jerome Stern
|
Editor Rahmad

Cerita fiksi merupakan salah satu karya sastra yang lumayan popular. Dalam fiksi, imajinasi para pembaca dapat berkembang bebas, pasalnya pembaca dapat membayangkan cerita yang dibaca. Maka, untuk menjadi seorang penulis cerita fiksi bukan hal yang mudah.

Seorang penulis cerita fiksi ditantang untuk mampu menghadirkan sebuah alur cerita yang ciamik, supaya pembacanya mampu “tenggelam” di dalamnya.

Tantangannya tidak hanya dalam merangkai alur dan menuliskannya dengan Bahasa yang indah saja, tetapi juga mudah dipahami. Jadi, seorang penulis cerita fiksi harus mampu menghadirkan latar belakang cerita yang memikat pembaca.

Dalam mengatasi hal tersebut, biasanya setiap penulis mempunyai cara masing-masing, ada yang memilih untuk menggunakan draft serta poin di setiap babak untuk ceritanya. Ada pula yang langsung menuliskan ide serta rangkaian ceritanya. Selain itu, ada juga yang melihat contoh cerita fiksi terlebih dahulu. Tergantung pada kenyamanan penulis masing-masing.

Lalu, bagaimana cara menghadirkan cerita yang bisa memikat pembaca dalam membuat cerita fiksi? Bagi kamu yang pemula maupun yang sedang bingung menulis cerita fiksi, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu praktikkan.

Tips Menulis Cerita Fiksi

tips menulis cerita fiksi tips menulis cerita fiksi

1. Tentukan Ide Cerita yang Tepat

Sebelum memulai untuk menulis contoh cerita fiksi, kamu perlu untuk memahami ide ceritanya dahulu. Apa yang ingin kamu ceritakan kepada pembaca serta pesan yang ingin disampaikan. Kamu bisa langsung ambil tema besar dan pokok gagasan yang ingin dikembangkan.

Dari ide cerita, kamu bisa megembangkan plot, menetapkan karakter, menentukan alur, serta melakukan riset untuk menegaskan detail yang mendukung cerita. Kalau kamu sudah menentukan ide cerita, maka kamu hanya perlu mengikuti alur yang sudah kamu tentukan saja.

Sebab, tanpa ada ide cerita yang jelas, kamu bisa kehilangan arah dan bisa membuat cerita dari karyamu akan membingungkan pembaca.

2. Gunakan Outline

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa setiap penulis mempunyai metode yang berbeda dalam Menyusun alur. Jadi, tips selanjutnya adalah kamu harus mengetahui apakah kamu nyaman menggunakan metode outline atau tidak.

Kamu bisa mencoba metode ini terlebih dahulu untuk mencari yang pas. Jika kamu merasa cocok, maka kamu bisa melanjutkannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Ciptakan Karakter yang Berkesan

Setelah kamu menentukan ide serta metode penulisan cerita fiksi, maka yang selanjutnya adalah tokoh cerita. Peran tokoh dalam cerita fiksi sangatlah krusial, entah itu tokoh utama maupun pendukung.

Jadi, ketika menciptakan tokoh juga perlu dibarengi dengan karakter yang jelas. Untuk menciptakannya itu, kamu harus bisa menjawab pertanyaan seperti siapa mereka, apa yang diinginkan dalam cerita tersebut, kenapa mereka menginginkannya serta apa yang dilakukan tokoh.

4. Rangkailah Plot yang Apik

Kalau kamu menggunakan outline, maka akan lebih mudah kalau kamu membuat sebuah plot. Plot adalah jalan cerita atau alur. Alur dapat disusun kalau kamu sudah memiliki outline yang jelas.

Plot inilah yang akan membawa ke mana arah dari cerita fiksi tersebut, sehingga perlu untuk disusun sebaik mungkin. Penyusunan plot dalam penulisan juga berbeda-beda, tapi biasanya berisi pembuka, awal konflik, krisis, klimaks, dan terakhir penutup.

Selain perlu sebuah kreativitas, untuk merangkai plot yang apik, dibutuhkan wawasan yang luas. Selain itu, yang paling penting adalah kamu bisa melakukan sebuah riset.

5. Riset

Riset sangatlah penting dalam menulis. Riset dalam cerita fiksi penting dalam membangun kedekatan tokoh, cerita dan juga pembaca. Riset bisa dilakukan setelah penulis menemukan garis besar, ide, karakter setiap tokoh, serta plot.

Selain lima tips di atas dalam menulis cerita fiksi, masih ada beberapa tips lainnya yang bisa kamu terapkan supaya cerita fiksimu diterima oleh para pembacamu. Supaya lebih maksimal kamu bisa membaca buku Pedoman Menulis Fiksi Yang Indah.

Buku ini ditulis oleh Jerome Stern, seorang kepala program Creative Writing di Florida State University. Buku ini berisi uraian yang singkat tetapi padat dan jelas, baik itu tentang novel, cerpen, serta macam-macam karakteristik yang paling mendasar lainnya.

Buku ini merupakan panduan penulisan cerita fiksi yang bisa membantu kamu dalam memulai untuk membangun cerita fiksi. Di dalamnya juga berisi contoh yang jelas dari berbagai Teknik yang kamu butuhkan.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com