Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendala Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Kompas.com - 20/07/2022, 11:28 WIB
Kendala Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Shutterstock Kendala Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pengajaran bahasa Inggris di Indonesia sejatinya sudah dimulai sejak lama.

Berbagai kurikulum dan metode pengajaran bahkan telah dikembangkan oleh pemerintah, guna meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai bahasa Inggris, salah satunya dengan memperkenalkan bahasa Inggris lebih dini, yaitu dimulai dari Sekolah Dasar.

Sayangnya, mengajarkan bahasa Inggris untuk anak itu memang susah-susah gampang. Baca selengkapnya Tips Agar Anak Jago Bahasa Inggris dibawah ini!

Kendala dalam Mengajar Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

1. Jumlah Siswa yang Begitu Banyak dalam Satu Kelas

Banyaknya jumlah siswa dalam kelas, membuat suasana kelas menjadi tidak kondusif dan menghambat kegiatan belajar mengajar.

Namun, hal ini sebenarnya bisa diatasi oleh para guru dengan membagi siswanya menjadi beberapa kelompok, agar nantinya dapat memudahkan para guru dalam memberikan materi dan memperhatikan anak muridnya, karena dalam proses belajar mengajarnya memang biasanya memerlukan perhatian yang lebih, mengingat usia mereka yang masih belia.


Baca juga: Tips Baca Buku Bahasa Inggris


2. Media Belajar yang Kurang Memadai

Di Indonesia, kebanyakan guru selalu menggunakan buku pelajaran sebagai penuntun mereka dalam memberikan materi.

Namun, ada beberapa guru juga yang mengalami masalah karena kurangnya buku yang tersedia di sekolah tersebut, ditambah dengan para guru yang tidak mempunyai pedoman terkait buku lainnya yang layak, serta memenuhi standar untuk dipergunakan sebagai materi pembelajaran di kelas.

Kalaupun di sekolah tersedia banyak buku yang bisa digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, kebanyakan dari buku-bukunya pun kurang menarik untuk anak Sekolah Dasar, sehingga menghambat serta menurunkan motivasi mereka dalam proses belajarnya.

Hal ini sebenarnya bisa diatasi apabila guru memiliki metode mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan dan kreatif, yang bisa membuat anak didiknya merasa enjoy, bersemangat, dan senang dengan materi yang disampaikan.

Misalnya dengan mengajak para siswanya belajar di luar kelas (moving class), menonton film, mendengarkan musik, bermain games, dan lain sebagainya, sehingga kegiatan belajar mengajar pun menjadi tidak monoton dan membosankan.

Selain guru bahasa Inggris, pihak sekolah lainnya juga harus ikut turut andil dalam membantu kelancaran proses belajar mengajar tersebut, salah satunya dengan menyediakan fasilitas dan media belajar mengajar yang baik dan lengkap.

Nah, salah satu fasilitas yang bisa diberikan oleh pihak sekolah terkait hal itu yaitu dengan menghadirkan media pengajaran bahasa Inggris BOOKR Class.

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah sebuah aplikasi media pembelajaran dan bermain yang menyenangkan untuk siswa dalam mempelajari bahasa Inggris.

BOOKR Class hadir dengan tampilan yang lebih berwarna, lewat berbagai cerita dan games edukatif di dalamnya.

Tentunya, hal ini sangat berbeda dengan buku pelajaran konvensional seperti yang disediakan oleh sekolah, karena BOOKR Class hadir melalui benda yang paling disukai oleh anak-anak saat ini, yaitu gadget dan komputer.

Tak hanya untuk guru, BOOKR Class juga akan sangat membantu para guru dalam mengajar dan menilai perkembangan kemampuan siswa.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Terdapat fitur Teacher Dashboard yang berisi modul pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengajar di kelas, memudahkan guru dalam memberikan dan menilai tugas, serta mampu memberikan informasi mengenai perkembangan anak, dengan data statistik yang sangat mudah untuk dibaca.

Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Fitur yang Memudahkan Guru Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris dengan Fitur yang Memudahkan Guru

Aplikasi yang berasal dari Hungaria ini, sudah dipilih oleh 25 ribu guru di seluruh dunia, mulai dari Hongkong, Yunani, dan Lebanon, untuk menjadi tambahan media pembelajaran di sekolah.

Aplikasi ini dibuat oleh para expert di bidang pendidikan dan mengikuti metodologi yang terbukti efektif dalam mengajarkan siswa dalam berlatih reading, listening, spelling, pronounciation, vocabulary, dan grammar.

Di BOOKR Class, para siswa nantinya akan belajar bahasa Inggris melalui buku cerita digital interaktif yang dilengkapi dengan gambar animasi, efek suara serta fitur-fitur lain yang dapat menarik minat baca, serta pemahaman anak dalam membaca (audio-visual book).

Cerita-cerita yang disediakan aplikasi BOOKR Class pun bermacam-macam, mulai dari cerita rakyat, klasik, hingga modern terfavorit di dunia. BOOKR Class bekerjasama dengan berbagai penerbit unggulan di seluruh dunia dalam menghadirkan cerita yang sarat akan makna.

Bahkan, di aplikasi tersebut juga terdapat animated books terbitan dari penerbit Indonesia, yaitu Bhuana Ilmu Populer (BIP), yang di antaranya merupakan cerita rakyat Nusantara, seperti The Story of Malin Kundang, Prince Amat Mude, The Crying Stone, dan masih banyak lagi.

Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class Cara Mengatasi Kesulitan Mengajari Anak Bahasa Inggris Melalui Games pada Aplikasi BOOKR Class

Harga Spesial BOOKR Class

BOOKR Class sudah diberikan predikat “outstanding” atau luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi.

Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan BOOKR Class yang sudah mendapatkan predikat dari negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

BOOKR Class sudah bisa digunakan hanya dengan mengunduh aplikasinya melalui Google Play dan App Store untuk versi mobile, atau pada Microsoft Store dan Mac App Store untuk versi desktop.

Kini, akses penggunaan BOOKR Class sudah bisa kamu beli melalui Gramedia, lho! Di masa liburan sekolah ini, Gramedia memberikan diskon spesial yang bisa kamu dapatkan mulai tanggal 15 Juni - 31 Agustus 2022.

BOOKR Class BOOKR Class

Khusus sekolah atau instansi lainnya yang ingin menggunakan BOOKR Class sebagai tambahan media mengajar, kamu bisa mendapatkan diskon 20% untuk semua pembelian paket langganan B2B (Business-to-Business), mulai dari Rp2.500.000 untuk paket puluhan pengguna selama satu bulan maupun per tahun.

Yuk, segera berlangganan paket B2B (Business-to-Business) agar kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris di sekolah menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai promo dan produk BOOKR Class, kamu bisa hubungi Customer Service kami di email ini atau melalui chat Whatsapp di 081977892020.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai kelebihan BOOKR Class untuk guru, kamu bisa membacanya lebih lanjut dalam artikel di bawah ini. ⤵️

| BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris |


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com