Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Kucing yang Imut, Lucu, dan Menggemaskan, Kamu Pilih yang Mana?

Kompas.com - 19/01/2023, 14:41 WIB
Kucing yang Imut  Sumber Gambar: Freepik.com Kucing yang Imut 
Rujukan artikel ini:
Tip Jitu Memelihara 9 Hewan…
Pengarang: Redaksi Agromedia
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Bagi kamu yang menyukai hewan, pasti sudah tidak asing lagi dengan hewan peliharaan yang satu ini.

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling populer di antara hewan peliharaan lain seperti anjing, kelinci, atau bahkan burung.

Wajahnya yang imut dan lucu, tingkahnya yang menggemaskan, dan perawatannya yang cenderung mudah membuat banyak orang menyukai hewan peliharaan yang satu ini.

Menurut penelitian dari Scientificamerican, suara kucing merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian, sekaligus menandakan bahwa kucing tersebut ingin bermain dengan pemiliknya.

Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara kucing tapi masih bingung ingin memilih kucing jenis apa, kamu bisa simak artikel lengkapnya berikut ini.

Jenis Kucing yang Imut dan Menggemaskan

1. Kucing Domestik

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Meski sering diremehkan, kucing domestik atau kucing kampung masih menjadi salah satu jenis kucing yang paling sering dijadikan hewan peliharaan.

Tidak seperti kucing ras yang memiliki karakteristik tertentu dan membutuhkan perawatan khusus, kucing domestik termasuk jenis yang mudah untuk dipelihara dan jinak terhadap manusia.

Di banyak negara termasuk Indonesia, kucing domestik sering kali hidup liar di lingkungan sekitar rumah, sehingga karakteristiknya sangat mudah dikenali.

2. Kucing Persia

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Kucing Persia dikenal memiliki sifat yang ramah dan penyayang, bahkan terhadap orang asing yang baru dikenalnya sekalipun.

Kucing jenis ini biasanya lebih suka menikmati hari-harinya dengan meringkuk atau tidur di sofa bersama dengan pemiliknya, karena kucing Persia cenderung lebih manja.

Kucing Persia pada umumnya memiliki tubuh yang diselimuti bulu panjang dan lebat, wajah yang bulat, dan hidung yang pesek, sehingga membuatnya terlihat sangat lucu.

Jika kamu tertarik untuk memelihara kucing persia, kamu harus siapkan dana ekstra untuk pemeliharaannya, karena kucing jenis ini memiliki nilai jual tinggi mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 13 juta per ekor.

3. Scottish Fold

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Sesuai dengan namanya, kucing jenis ini memiliki bentuk telinga yang terlipat, sehingga membuatnya terlihat unik dan menggemaskan.

Kucing Scottish Fold memiliki kepribadian yang menyenangkan, mudah dekat dengan pemiliknya, dan tidak terlalu suka suara yang keras.

Selain bentuk telinga yang terlipat, kucing Scottish Fold memiliki tubuh yang cukup besar dengan berat sekitar 4 sampai 6 kg.

Dibalik kelucuan dan keunikannya, kucing jenis ini pun dijual dengan harga yang relatif tinggi, mulai dari Rp 2,5 juta sampai Rp 6 juta per ekor.

4. British Shorthair

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Jenis kucing ini disebut memiliki karakteristik tubuh yang ideal dan nyaris sempurna sehingga sering kali dijuluki sebagai kucing yang sangat berkelas.

Kucing British Shorthair memiliki bulu yang halus dengan tampilan wajah yang bulat dan manis, serta kepribadian yang menyenangkan dan setia pada pemiliknya.

Hampir sama seperti hewan ras pada umumnya, kucing British Shorthair dijual dengan harga yang relatif tinggi, yaitu sekitar Rp 8 juta per ekor.

5. Kucing Ragdoll

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Kucing yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki sifat yang jinak dan penuh kasih sayang pada pemiliknya.

Karakteristiknya hampir mirip dengan kucing Persia dengan bentuk wajah dan pipi bulat, bulu yang halus, dan mata berwarna biru seperti boneka yang menggemaskan.

Kucing Ragdoll tidak terlalu suka bereksplorasi ke sembarang tempat dan lebih memilih untuk mengikuti pemiliknya atau tidur di tempat favoritnya.

Untuk bisa memilikinya, kamu perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta per ekornya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

6. Kucing Munchkin

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Tidak seperti jenis kucing pada umumnya, munchkin memiliki bentuk tubuh yang mungil meski usianya telah dewasa, bentuk kakinya juga cenderung gemuk dan pendek.

Dengan tubuh dan kaki yang berukuran pendek, bahu mereka akan sangat rendah ke tanah sehingga gaya berjalannya terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Meskipun tidak bisa melompat setinggi dan sejauh kucing jenis lain, munchkin masih termasuk kucing yang lincah, aktif, dan sangat suka bermain bersama pemiliknya.

Meski memiliki tampilan yang unik dan menggemaskan, harga kucing munchkin masih tergolong cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta per ekor.

7. Kucing Anggora

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Kucing angora termasuk jenis kucing ras paling populer tidak hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara.

Tak hanya itu, kucing angora bahkan dianggap sebagai kucing ras tertua di dunia, yang berasal dari Ankara, Turki.

Kucing angora memiliki tubuh yang panjang, bulu yang lebat dan halus, bentuk telinga yang lebar, dan lebih suka berdiam diri di rumah.

Untuk memiliki kucing jenis ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp 200 ribu sampai Rp 1,5 juta per ekornya.

8. Russian Blue

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Russian blue merupakan jenis ras kucing yang memiliki bulu pendek berwarna abu-abu yang mengkilat.

Senada dengan kelucuannya, kucing jenis ini juga dikenal cerdas, ramah, atraktif, dan mudah merasa nyaman dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalnya.

Harga kucing Russian blue ini terkenal cukup mahal, yakni bisa mencapai Rp 30 juta rupiah per ekornya.

9. Kucing Siamese

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Kucing siam atau siamese adalah jenis kucing ras oriental yang berasal dari Thailand, tapi bisa ditemukan di berbagai negara.

Kucing siam memiliki tubuh yang ramping, ekor yang panjang, berbulu pendek, dan mata berwarna biru yang menawan.

Kucing bersuara lembut ini juga dibagi lagi menjadi 3 jenis yang berbeda, yakni siam klasik, tradisional, dan modern.

Dengan keunikan yang dimilikinya, tidak heran jika kucing siam ini dijual dengan harga yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

10. Kucing Abyssinian

Kucing yang Imut Kucing yang Imut

Jenis kucing ini mungkin sedikit terdengar asing bagi sebagian orang, tapi yang pasti kucing ini juga termasuk jenis yang lucu dan menggemaskan.

Kucing Abyssinian termasuk ras yang aktif dan sangat suka bermain, sehingga cocok dijadikan sebagai teman di rumahmu.

Saking mudahnya mendapatkan kepercayaan mereka, kucing Abyssinian juga sangat cocok dijadikan sebagai sahabat untuk anak-anak.

Itu dia 10 jenis kucing yang lucu, imut, dan menggemaskan, yang tentunya bisa kamu jadikan sebagai pilihan untuk dirawat di dalam rumah.

Setelah mengetahui berbagai jenis kucing, kamu juga harus mempelajari cara-cara perawatan kucing yang baik sesuai dengan jenis kucing yang kamu pilih nantinya.

Untuk membuat kamu lebih ahli dalam merawat hewan peliharaan, kamu bisa membaca panduannya dalam buku Tip Jitu Memelihara 9 Hewan Kesayangan Populer karya Redaksi Agromedia.

Buku ini berisi berbagai macam tips jitu memelihara dan merawat hewan kesayangan, mulai dari cara memandikan, cara mencegah kerontokan pada bulu kucing, cara melatih kecerdasan hewan, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya kucing, buku ini juga berisi cara-cara merawat hewan peliharaan jenis lain seperti anjing, kelinci, burung, dan sebagainya.

Kalau kamu tertarik untuk membaca buku ini lebih dalam, kamu bisa membeli bukunya melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com