Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah dan Seru, Simak Disini!

Kompas.com - 30/12/2022, 11:30 WIB
tips belajar bahasa inggris mudah Sumber: brit.co tips belajar bahasa inggris mudah
Rujukan artikel ini:
Let`s Learn English Through Stories,…
Pengarang: Marta Yuliani
|
Editor Rahmad

Bahasa Inggris sudah sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, bahasa Indonesia yang sering kita gunakan sehari-hari juga banyak yang menggunakan kata serapan dari bahasa Inggris. Banyaknya kata serapan dalam bahasa Inggris yang digunakan juga bisa membuat kita lebih mudah untuk bisa memahaminya.

Dengan begitu, cara belajar bahasa Inggris menjadi lebih mudah. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk kamu bahwa belajar bahasa Inggris itu sulit dan rumit. Cara belajar bahasa Inggris tidak harus dilakukan ditempat formal, seperti sekolah atau tempat les.

Cara belajar bahasa Inggris dapat kamu lakukan sendiri di rumah secara otodidak. Medianya pun juga beragam, bisa melalui buku, film, lirik lagu, atau bahkan permainan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips cara belajar bahasa Inggris dengan mudah, yang bisa kamu lakukan di rumah. Tips ini juga bisa kamu aplikasikan ke dalam kehidupanmu sehari-hari, sehingga kamu tidak akan merasa terbebani saat belajar.

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Mudah

tips belajar bahasa inggris mudah tips belajar bahasa inggris mudah

1. Mendengarkan podcast bahasa Inggris

Podcast adalah salah satu platform yang pada saat ini banyak digemari oleh kalangan remaja hingga dewasa. Nah, cara belajar bahasa Inggris bisa melalui podcast. Melalui platform podcast kamu dapat memilih playlist favorit sebagai sumber belajar bahasa Inggris.

Sebagai bonusnya, mendengarkan podcast juga bisa kamu jadikan sebagai “teman” saat kamu melakukan aktivitas lainnya. misalnya, kamu bisa mendengarkan podcast sambil perjalanan menuju ke kampus atau kantor.

Lalu, kamu bisa memilih akun podcast bahasa Inggris yang ingin kamu dengarkan. Terdapat beberapa akun podcast seperti, All Ears English Podcast, TED Radio Hour, dan sebagainya.

2. Membaca artikel atau berita bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris dengan membaca berita atau artikel dapat menambah perbendaharaan kosakata kamu. Kamu bisa melakukan tantangan untuk diri kamu membaca berita dalam bahasa Inggris atau artikel yang full berbahasa Inggris.

Kamu bisa membaca berita secara online, melalui Jakarta Post, BBC International News, atau Insider News, dan masih banyak lagi. Selain menambah kosakata, membaca berita atau artikel juga dapat menambah wawasan, sebab itu merupakan bacaan yang informatif.

3. Belajar bahasa Inggris melalui sosial media

Cara belajar bahasa Inggris selanjutnya adalah melalui sosial media. Kamu bisa mengintip channel VOX, TedX Talk, atau Kurzgesagt. Ketika kamu menonton, maka kamu akan mendapatkan berbagai kosakata baru yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya.

Kalau kamu ingin menonton video yang lebih singkat lagi, kamu juga bisa melihat melalui TikTok. Di platform tersebut juga banyak content creator yang menyajikan video berbahasa Inggris dan juga membagikan tips mereka dalam cara belajar bahasa Inggris hingga mahir.

4. Bermain games dalam bahasa Inggris

Games dengan menggunakan bahasa Inggris mampu memperkaya kosakata kamu. Misalnya saja, pada games Mobile Legend, terdapat kosakata seperti “killing is always better than giving mercy.”

Melalui kalimat yang ada dalam games tersebut, kamu bisa mengetahui kosakata yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui. Kamu tinggal mengunduh games yang kamu sukai. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Bercerita dalam bahasa Inggris

Berbeda dengan speaking, sebagian orang juga memperhatikan dalam penggunaan grammar pada saat menulis dibandingkan pada saat berbicara. Cara belajar bahasa Inggris yang mudah juga bisa melalui menulis.

Dengan menulis, justru kamu bisa berlatih untuk membuat kalimat secara lengkap. Kamu bisa menulis tentang kegiatan harian kamu dalam bahasa Inggris, atau mendeskripsikan diri kamu, atau hal apapun.

6. Membaca buku bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris juga bisa dengan membaca buku fiksi ataupun nonfiksi yang berbahasa Inggris. Ketika kamu membaca buku, kamu juga bisa menggunakan metode multisensori alias, memaksimalkan lebih dari satu panca indera yang kamu miliki.

Kamu bisa mencoba untuk menandai vocab, phrase, serta kata unik lainnya yang ada pada buku yang kamu baca menggunakan brush pen. Setelah itu, kamu bisa tulis di notebook, lalu cari artinya di kamus.

Itulah 6 tips cara belajar bahasa Inggris di rumah dengan mudah yang bisa kamu lakukan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengikuti berbagai kursus. Kamu juga bisa membaca buku terbaik, yang bisa membuat kamu menjadi lihai dalam berbahasa Inggris secara otodidak.

Terdapat banyak buku yang dapat kamu gunakan untuk mengisi waktu luang kamu atau belajar bahasa Inggris dengan sungguh-sungguh. Kamu dapat mempelajarinya kapanpun dan dimanapun. Salah satunya adalah buku Let`s Learn English Through Stories, Mari Belajar Bahasa Inggris Melalui Cerita karya Marta Yuliani.

Buku ini mengajarkan bahasa Inggris melalui sebuah cerita yang menarik. Cerita yang menarik mampu menjadikan pelajaran menjadi lebih menyenangkan dan mudah untuk diingat. Didalamnya juga terdapat penerapan cerita dalam kehidupan sehari-hari,

Selain itu, buku ini juga berisikan tentang gagasan dalam membuat cerita baru berdasarkan pada cerita yang telah ada. Dengan berlatih mengerjakan latihan tersebut, kamu akan mampu mengembangkan imajinasi dan bisa menulis banyak cerita.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com